JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Tata cara sholat Dhuha

Posted by arif pada 23 Agustus 2009

SHOLAT DHUHA

Shalat Dhuha adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim ketika matahari sedang naik.

Kira-kira, ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur.

Jumlah raka’at shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 raka’at. Dan dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam

A. Tata Cara Shalat Dhuha

Diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir bahwa Rosulullah saw bersabda: “Sholatlah kalian dua roka’at dari sholat Dluha dengan membaca dua surat tentangnya: wasy-syamsi wa dluhaha dan surat adh-Dluha

  • Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Asy-Syams
  • Pada rakaat kedua membaca surat Adh-Dhuha

Dan diriwayatkan dari al ‘Uqaili bahwa Rosulullah saw dalam dua roka’at sholat Dluha membaca Qul ya ayyuhal kafirun dan Qul huwallahu ahad

  • Pada rakaat pertama Al kafirun
  • Pada rakaat kedua Al Ikhlas

Niat shalat dhuha adalah:

Ushallii sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: ” Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah.”

Dzikir setelah Dhuha

Diriwayatkan setelah shalat dhuha Nabi S.A.W membaca

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَ تُبْ عَلَيَّ إِ نَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرَ

Robbigh firly watub ‘alayya innaka antat-tawwaabul Ghofur ( dibaca 100 x )

Ya Robbi,  Ampunilah aku dan terimalah taubatku, Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan ampunan


Doa yang dibaca setelah shalat dhuha:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA ‘ADHUHAA ‘UKA, WAL BAHAA ‘ABAHAA ‘UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA,  WAL QUWWATA QUWWATUKA,  WAL QUDRATA QUDRATUKA,  WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA

ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA ‘I FA ANZILHU,  WA IN KAANA FIL ARDI FA AKHRIJHU,  WA IN KAANA MU’ASSARAN FA YASSIRHU,  WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU,  WA IN KAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DHUHAA ‘IKA, WA BAHAA ‘IKA, WA JAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA QUDRATIKA AATINII MAA ‘ATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.

Artinya:

 “ Ya ALLAH, bahwasanya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-MU dan kecantikan adalah kecantikanMU dan keindahan adalah keindahan-MU dan kekuatan adalah kekuatan-MU dan kekuasaan adalah kekuasaan-MU dan perlindungan itu adalah perlindungan-MU. YA ALLAH, jikalau rejekiku masih diatas langit, maka turunkanlah, Dan jikalau ada didalam bumi maka keluarkanlah dan jikalau sukar maka mudahkanlah dan jika haram maka sucikanlah dan jikalau masih jauh maka dekatkanlah dengan berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-MU. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang shaleh.

B. Rahasia dan Keutamaan shalat Dhuha

Hadits Rasulullah saw yang menceritakan tentang keutamaan shalat Dhuha, di antaranya:

1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia

Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muahammad saw bersabda:

“Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala” (HR Muslim).

2. Ghanimah (keuntungan) yang besar

Dari Abdullah bin `Amr bin `Ash radhiyallahu `anhuma, ia berkata:

“Rasulullah saw mengirim sebuah pasukan perang. Nabi saw berkata: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah saw berkata; “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab; “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (Shahih al-Targhib: 666)

3. Sebuah rumah di surga

Bagi yang rajin mengerjakan shalat Dhuha, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muahammad saw:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat maka  akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (HR. Ath Thabarani)

4. Memeroleh ganjaran di sore hari

Dari Abu Darda’ ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw berkata:

“Allah ta`ala berkata: “Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya” (Shahih al-Jami: 4339).

Dalam sebuah riwayat juga disebutkan: “Innallaa `azza wa jalla yaqulu: Yabna adama akfnini awwala al-nahar bi’arba`i raka`at ukfika bihinna akhira yaumika” (“Sesungguhnya Allah `Azza Wa Jalla berkata: “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rakaat di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu”).

Pahala Umrah

Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah….(Shahih al-Targhib: 673). Dalam sebuah hadits yang lain disebutkan bahwa Nabi saw bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna” (Shahih al-Jami`: 6346).

5. Ampunan Dosa

“Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi)

Kebenaran Mutlak milik Allah dan Kesalahan dari saya

Wa’allahu a’lam bi-showab

وَنَعُوْ ذُ باِاللهِ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ

Wa Na’udzubillah min ilmin laa yanfa’u
Dan Kita berlindung kepada Allah, dari ilmu yang tidak bermanfa’at

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Tunjukilah kami jalan yang lurus

About these ads

301 Tanggapan to “Tata cara sholat Dhuha”

  1. Anonymous said

    Sah ga yh klo dooa waszamy blum hfal

  2. tyas said

    Ingin mencari perubahan dalam diri, semoga mendapat ridha dr sang khalik,,dan di lancarkan sglanya.. Trimakasih untuk ilmunya(sangat bermanfaat)

  3. melisa said

    bner”beRmnfaat trimksih

  4. […] berdzikir.wordpress.com […]

  5. […] berdzikir.wordpress.com […]

  6. […] http://berdzikir.wordpress.com/2009/08/23/tata-cara-sholat-dhuha/ […]

  7. muryalisa said

    ALHAMDULILLAH,SANGAT BERGUNA DAN TERIMAKASIH

  8. Assalamualikum Wr.Wb.

    terimakasih informasinya, sangat bermanfaat sekali

  9. Subhanallah, saya jadi berasa diingatkan untuk rajin ber-dhuha lagi. Syukran.. :)

  10. Anonymous said

    Kang … aku ngak ngerti . yang di maksud dengan satuan 2 rokaat satu salam ,boleh jelasin ama aku ngak…???

  11. andrias said

    alhamdulillah terima kasih banyak atas blognya mas ..
    smoga tuhan selalu memberkati dan membalas dengan pahala yang setimpal..
    amin ya rabbal alamin..

  12. cahyo said

    tadz….bisa minta tlg…sy d kirim hadits ttg do’a setelah sholat dhuha di atas……sukur lengkap dg perowinya dan drajat hadistnya….jzakalloh bi khior

  13. cahyo said

    asslkm…tadz…..itu do’a setelah sholat dhuha minta tlg…di sebutkan sumber hadistnya “teks asli dr rosulullooh….sbelumnya jazakallooh…

  14. rudy said

    ustad saya mau nanya kalo kita sholat pake kaos kaki boleh ga?

  15. titok said

    trimakasih ,insyaalla sy berusaha utk shalat dhuha,mudaha mudahan blog ini terus banyak yg mengetahui.alahuakbar,

  16. Anonymous said

    Mas, apakah boleh doa sholat Dhuha dlm bahasa Indonesia (terjemahannya)?

