JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Tata cara sholat tahajjud

Posted by arif pada 22 Agustus 2009

SHOLAT TAHAJJUD

Shalat Tahajud  adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, dimulai selepas isya sampai menjelang subuh.

Jumlah rakaat pada shalat ini tidak terbatas, mulai dari 2 rakaat, 4, dan seterusnya.

A. Pembagian Keutamaan Waktu Shalat Tahajud

Sepertiga malam, kira-kira mulai dari jam 19.00 samapai jam 22.00

Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00

Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.

B. Niat shalat tahajud:

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”

C. Doa yang dibaca setelah shalat tahajud:

Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa rasulullah jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمٰوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ،، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمٰوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ،،  وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ ،، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ ،، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ ،، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ ،، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ ،، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ ،، وَالنَّارُ حَقٌّ ،، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ ،، وَمُحَمَّدٌ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ ،، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ ،، اَللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ ،، وَبِكَ ٰامَنْتُ ،، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ،، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ،، وَبِكَ خَاصَمْتُ ،، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ،،  فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ ،، وَمَا أَسْرَرْتُ ،، وَمَا أَعْلَنْتُ ،، وَماَ أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنىِّ ،، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ ،، لاَإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ،، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Allahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal-haqq, wa liqaa-u-ka haqqu, wa qaw-luka haqq,  wal-jannatu haqq, wan naaru haqq, wan-nabiyyuuna haqq, wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqq, was-sa’atu haqq. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khooshamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir-lii maa qad-damtu, wa maa akh-khortu wa maa asrortu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihi minni, anta muqaddimu wa anta mu-akhiru, laa ilaaha illaa anta, wala haula wala quwwata illah billah

Artinya :

Ya Allah, bagi Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para nabi itu benar, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mulah saya berserah diri, kepada-Mulah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal. Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, Aampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya da upaya melainkan dengan pertolongan Allah

D. Setelah itu, perbanyaklah membaca istigfar sebagai berikut:

Astagfirullah Hal Azhim wa atuubu ilaihi

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”

E. Keutamaan Shalat Tahajud

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

“Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad saw:

إِنَّ مِنَ اللَّيْلِ سَا عَةً لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ الله َتَعَالَى خَيْرًاإِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Sesungguhnya dimalam hari itu ada suatu saat dimana jika bertepatan seorang muslim berdoa kebaikan kepada Allah niscaya akan diberiNYA kepadanya (Dirawikan oleh Muslim dari Jabir bin Abdullah)


أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْمَكْتُوْ بَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

Selain itu, Allah sendiri juga berfirman:

Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji

(QS Al-Isra’: 79)

“Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad)

F. Kiat Mudah Shalat Malam/Qiyamullail

Agar kita diberi kemudahan bangun malam untuk melakukan shalat malam, cobalah tips-tips berikut ini:

Aturlah aktivitas di siang hari agar malamnya Anda tidak kelelahan. Sehingga tidak membuat Anda tidur terlalu lelap.

Makan malam jangan kekenyangan, berdoa untuk bisa bangun malam, dan jangan lupa pasang alarm sebelum tidur.

Hindari maksiat, sebab menurut pengalaman Sufyan Ats-Tsauri, “Aku sulit sekali melakukan qiyamullail selama 5 bulan disebabkan satu dosa yang aku lakukan.”

Ketahuilah fadhilah (keutamaan) dan keistimewaan qiyamulail. Dengan begitu kita termotivasi untuk melaksanakannya.

Tumbuhkan perasaan sangat ingin bermunajat dengan Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Baik juga jika janjian dengan beberapa teman untuk saling membangunkan dengan miscall melalui telepon atau handphone.

Buat kesepakatan dengan istri dan anak-anak bahwa keluarga punya program tahajud bersama sekali atau dua malam dalam sepekan.

Berdoalah kepada Allah swt. untuk dipermudah dalam beribadah kepadaNya.

NB : sebagai tambahan pamahaman tentang sholat tahajjud, dhuha saya link kan video tentang keutamaan tahajjud oleh ustadz arifin ilham agar suara tida bercampur “Pause” live musik di sebelah kanan anda…..

mudah mudahan bermanfaat

About these ads

531 Tanggapan to “Tata cara sholat tahajjud”

  1. hamdani berkata

    pak ustad aku ini uda lama menjadi org yg sering meninggalkan sholad, sampai2 bacaan sholad aja uda lupa. saya mau tanyak kalau sholat hanya membaca surat alfatiha aja apa itu sah pak ustad…..? tolong balas ustad

  2. awi berkata

    αѕѕαℓαмυ’αℓαιкυм. wr. wb
    pa ustad saya mau tanya?
    ada beberapa hal yang saya mau tanya. :

    1. kalo sholat tahajjud lampu menyalah apa mati.
    2. terus doa apa saja yang di baca, setelah sholat tahajjud?

    mskasih ya pa.
    walaikumsalam. wr. wb

    ni email saya:
    awibae779@yahoo.co.id

  3. […] berdzikir.wordpress.com […]

  4. Anonymous berkata

    Kak , apakah solat tahajud boleh hanya membaca niatnya saja dan membaca ayat al fatihah, al kafirun dan al ikhlas saja .
    Balas

  5. Irhamcoyculun berkata

    Masih bingung neih….:> tata cara solat tahajudnya

  6. Irhamcoyculun berkata

    Masih bingung tata caranya

  7. Anonymous berkata

    alhamdulilah,,,betapa muliax kehidupan klu di sellu di jalan allah swt,,sellu dekat denganx,,,amiiiii

  8. Ocha berkata

    Alhamduliah aku lgi d usahakn k jaln yg benar

  9. Anonymous berkata

    Waw andai q biza mnjlnkanya dg ikhlas n tiap hr huftt,,,,, bhagIA’y q
    m0ga thmua org yg q cintai n q chyanxi ttap dlm lndungan mu
    n d’ brixan kslmtan dunia n akhrt amin ya r0bbal alamin

  10. Erfan Ramadhan berkata

    Subhanallah :) terimakasih kang

  11. [...] http://berdzikir.wordpress.com/2009/08/22/tata-cara-sholat-tahajjud/ [...]

  12. Ayi Tedi berkata

    Assalamualaikumm Wr Wb,
    Kang Arif, saya masih bingung urutan tata cara menempatkan doa & zikir dalam shalat tahajud dan witir. Maksudnya, apakah betul mengerjakan dulu shalat tahajud sampai selesai, kemudian doa & zikir, setelah itu ditutup shalat witir ? Atau Shalat Tahajud kemudian Shalat Witir kemudian Doa & Zikir ?. Maaf saya baca comment2xnya kurang jelas atau tegas.
    Mohon dibalas..
    Wasalam..

  13. yusmiati berkata

    Bisa ga tahajud dilakukan berjamaah?

  14. ibrahim berkata

    alhamdulillah ini sngat bermanfaat… smoga qta smua mendpatka ridho&berkah dari Allah swt… amin

  15. Anonymous berkata

    alhamduLillah yaa…..SESUATU”

  16. assalammualaikum !

  17. ALDISYA PUTRA berkata

    Memberikan motivasi yg baik

  18. Anonymous berkata

    dalam shalat tahajjud bacaannya dikeraskan atau dikecilkan /tidak tedengar, makasi atas jawabnya ..

  19. Rio Akbar berkata

    Alhamdulillah. Boleh pakai witir boleh tidak. 1. Yg pakai tanpa witir : bila kita sebelumnya tlh sholat tarawih di masjid scr jama’ah & anda ikuti imam mengerjakan witir, maka anda tak perlu witir( penutupan) 2. Yg pakai witir : Jalankan tahajud stlh selesai tahajud tutup dg witir( 3 raka’at). Witir adalah penutup sholat sunnah…ibarat anda selesai mandi trs handukan hbs handukan hrs bepakaian, masak tanpa penutup langsung kabuur? Maaf selingan wassalam

  20. Rio berkata

    Alhamdulillah. Saudaraku jangan bingung dlm menentukan pilihan. Skr anda mantab dg mazhab apa dahulu?( contoh: 1.cara NU 2.cara Mochamadiyah dll) baru hubungi takmir masjid terdekat. Mmg belajar agama tdklah main2, hrs ada gurunya,agar tdk sesat. Internet hanya sbg wacana saja krn mlh bisa menyesatkan. Bisa jadi diposting oleh org yg tau islam tp ingin memecah belah islam. Selamat beribadah. Wassalam

  21. safuri berkata

    ass.wrwb…maaf pak ustad saya mau tanya, apa hukumnya jika kita shalat sunnah (sunnah rawarib/shlat tahajjud), tidak membaca doa istkharah ? dan apakah kalau kita shalat sunnah niatnya memakai mustaqbilal kiblati atau tidak, trims. was. wrwb

  22. Kevin Nagato berkata

    Sangat bermanfaat dan membantu bagi kaum muslim yang ingin belajar tentang shalat tahajud ini termasuk saya , sangat bagus sekali lagi , oia saya ingin minta ijin untuk copy paste artikel ini ke blog saya , tenang aja sumber pasti saya cantumkan , sekian terimakasi ..

  23. fitri berkata

    assalamualaikum….
    mau tanya, apa bisa mengerjakan sholat tahajud tanpa diakhiri dengan sholat witir?