    • Maaf sebelum nya saya coba jawab tapi maaf jika jawaban saya ini masih kurang akurat bismilah . Menurut saya alloh maha tau .jika kita berdoa dengan bahasa indonesia kita lebih mengerti dan lebih memahami arti dari doa kita itu lebih abdol dari pada kita berdoa dengan bahasa arap namun kita ngak tau arti tujuan doa itu sendiri .ingat alloh zat yang maha mengetahui jadi jangan takut kalaw alloh ngak akan mendengar doa kita.sesungguh nya alloh tau sengala hal di seluruh jagat raya ini. Sekian maaf bukanya saya sok pinter sekali lagi saya haya memberikan jawapan sekira nya jawaban saya ini ngak bagus atau pun masih kurang aku mohon ampun kepada alloh

  17. Anonymous said

    Mas, apakah boleh doa sholat Dhuha menggunakan bahasa Indonesia (terjemahannya)?

  18. Anonymous said

    terima kasih mas arif

  19. Hidayatullah said

    Alhamdulillah..
    terima kasih mas..

  20. andiononk said

    ass..pak klo sholat dhuha raka’at 1 baca qulya lalu raka’at 2 baca qulhu..gmn pak..wass

  21. banar said

    pak.. jika bacaan surat tidak dengan as syam dan ad dhuha apakah tidak apa apa??

  22. Adjie said

    Assalamu’alaikum,

    Alhamdulillah bisa singgah di blog ini. Semoga blog ini jadi ladang amal dan syiar Islam.

    Wassalam,
    adjie -

  23. Suci Eka Rahayu said

    assalamualaikum, sy mau nanya apakah dalam rakaat pertama dan kedua shalat dhuha musti bacaanya surat asy-sym dan ad-dhuha? bisa ga baca ayat2 pendek yang lain misal An-nass ato gimana? mohon jawabanya..
    Thanks

  24. Shory said

    MAu tanya : Klo misalkan mau sholat dhuha 8 rokaat itu apa harus 2 rokaat harus salam?ato 4 rokaat salam itu gak apa2?
    Makasih

  25. Agus tri said

    Maturnuwun infone mas,,, smoga apa yang kita hajatkan cpt dikabulkan Allah SWT,,, aamiin…

  26. kojino said

    wah mantap ternyata manfaatnya

  27. subhanallah sangat beruntung bagi kita yang menjalankannya….

  28. sipp bang thanks inponya

  29. pepen said

    assalamualaikum,mas arif mau tanya
    klo sholat dhuha 4 rokaat 2 kali salam,trus klo udah salam pertama kita langsung berdiri dan pake niat lagi gak ? untuk 2 rokaatnya saya msih bingung krn sy blum prnah solhat dhuha dan mau mencobanya.

    tolong balasanya ya mas,wassalamualaikum.

  30. yasin said

    terima kasih atas posting nya..

    sangat bermanfaat akhi..

  31. Mas mau nanya, apakah dwajibkan qt membaca surat Asy syam dhulu bru Ad dhuha?? Bisa gag rakaat pertama lgsg Ad dhuha dn rakaat kdua surat yg Laen??? Terima kasih

  32. سُبْحَانَ اللّهُ ~~لاَ هَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ

  33. heru said

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    mas saya mau nanya, saya pernah jg baca tentang tuntunan shalat dhuha dari sumber2 lain. tapi disitu menyebutkan bahwa afdhalnya membaca surat asy-syams rakaat pertama dan al-lail pada rakaat kedua, tapi ada jg yg menyebutkan seperti yang mas posting…saya jadi bimbang yang mana yg benar, dalam artian yg lebih afdhal.. kalo bisa dengan pembuktian dari hadis2nya kalo ada.
    p.s. saya selama ini memang kalo shalat dhuha rakaat pertama membaca surat asy-syams dan adh dhuha.. karena ada unsur paginya, sedangkan al lail itu berarti malam.
    thanks be4..

  34. Trmksh yah artikelnya bagus skli….jd tmbh pngethuan dn ini smoga akn mnjdi awal yg baik khususnya buatku kedepan utk mnata hidup yg lebih berarti dan umunya untuk para pembaca artikel ini,,trmksh wassalamualaikuum wr wb.

  35. Anonymous said

    Makasih banget…… Smoga menjadi amalan yang bermanfaat…

  36. achmad said

    Subhanallah…… Allahu Akbar….

  37. medy said

    ya allah berikan lahhh ridooo mu kepada ku,,, amin aminnnnnn

  38. yan said

    ass…?sy mau nanya apa sholat dhuha memakai doa iftitah?terima kasih

  39. Anonymous said

    terimah kasih pak ustadz berkat pelajaranya saya telah mendapat ilmu sholat dhuhanya, semoga pak ustadz mendapat pahala / amal yang banyak dan di berikan jalan yang lurus dan rezki, amin….amin….amin, dari p.sakoil

  40. RICO said

    makasih yaw,,
    saya terbantu dengan adanya webset ini
    moga qta tetap di jalan ALLAH

  41. Ratih said

    Baguss….. Tapi, lebih bagus lagi kalu Do’a do’a nya pake tulisan Arab :D !!!

  42. om ento said

    Allhamdullillah, terima kasih pak ustad, saya sudah lama mencari ttg tatacara shalat dhuha dan shalat tahajud. mohon maaf tulisannya saya copy paste terlebih dahulu sebelum saya minta ijin, dikarenakan saya sedang memperdalam tentang pemahaman islam saya. . mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.

  43. eren said

    Assalamualaikum
    Trimakasih buat petunjuknya,,,,,,,,
    boleh tau, untuk lagu yang digunakan untuk song bagraound judul dan penyayinya siapa yah???

    Trimakasih
    sender R’n

  44. Pakkacung said

    Mas ijin copy paste di blog saya ya, sng pelajaran,thx

  45. Noei trie said

    aq pernah dengar katay sholat sunah tidak apa” klaw tidak pake surah iftitah bner g sih

  46. hamba allah said

    alhamdulillah…..
    blognya bermanfaat…

    MATUR THANK YOU…

  47. rahma said

    pagi2 aku bka blok ini ternyata ada manfaatnya juga.makasih banyak p.ustad atas semua doa dan tata cara sholat duha.muda2han amal kebaikan p.ustad di terima oleh alloh.

  48. assalamualaikum wr.wb :D
    buat pengunjung gua mau komen buat para yg buat komentar, maaf kalau agak gak nyambung dengan sholat duha, tapi ini penting juga bagi umuat musli, : kalau salam itu jangan biasakan ass , karena ass itu artinya bokong. masak kita mau ucapkan salam artinya, bokong, kan gak benar itu, ucapkanlah salam selengkap-lengkapnya lebih bagus dari pada singkat, karena salam itu doa, emang kita mau doa kita dikabulnya singkat-singkat doang, gak sempurna, kan gak susah cuman untuk tulis assalamualaikum itu sudah cukup. lain kalli jangan pakek ass lagi ya mas* ustad* sekalian . terimakasi. asslamualaikum semua :D

    • flannel said

      Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatu buat saudaraku seiman,
      Saya sangat sangat setuju sekali untuk hal ini. Gimana mau maju, kalau kita ga saling mendoakan dengan baik. Indahnya saling mendoakan saudara seiman kita ^_^

      Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatu, artinya :
      “Mudah2an anda Selamat, mendapat berkah dan karunia dari Allah SWT” Amiiiiin.

      dan wajib hukumnya kita untuk membalasnya :
      “Dan apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah
      penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa).
      Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An Nisaa’ : 86).

  49. Ali said

    As. Pak ustd knp y untuk menjalan kan sholat dhuha kok malas amat tp sbtl y dlm ht kepingin mengerjakan tp msh malas hrs dg cara apa supaya bs terdorong menjalan kan y trim by ali

  50. putri cindar bumi said

    bagaimana ya

    aku koq ngak bisa sholat duha

  51. adit said

    terima kasih berguna banget buat orang yang selalu dekat dengan-nya…

    kalau boleh tahu,theme song website ini apa sh?enak buat denger ,,tenang rasanya…

  52. Baihaqqi said

    assalamualaikum…salam kenal
    mo nanya mas..klo ga hafal surat Asy-Syams nya apa bisa diganti dengan surat yg laen..???

  53. Niko said

    Assalamu alaikum wr wb.

    Kang Arif, mau tanya aja.

    apakah shalat Dhuha bisa kita tujukan untuk orang2 tua yang telah mendahului kita (wafat). sebab saya ingin memberikan amalan shalat Dhuha untuk Almarhum kakek-nenek dan pakde saya.

    terima kasih buat jawabannya.

    Wassalamu alaikum. wr wb

  54. mohammadfais@ymail.com said

    boleh ndk sholat dhuha rekaat pertama surat al kafirun,rekaat kedua surat al ikhlas…

    • Anonymous said

      Assalamualaikum wr wb,,,

      bisa gak sholat dhuha dilakukan jam setengah 7 pagi???
      soalnya aku berangkat ke kantor jam 7 pagi. Terima kasih sbelumnya…

  55. masiko said

    assalamualaikum….

    mas arif saya ingin bertanya, jika kita mengerjakan dhuha 4 rakaat, apakah pada 2 rakaat pertama harus ayat kursi dan al ikhlas 10x??

    selama ini saya sholat dhuha, 2 rakaat pertama = ad dhuha dan al kafirun, 2 rakaat lagi = ad dhuha dan al ikhlas

    apa seperti itu tidak apa?? saya baru tahu soalnya setelah membaca artikel mas ini..

    terima kasih..

  56. rafiano said

    terimakasih bang Arif, smoga ini mnjadi amalan yg baik, amalan apa saja yg diperlukan dalam mempersiapakan diri untuk pergi ber-umroh mohon bimbingan agar kami & kel. tidak melakukan banyak kesalahan.
    salam Rafi

    • arif said

      saya pernah mendengar dari guru ngaji saya…
      perbanyak banyak istigfar dn sholawat…
      insallah di beri kemudahn dalam menjalani ibadah umroh…

      makasih atas kunjungannya mas rafianto…
      mudah ibadah umrohnya memberikan keberkahan bagi keluarga…. amin…

  57. Alvhina said

    Ass..
    Mas..
    Nha mau nanyak..
    Law shalat dhuha ny cuma 2 rakaat gmana? Bleh pa ngak?
    Thnk :-)

  58. sugiyanto said

    assalamualaikum wr. wb
    pak ustad say kopi paste halaman ini untuk saya belajar dan menjalankan shalat dhuha
    “mau tanya shalat dhuha di
    kerjakan setiap harinya gak?
    terima kasih.

    • arif said

      Walaykumsalam…

      maaf saya bukan ustad mas sugianto…
      saya hanya menulis artikel saja…
      saya persilahkan untuk di copy paste…

      sholat dhuha bisa dilakukan setiap hari mas…
      mudah mudahan bermanfaat…

      terima kasih atas kunjungannya….

  59. Caca Miftahul Jannah said

    Alhamdulillah…sng saya bisa dpt info ini saya semakin tau banyak tentang pilihan saya mencintai Allah….

  60. yasin said

    terima kasih ataZz info’nya,aQ tertoLong banget…

  61. Gauss said

    Ini sangat bermanfa’at sekali bagi orang2 yang awam dalam menjalankan syariat Islam, mudah2an dengan adanya Situs ini menjadi berkah, Masya ALLAH.

  62. wawan said

    makasih yaw…artikel anda bermanfaat.

  63. Aa Adi said

    Terima kasih posting sholat dhuhanya. insya Alloh sy akan mulai rutin sholat dhuha… moga anda di berkahi. Amin

    • arif said

      alhamdulillah jika postingan ini bermanfaat…
      amin ya robbal alamin…
      makasih atas kunjungannnya…

      • Aa Adi said

        Kang arif kalau bacaan rokaat pertama pakai surat :Al kafirun dan rokaat ke dua surat : Al Ikhlas bisa gak?
        dan sholatnya 2 rokaat salam dan sholat lagi 2 rokaat baru salam lagi jadi 4 rokaat. atau seperti apa baiknya?
        mohon infonya, maklum jarang ngaji jadi kurang tau?
        terima kasih. wasalam

        • arif said

          boleh mas adi..
          jika tidak hafal surat as syamsi dan aduha…

          jadi jika melakukan sholat dhuha 4 rokaat..
          bacaan suratnya…
          rokaat pertama = ayat kursi 10 x
          rokaat kedua = al ikhlas 10x

          sholat lagi
          rokaat pertama = al kafirun
          rokaat kedua = al iklash

          malasih atas kunjungannya

          • dapont said

            jadi jika melakukan sholat dhuha 4 rokaat..
            bacaan suratnya…
            rokaat pertama = ayat kursi 10 x
            rokaat kedua = al ikhlas 10x
            assalamu’alaikum….maksudnya pada rokaat pertama membaca ayat kursi sampai 10x dan rokaat ke dua al ikhlas juga di baca 10x…
            dan 1 lagi pada sholat dhuha yang paling di utamakan apakah surat as syams dan surat dhuha terimakasih pak …mohon penjelasannya