  24. hendry berkata

    apakah boleh melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur dahulu, jadi langsung karena kalau tidur saya bisa keterusan
    selama ini saya sholat tahajud pada pukul 12.00 malam

  25. Alia rizqi berkata

    Do’akan saya agar mampu melaksanakan sholat tahajjud
    amiin…

  26. Hadi Saputra berkata

    terima kasih bantak mas atas infonya sangat bermanfaat……

  27. eka berkata

    assalamualaikumm..

    Mas Arif, Umur saya sudah 40 thn dulu saya tidak pernah melaksanakan shalat dan ingin tahu tentang ajaran islam…
    tapi akhir akhir ini saya mulai melaksanakan shalat dan ingin tahu tentang ajaran Islam yang sebenarnya. Saya mulai melaksanakan shalat 5 waktu dan shalat2x sunnah lainnya tapi kadang saya binggung krn saya saya takut shalat yang saya kerjakan ini benar atau salah karna saya tidak mempunyai guru untuk membimbing saya….saya belajar dari info2x di internet dan juga buku2x agama yang saya beli tapi kadang saya masih ragu juga … saya mau tanya tentang shalat tahajjud apabila kita mengerjakan 2 rakaat 1 kali salam apakah untuk melakukan 2 rakaat selanjutnya harus di awalin dengan NIAT terlebih dahulu atau langsung baca Membaca doa Iftitah lalu Membaca surat al Fatihah dan seterusnya ?
    Mohon dibalas ya

    • Anonymous berkata

      bismillah…….

      di rakaat ke 2 usah pakai niat lagi kan udah pas mau mulai shalat jadi langsung baca al fatihah saja

  28. Reza Aditya berkata

    Ass wr wb
    Terimakasih untuk informasinya, sangat bermanfaat :)

  29. Nurhayati berkata

    Ass wr wb. Terimakasih atas imfonya, ini sangat bermanfa at sekali buat saya & saya merasa lebih tenang dlm menjalani hidup

  30. Anonymous berkata

    assalamualaikum , makasia atas informasinya itu sangat bermanfaat buat saya , syukron :)

  31. lia berkata

    assalamualaikum wr.wb
    pak ustad ketika mendengar keajaiban shalat tahajjud.tersentuh hati ingin melkukanya.apakah doa shalat tahajjud bisa di ganti.sah shalaty pak ustad

  32. Aris purwanto berkata

    Apakah bisa sholat tahajut dilakukan sebelum terlelap tidur

  33. hafzhnozari berkata

    ustaz,bagaimana kalau kita tidak menghafal bacaan doa slps shalat tahajjud itu? apakah shalat kita sah?

  34. uvigrosthfc@yahoo.co.id berkata

    Sya ingn lbh mengrti bgaimana shlt thjud yg bnar

  35. muhammad gozali berkata

    makasih pak ustad informasi nya sangat bermanfaat buat saya

  36. iyah berkata

    apakh boleh kalo kita menyengajakan diri untuk mengakhirkan shalat isya dengan alasan agar apabila terbangun tengah malam tidak akan malas, sehingga kita dapat melaksanakan shalat tahajjud sekalian.
    mohon jawabannya. syukron

    • Emmy Zul berkata

      kerjakan sholat fardu tepat waktu, artinya jangan di tunda tunda…karna hidup mati kita itu adalah Rahasia Allah SWT….siapa tahu menjelang itu Tuhan ingin mengambil kita..maka sholat Isya kita yang wajib belum kita kerjakan…karna kita ingin mengerjakan sholaT Sunat tahjut dengan melambatkan sholat fardhu Isya…

  37. mifta berkata

    assalamualaikum wr.wb…pa’ ustad? Kalau misalnya doanya belum di hafalin, bisa tidak kalau lihat teks di kertas,,,

    • Rio Akbar berkata

      Hlo do’anya dihafalkan dulu baru dipraktekkan mas. Kaya kita mau ulangan itu lho, kan hrs dihafalkan dulu baru ulangan. Sebab kalo sholat sambil nyontek?wkkk malaikatnya bisa ketawa hlo. Selamat belajar,saya saluut. Wassalam

  38. hris berkata

    Assalamuallaikum …
    Sebelumnya minta ma’af,mo tanya sedikit tentang perbedaan + manfaat masing 2 sholat tahajjut dan sholat hajat
    wassalamuallaikum…

  39. Anonymous berkata

    Sebelumnya minta ma’af,mo tanya sedikit tentang p[erbedaan sholat tahajjut dan sholat hajat.

  40. ria berkata

    assalamualaikum wr.wb
    pak arifin,selain bacaan yg d wajibkn blh dengan ayat-ayat yang lain tidak

    • arif berkata

      Wa’alaykumussalam Waromatullahi wabarokatuh

      Maksud Ria bacaan untuk apa?
      kalau surat surat pendek setelah fatehah monggo dipersilahkan

      • Anonymous berkata

        assalamualaikum wr