        • arif said

          boleh mas adi..
          jika tidak hafal surat as syamsi dan aduha…

          jadi jika melakukan sholat dhuha 4 rokaat..
          bacaan suratnya…
          rokaat pertama = ayat kursi 10 x
          rokaat kedua = al ikhlas 10x

          sholat lagi
          rokaat pertama = al kafirun
          rokaat kedua = al iklash

          makasih atas kunjungannya

  64. hhaywan said

    Trimakasih atas postingnya yang sangat bermanfaat bagi saya yang belajar menjalankan sholat dhuha…., smoga Allah menerima segala amal kita..amiin…

  65. 5A Student said

    Terima Kasih ya..Alhamdulillah saya dah boleh meneruskan solat saya…

  66. Anonymous said

    Assalamuallaikum wr wb mhn infonya dong kang apa setelah dhuha 2 rakaat dtutup dg witir 1 rakaat?tks buat infonya

  67. Taufik said

    Alhamdullillah.. Terima kasih yah.. Berkat posting-an tsb diatas.. Sy lagi mencari2 informasi dan sedikit pencerahaan, mengenai kl sholat dhuha lebih dari 2 rakaat, cth: 4 rakaat. Salamnya berapa kali.. (“Jumlah raka’at shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 raka’at. Dan dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam“)
    Semoga sholat dhuha bermanfaat bagi kita semua umat.. amin..

  68. fajar said

    ASSALAMU ALAIKUM……. terima kasih y mas articlenya smga mas Arif d beri balasan pahala yg besar oleh ALLAH SWT…..amien saya mau nanya mas d luar topik mengenai puasa sunah yg dianjurkan oleh Rasul yaitu 3 hari dalam satu bulan ,yg mau sy tnyakan 3 hari itu hr nya hrs berurutan(senin,selasa,rabu) ato boleh ga tiap mnggunya 1 hr pd hr apa aja…..terima kasih

    • arif said

      walaikumsalam
      amin ya robbal alamin…
      Abu Dzar Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan kita untuk berpuasa tiga hari dalam sebulan, yaitu pada tanggal 13,14, dan 15. Riwayat Nasa’i dan Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.

      klo melihat hadis diatas anjurannya tgl 13,14,15
      makasih atas kunjungannya…

      • masiko said

        maaf mas, tanggal 13,14,15 nya itu berdasarkan kalender islam atau masehi ya?? kalo kalender islam lihatnya dimana ya??

        terima kasih

  69. Misbah Daulai said

    Assalamuallaikum Wr.Wb….terimakasih kang arif atas atas tulisan2nya mengenai sholat dhuha yg sangat bermanfaat ini dan smoga Alloh membalas dgn pahala yg setimpal,Amiin…Alhamdulillah sholat lima waktu saya sudah jalankan,dan terus terang sy belum pernah sholat dhuha,ga tau kenapa ketika sy sedang main FB di pagi hari jam 9.30 hati saya seperti ada yg memerintahkan untuk sholat dhuha dulu,saya tidak hafal surat as syam…tp surat ad dhuha sy hafal,langsung sy ambil wudhu dan mengerjakan sholat dhuha,dgn bacaan surat AL ikhlas dan ad duha,apakah tidak apa kang arif sy baca surat tsb,dan sy minta doanya agar sy bisa istiqomah…Amiiin

  70. LyZa said

    aPa mKsD Na sHoLt dHUhA 4 RaKaAt dAn 4 rAkAaT SbLm nA….
    TLoNg d pRjLs…..
    tRiMs…..

  71. alan said

    assalamualikum…
    “Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan
    empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah
    rumah di surge. ” (Shahih al-Jami`: 634)

    dalam hadist Nabi Muhammad SAW di atas, apa maksud dari ‘…empat rekaat sebelum nya…’ sy bingung, tolong penjelasan nya?
    Terimakasih, wassalamualaikum…
    ‘kalo bisa bls ke email ku saja’

    • arif said

      walaikumsalam…
      artikel ini hasil dari copas mas…
      “Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan
      empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah
      rumah di surge. ” (Shahih al-Jami`: 634)
      setelah mencari maksud dari hadist tersebut dan tidak menemukan sekarang aku ganti agar tidak terjadi penafsiran yang salah…

      Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat maka akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (HR. Ath Thabarani)

  72. Akmal said

    Assalamu Alaikum Wr Wb

    Syukur Alhamdulillah terima kasih atas ilmunya… semoga amal ibadah kita memperoleh ganjaran dari Allah SWT

  73. samsul said

    mas arif,saya mau tanya nih…apa bacaan yg harus dibaca antara shalat dhuha dengan shalat dhuha. makasih.

  74. Muhammad Arif said

    Terima kasih. Sangat bermanfaat. Semoga mendapat berkah dari Allah.

  75. Hamba Allah said

    assalamu alaykum, salam ukhuwah…

  76. sakti said

    kalau tdk menggunakan surat asy-syams dan surat adh dhua

  77. adi7285 said

    ass…ustad…
    mau tanya tentang
    A. Tata Cara Shalat Dhuha

    Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Asy-Syams

    Pada rakaat kedua membaca surat Adh-Dhuha

    apakah kalau kalau misalx bukan surat Asy-Syams dan surat Adh-Dhuha
    pada rakaat pertama dan rakaat kedua maka sholat kita tdk sah.atau ada hadist yg bisa menjadi rujukan atas surat tersebut diatas sebagai ketentuan.
    maaf masih belajar jadi banyak tanya.terimah kasih sebelumnya.

    • arif said

      walaikumsalam…
      maaf saya bukan ustadz…
      jika bukan surat as syams dan ad dhuha tidak apa apa..
      bisa menggunakan surat al kafirun dan al ikhlas…
      makasih atas kunjungannya….

  78. hendra said

    Alhamdulillah dengan artikel ini benar2 membuka pintu taubat saya,saya adalah hamba yg penuh keraguan akan tetapi dgn adanya artikel ini membuat saya punya tujuan,terima kasih atas artikel nya, semoga ada artikel2 yg lebih bagus lg, sekali lg terima kasih hai hamba ALLAH

  79. Indoen said

    saya ucapkan beribu ribu terimakasih karena dengan artikel ini begitu besar manfaat dari sholat dhuha moga saya dapat mengamalkanya lebih tertib lagi

  80. Adella Marsha said

    Ass. wr. wb.

    terima kasih banyak atas uraian tentang shalat dhuha di atas. yang mau saya tanyakan, bolehkah pada rakaat pertama setelah mengucapkan surat Al-Fatihah kita membaca surat lain selain Asy-Syams?

    terima kasih

    Wass.

  81. Dicky said

    assalamualaikum …

    ustad saya mau tanya,kalau 4 rakaat,dikerjakannya 2 rkaat,atau langsung 4 rakaat ???
    terima kasih,
    wassalamualaikum.

  82. mas ardi said

    Asslkmwr.
    Ustd, mw nanya… sholat dhuha suara dinyaringkan atau di siir kan?
    makasih…
    wasslkmwr.

    • arif said

      walaikumsalam..
      jika sholat itu dilakukan pada siang hari…
      maka bacaan sholatnya disiirkan/dipelankan…
      makasih ats kunjungannya….

  83. cindii said

    thanks banget artikel nya…
    berguna banget..
    makasih banyak ya.. :)

  84. waluyo said

    assalam mu’alaikum,aa..blh ga aretikel2 dari aa sy share ke temen2 sy…semoga bisa memberi manfaat…wassalam…

  85. ratih sofia said

    Alhamdulillah,sudah 3 tahunan ini saya sering melaksanakan sholat dhuha. dan sekarang saya mendapat berkah yang luar biasa dari Allah SWT. padahal,sebelumnya saya benar2 terpuruk…

  86. ainan said

    Alhamdulillah……..puji syukur padamu ya Allah melalui udtadz Arif,aku dapat melaksanakan satu sunnah rasulku,semoga manfaat dunia akhirat..amin

    • arif said

      maaf ainan saya bukan ustadz..
      mudah2an apa yang menjadi sebab baik…
      cukup allah saja yang membalasnya…^_^

      selamat memnempuh hidup baru…
      semoga allah memberikan keberkahan dan kebaikan buat kalian berdua
      amin amin ya robbal alamin…

      makasih atas kunjungann

  87. Anonymous said

    asslamualaikum

    ustazd saya mau tanya nih sholat sunnah dhuha itu boleh berjamaah ga?

    wasalam
    Abdul rozak

  88. asep rahmat hidayat said

    insyaAllah sya dapat istiqomah dalam mengerjakannya….amin

  89. Assalamu ‘Alaikum wr.wb

    aa makasi ya infonya .. saya bisa tau lagi tentang ibadah ini .. di sekolah saya disuruh blajar shalat dhuha .. setelah malihat artikel ini saya, akirnya mengerti kenapa guru sayamenyuruh saya untuk shalat dhuha .. karena saya mau menghadapi UN tingkat SMA, insyallah .. saya akan mengamalkanya terus aa .. makasi ya .. mohon doanya agar bisa lulus dan masuk PTN yang saya inginkan ya aa .. :)

    wassalam…

  90. Anonymous said

    mohon izin saya copikan ke fila saya.. makasih sebelumnya, mudah-mudahan menjadi amal yang bisa diteima oleh-Nya

  91. ucup said

    Assalamualaikum wr. wb.

    Permisi. Ana Ijin membaca dan mungkin juga ijin menyalin artikelnya ke dalam file ilmu saya.

    Thank’s.

  92. ikh-1 said

    Assalamu’alaiku<<<<<
    syukron akhi artikelnya<<^^

  93. mahardika said

    alhamdulillah…. bertambah lagi pengetahuan saya tentang ibadah…. semoga saya dapat terus mengamalkannya…. dan semoga artikel ini dapat berkembang dan diketahui muslim/muslimah lainnya, agar kita selalu mengingat kebesaran allah …. amin…

  94. vina said

    alhamdulillah…
    hamba terus mencoba belajar..

  95. matthew said

    Alhamdulillah..

  96. bustomi said

    terimakasih atas keterangan nya ……kini say akan lebih giat lagi ibadah

  97. Anonymous said

    Assalamu ‘Alaikum….Terima kasih banyak atas artikelnya yang sudah banyak membantu saya pribadi pada khususnya dan demi keutuhan Ummat Islam pada umumnya……Wassalam

  98. udien Aisya said

    Alhamdulillah…semoga kita termasuk orang-orang muttaqin… Amien

  99. kintan prastika said

    thanks bnget ya mas artikelnya tentang shlat duha……. berguna banget buat saya ….. sekali lgi thanks

  100. Julian said

    makasih buat penjelasan tata cara shalat duhanya ya. saya mau coba, tapi sebelumnya mesti megahapal dulu dua surat assiyam ama duha dulu :) jazakumullahu khairan kastiron.

    • arif said

      makasih atas kunjungnnya…
      mudah cepat hafal…
      sesungguh allah memudahkan hambanya untuk belajar dan menghafal surat2 al quran…

  101. Assalam mualaikum kang wah bagus bgt ini blognya apalagi musicnya buat hati ak tenang and damai kang ak mau tanya kalo ak shalat duha rakaat pertama ak baca surat duha rakaat kedua ak baca surat al ikhlas gimana mas terus kalo abis selesai shalat duha dzikiranya apa mas and doanya apa mas terima kasih mas

    • arif said

      walaikumsalam..
      klo masih tidak hafal tidak apa apa mas..
      adapun bacaan dzikir setelah sholat yang dianjurkan oleh nabi muhammad SAW..

      membaca tasbih, tahmid dan tahlil lalu dilanjutkan dengan berdoa

      Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
      Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang membaca: “Tidak ada Tuhan selain Allah semata, Yang tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala pujian serta Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”, setiap hari sebanyak seratus kali, maka dia akan mendapat pahala yang sama besarnya dengan membebaskan sepuluh orang budak dan akan dicatat untuknya seratus kebajikan serta dihapus darinya seratus keburukan. Baginya hal itu adalah satu perlindungan dari setan mulai dari pagi hari sampai sore. Tidak ada seorang pun yang lebih utama dari orang yang melakukan hal itu kecuali orang yang lebih banyak dari itu. Barang siapa yang membaca: “Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya”, sebanyak seratus kali setiap hari, maka akan terhapuslah semua dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. (Shahih Muslim No.4857)

      Hadis riwayat Abu Ayyub Al-Anshari ra.:
      Dari Nabi saw., beliau bersabda: Barang siapa yang membaca: “Tidak ada Tuhan selain Allah semata, Yang tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”, sebanyak sepuluh kali, maka dia laksana orang yang telah memerdekakan empat orang budak dari putra Ismail. (Shahih Muslim No.4859)

      Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
      Rasulullah saw. bersabda: Dua kalimat yang ringan untuk diucapkan, tetapi berat dalam timbangan dan disukai oleh Allah Yang Maha Pengasih, yaitu: “Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Tuhan Yang Maha Agung”. (Shahih Muslim No.4860)

      makasih atas kunjungnnya…

  102. ANI said

    Alhamdulillah setelah saya baca ternyata banyak sekali manfaat dari sholat sunat dhuha dan mudah – mudahan bermanfaat untuk saya dan para pembaca yg lainnya juga untuk para pembuat situs ini amiin..

  103. emil said

    apakah ada doa abis sholat dhuha ???

  104. mustofa said

    Assalamualaikum.
    mas arif klo saya solat duhanya pada rekaat pertama pake sembarang surat baru pada rekaat kedua surat duha. gimana mas arif mohon petunjuknya klo bisa kirim juga jawaban mas arif ke email saya ya.
    makasih

  105. dasuki said

    terimakasih, semoga bermanfaat bagi saya dan keluarga.

  106. hasna siden datau said

    Ass.Wr.Wb…
    Alhamdulillah,,mksh ats Artikelx,,moga b’manfaat bg qt smua,,Amin,,!!

  107. hanif said

    pak arif,,,saya mau tanya,,, kalau sholat duha itu bisa engga langsung 4 rakaat?

    • arif said

      ada imam yang mengatakan boleh..
      tergantung dari pemahamn bapak hanif…

      dasar hukum dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam
      sesuai sabda beliau dalam riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata:
      Orang yang aku Cintai, yaitu Rasulullah saw. berpesan kepadaku akan tiga hal: Puasa tiga hari pada tiap bulan, salat Duha dua rakaat dan salat witir sebelum tidur. (Shahih Muslim No.1182)

  108. Arfan said

    mau tulisan arabnya dunk…dari niat sampe doa’a….syuqron.
    jazakumullah khoiron katsiron…

  109. hasan_26 said

    trimakasih atas blog ini,saya di sini akn mncoba untk bljr shlt dhuha,mudah-n qt semua di lindungi oleh ALLAH dunia-akhirat..amiinnn

  110. luckman said

    Assalamualaikum

    terima kasih mas tulisannya bermanffat banget buat ku!!!!
    sama mao numpang nanya mas…..????
    backsoundnya bagus banget bikin tenang hati boleh tau klo mau downloadnya dimana ya….???
    terima kasih banget buat infonya…!!!!

  111. jundu said

    alhamdulillah…
    saya senang bisa berkunjung ke situs ini

  112. yanti said

    ijin copy yah….
    sebab aku mau mencobanya….
    boleh kan…???

  113. Afif said

    Asslm. Kang Arif,,saya mohon ijin copy artikelnya. saya mau coba menjalankannya..semoga bermanfaat.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wasslm.

  114. sifa said

    alhamdulillah… manfaat sholat dhuha trasa skali dlm khdupan sya…
    trims brkat artikel ini sya bsa mmprbaiki sholat dhuha sya…

  115. yuli said

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Mohon izin copy faste, mudah2an bisa diamalkan
    Saya dan keluarga…

  116. yuli said

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Mohon izin copy paste, mudah2an bisa diamalkan
    Saya dan keluarga…

  117. subhanallah…

  118. lia said

    assallamu,allaikum wr..wb.mohon maaf sebelom nya .saya mau tanya tentang sholat sunah .tapi belom hapal bacaan surat2 itu gmn tapi saya kepingin sekali `contah.pingin sholat dhuha tapi suratnya belom hapal di gantisurat yg lain bisa gak tau boleh gak .maklum saya masih dalam belajar tentang agama terutama sholat.kalau sholat 5 waktu insyallah udah bisa, saya pingin tambahan sholat2 sunah itu makasih penjelasan nya .

    • arif said

      ganti surat lain gpp…
      bisa menggunakan surat yang lia afal…
      misal surat al kafirun dan al ikhlas

  119. Wisnu said

    setelah membaca, saya menangis…
    sungguh artikel ini membuat saya sadar bahwa Allah sayang kepada umatnya

  120. Suci Islamiati said

    Thanks, bermanfaat banget…

    • arif said

      makasih udah berkunjung di blog ini :)

      • huda said

        tadi di atas di jelaskan,jika kt melaksanakan sholat 4 rokaat di awal hari,tuhan akan mencukupi kebutuhan di sore hari.gimana kl aku cuma melaksanakan 2 rakaat aja?mohon penjelasanya

        • arif said

          maaf saya tidak bisa menjelaskan untuk yang 2 rokaat.. karena menurut hadist diatas 4 rokaat yang bisa mencukupi kebutuhan di sore hari..

  121. suhendri said

    ya kita sebagai umat muslim harus belajar sholat sunat dhuha

  122. Husna said

    Alhamdulillah semoga cara ini adalah salah satu cara untuk mengingatkan diri kita bahwa semua aktifitas di dahulukan dengan berdo’a atau mengingat ” DIA”. Amiin…

  123. DerY said

    aS’saLamualakum…..
    maaf sy mw Tanya soal bacaan rakaat dlm slat duha..
    tiap 2 rakaat slam,apakah rakaat 3,4 n’ sterusnya bacaannya sama kaya rakaat ke-1 n ke-2???
    sYukron…

  124. ramadhan said

    Mohon ijin copy artikel mudah2an bisa diamalkan untuk saya dan keluarga

    terimakasih

  125. dev said

    yang di maksud tasbih itu apa mas dalam sholat duha ( ‘Ruku’ dan membaca ‘tasbih tiga kali’ )

  126. dev said

    makasih …. do’a kan saya supaya bisa selalu beribadah kepada ALLAH SWT

  127. Adi_P said

    Punten kang,

    Saya ijin copy paste .. mudah-mudahan bisa di amalkan oleh saya dan keluarga.

    Hatur nuhun.

  128. Anonymous said

    bagai mana kalau diaya tu gak hafal surat Adh-Dhuha dan surat Asy-Syams

  129. hamba allah said

    assalamualaikum
    terima kasih sekali untuk infonya
    sangat bermanfaat untuk saya
    tapi saya ingin bertanya sesuatu hal tentang shalat dhuha ..
    saya adalah pemula
    apakah boleh surah yang dibaca tidak surah ad dhuha dan asy syam melainkan surah lain ?
    terima kasih sebelumnya
    ass

    • arif said

      walaikumsalam…
      boleh klo masih tidak hafal…
      misalkan rokaat 1 : al kafirun
      rokaat 2 : al ikhlash

  130. sanen said

    izinkan saya untuk ikut mengamalkanya pak uztad semoga bermafaat untuk kehidupan saya sehari-hari amin

  131. ari said

    Assalamualaikum

    saya mau tanya, kalau tdk hafal surrah Ad Dhuha, ataupun As Syams, apakah bisa diganti dengan surrah lain… lalu, dengan doanya, apakah bisa di gunakan doa berbahasa indonesia…. satu lagi pak, kalau sholat dhuha itu lebih baik berdoa yang mengenai apa??? terima kasih sebelum dan sesudahnya

    wassalam!!!

    • arif said

      walaikumsalam…
      boleh… kamu bisa menggunakan surat al kafirun dan al ikhlash…
      mengenai doa pake bahasa indonesia juga tidak ada apa2

  132. tera said

    Assalamualaikum,,,
    Terimakasih banyak atas ilmunya jadi menambah pengetahuan saya..
    maaf mau tanya kalau waktu berakhirnya shalat dhuha itu jam berapa??
    samoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal.Amiiinn
    Wassalamualaikum

    • arif said

      walaikumsalam…
      sebelum sholat dhuhur…
      amin…
      makasih atas doanya mudah2an menjadi sebab allah sayang sa,a terrra… amin…

  133. eko setiawan said

    assalamua’laikum.. ustad sy mo nanya…
    1. Bagaimana shlat dhuha.. pada saat ruku” dan sujud apakah harus membaca bacaan tasbih…?
    2. terus bagaimana setelah sholat dhuha d tutup dengan sholat witir, apakah boleh…?
    sebelumnya terima kasih banyak ustad…
    semoga ALLAH membalas dg pahala yg setimpal, rejeki yg barokah… Aaaaamiin..

    • arif said

      walaikumsalam
      bacaan ruku dasujud sama seperti sholat fardhu
      sholat witir itu dilaksanakan setelah sholat isa’ sampai fajar…

      makasih atas kunjungnnya

  134. sifa said

    assalamu’alaikum..
    sy seorang pljar smk. stiap pgi diskolahn sy diadakan shalat dhuha brjama’ah.. biasanya stgh 7 pagi.. apakah jam stgh 7 sdh msuk wkt dhuha..?
    trims..mohon penjelsannya..
    wassalamu’alaikuum..

    • arif said

      walaikumsalam
      ada sebagian ulama mengatakan seperti itu karena tiap tiap wilayah berbeda dalam melihat tinggi matahari

  135. caro rinda said

    Assalamualaikum…kalau shalat Dhuha 4 rakaat..apakah salamnya 2 kali..trus setelah salam pertama kita berdiri membaca apa? Mohon penjelasannya..karena saya begitu ingin melaksanakan shalat Dhuha..

  136. Khir@m said

    Makasih atas penjelasanx ttg tata cara shalat dhuha shingga sy bisa mlaksanakanx stiap hri.

  137. viana valdavs said

    kalau saya belum hafal surah as-syams bagaimana?

    • arif said

      tidak apa apa tp tetp berusaha untuk menghafalkannya ya….
      sebagai gantinya bisa menggunakan surat al kaustar untuk rokaat pertama dan al ikhlash untuk rokaat ke dua…
      ingatlah allah swt tidak membebani hambanya untuk beribadah…

  138. maera zeus said

    kalo misalnya di sekolah abis olahraga kan jam istirahat…terus abis itu sholat dhuha..nanti sah gak sholatnya..kan badan bau..

    • arif said

      asalkan berwudlu itu udah cukup…
      allah swt tidak memberatkan hambanya untuk beribadah…
      makasih udah berkunjung.. :)

  139. man ‘amila bimaa ‘alima warratsahullaahul’ilma maa lam ya’lam

  140. maera zeus said

    waduh..trimakasih banget ya…ternyata sholat dhuha banyak manfaatnya..nanti mo sholat ah…makasih banyak ya…

  141. ahmadi said

    makasih pencerahannya….

  142. noor said

    kalau dalam setiap shalat dhuha, saya selalu baca surat Al Ikhlas dan surat An-nas bagaimana?????

  143. yeni said

    Alhamdulillah, saya br mau belajar menunaikan sholat dhuha mengingat begitu besar manfaatnya…
    trims utk informasinya… semoga Allah membalasnya, amien…..

  144. rezky said

    assallamuallaikum ..
    bisakah saya meminta lagu ufik atau lagu2 islam ??
    makasih.
    wallaikumsallam ..

  145. Kalau cara buat akun untk sy yg sdh px email gmn ya?… Mhon penjelasannya,..!

  146. diana said

    assalamu’alaikum

    terharu sekali, ternyata masih banyak saudara2 yang biarpun di dunia maya, masih saling mengingatkan

    syukron, lanjutkan Gan……..terima kasih telah berbagi ilmu

  147. kush said

    maaf sblumnya.,mau nanya neh, klw nggk hfal doa stlah shlt dhuha., bleh gx baca doa lain.,apkh shlt dhuha saya sah.,wassalam

  148. Anonymous said

    semoga bermanfaat kalo bisa dengan arabnya biar abdol

  149. asep said

    terimakasi atas masukannya, semoga ini menjadi motifasi yang kuat bagi saya untuk bisa melaksanakan solat dhuha dengan konsisten

  150. budi said

    Bermanfaat bgt…

  151. thia said

    bagaimana supaya kita benar2 khuyuk dlm menjalankan sholat..

  152. thia said

    apakah boleh sholat dhuha, tp karna blm hafal surat dhuha, di ganti dengan surat lainnya dan bagaimana supaya kita benar2 khuyuk dlm menjalankan sholat..

  153. muhiban said

    ass.semoga kita selalu di berkahi dan di ridhoi ALLOH.SWT .amin.
    saya punya usul. bagai mana kalo do’a nya pake tilisan arab saja biar lebih mudah…saya lebih faham jika pake tulisan arab dari pada pake tulisan latin… terimakasih..
    wassalamu;alaikum

    • arif said

      Alahamdulillah…

      terima kasih mas atas doanya mudah mudahan menjadikan sebab allah juga ridho terhadap mas muhiban…amin…
      maksih juga atas sarannya… insaallah…

  154. muharom said

    semoga aak arif di berikan ilmu yang lebih sehingga bisa membimbing saudara saudari kita. amin

  155. yoyo said

    mau tanya ni,shollat sunnah apa yg dilaksanakan pd saat malam sedangkan kt blom tidur karena kerja malam

  156. besta said

    maaf saya mw tanya,, klo misalnya mw melakukan sholat dhuha 4 rakaat 1 kali salam (seperti sholat dzuhur),, ketika rokaat ke 3 dan 4 nya juga disunahkan membaca asy syams dan adh dhuha atau boleh surat lain atau hanya sampai Al-fatihah saja?
    termakasih sebelumnya..

    • arif said

      Abu Abdillah (Imam Bukhari) berkata, “Abu Hurairah berkata, ‘Nabi berpesan kepadaku supaya melakukan shalat dhuha dua rakaat

      anjurannya 2 rokaat…

      klo misalkan 4 rokaat satu salam saya masih kurang paham….

      makasih atas kunjungannya…..

  157. erna said

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB, SALAM KENAL..TRIMA KASIH SDH BERBAGI ILMU.ADA HAL YG INGIN SY TANYAKAN,KALAU MAU MENGERJAKAN SHOLAT DHUHA SEBANYAK LEBIH DARI 2 SHLOLAT,APA BACAAN SURAT NYA SAMA YAITU REKAAT PERTAMA SURAT AAS SYAMS DAN REKAAT KE 2 SURAT ADH DHUHA,ATAU BOLEH TDK DGN SURAT YG LAIN?. WASSALAM.

    • arif said

      Walaikum salam wr wb

      iya sama mbak erna…

      klo tidak hafal boleh boleh pake surat yang lain..

      misalakan
      rokaat pertama : al kafirum
      rokaat kedua : al ikhlas

  158. Makasih ya mas. . .

  159. yeye said

    assalamualaikum……..salam kenal
    Mas makasih tulisanya Aq jadi lebih mantap melaksanakn sholat dhuha,karna selama ini Aq takut kalau dalam sholat dhuha hanya membaca surat Asy-Sam dan Adh-Dhua sedangkan Aq belum hafal,semoga bermanfaat bagi smua.amin

  160. damai said

    Assalamu’alaikum,
    Salam kenal..:) terima kasih telah membagi ilmu nya. Alhamdulillah saya berusaha untuk istiqomah melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat. Namun membaca keterangan anda, saya termotivasi untuk menambah jumlah rakaat. Ada beberapa pertanyaan:
    1. Apabila menambah 2 rakaat setelah 2 rakaat, apakah sunah membaca ayat qur’an untuk 2 rakaat tambahan ini juga surat As-Syam dan Ad-Dhuha?
    2. Bagaimana apabila 4 rakaat sekali salam, surat apa yg disunahkan untuk setiap rakaatnya?
    3. Lebih utama mana 4 rakaat 1 salam atau 2 salam?
    Terima kasih informasinya..:)
    Wassalam
    Damai

  161. alhamdulilah bertambah pengetahuan saya, namum ada yg mengganjal mas berapa rakaat shalat dhuha yg sangat dianjurkan ? makasih mas arif

    • arif said

      Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa jumlahnya delapan rakaat. Jumlah ini disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ummu Hani’ ra bahwa Rasulullah saw shalat di dalam rumahnya (Ummu Hani’) pada tahun pembebasan Makkah sebanyak delapan rakaat. Namun dalam hadits lain disebutkan bahwa jumlah rakaatnya tidak terbatas, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari `Aisyah ra. Ia berkata: “Rasulullah saw shalat Dhuha sebanyak empat rakaat lalu menambahnya seberapa yang dikehendakinya“

      makasih dah mampir mudah2an bermanfaat

  162. rika said

    alhamdulillah , saya dapat pencerahan
    mohon ijinnya, boleh gak artikelnya di copy, buat saya simpan/tempelkan di rumah atau di kantor
    biar ingat terus dan insyaalloh diamalkan

    wassalam
    rika

  163. Pamuji Yuono said

    mau nanya nih ustad…kalo 4 rokaat tuh…2 rokaat=salam..
    apa langsung 4 rokaat…
    trus kalo langsung 4 rokaat tuh pakai tahiyat awal apa rokaat 2 langsung takbir lagi?
    thanks..

    • arif said

      mungkin maksud mas pamuji tuh…
      Bagaimana klo sholat 4 rokaat…
      Opsi 1. bisa 2 rokaat lalu salam dilakukan 2 kali..
      opsi 2. bisa langsung 4 rokaat dan 2 kali tahyatul yaitu awal sama akhir lalu salam…spt sholat dzuhur..

  164. h317di said

    yg dibangunkan rumah di surga itu maksudnya sholat dhuha 8 rakaat?

    • arif said

      iya…tapi it sunnahnya, jika sibuk 2 rokaat gak apa2. klo yang lebih baik itu 8 rokaat…makasih dah berkunjung mudah2an ada manfaatnya…amin

  165. hasan permana said

    thank’s very much Mas i hope you could rahmat Alloh. and please give me advise agar aku to be good man

  166. ika said

    Maaf sebelumnya. saya mau tanya. Selama ini. setiap saya mau melakukan aktivitas sehari2, melakukan sholat dhuha. cuma selama ini surat yang saya baca pada rakaat pertama dan kedua bukan surat surat Asy-Syams dan surat Adh-Dhuha. karena saya masih sering lupa (kurang hafal) tapi saya sudah niat untuk sholat dhuha. apakah selama ini sholat saya sah? dan jika buka surat Asy-Syams sama Surat Adh-dhuha yang saya baca kan tapi surat-surat pendek yang lain apakah boleh?
    Terimah kasih mohon pencerahanya

    • arif said

      boleh mbak ika… mengenai surat asy syams itu anjuran dan sunnahnya aja….karena bukan wajib… jadi gak apa2 walaupun surat pendek juga…. maksih dah mampir…mudah2an bermanfaat

  167. Alhamdulillah…..
    terima kasi yah jadi bertambah pengetahuan saya tentang shalah.
    salam kenal.

  168. Alhamdulillah semoga cara ini adalah salah satu cara untuk mengingatkan diri kita bahwa semua aktifitas di dahulukan dengan berdo’a atau mengingat ” DIA”.

  169. ♥ria♥ said

    wah tulisan yg bermanfaat
    ak jg lg mau blajar solat dhuha setiap pagi makanya bermanfaat bgt ^^

  170. arif said

    makasih kang nana dah mau mampir di blog ini….amin

  171. Kang Nana said

    Alhamdulillah sangat bermanfaat, semoga Allah membalas dengan pahala yang setimpal. Amiiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: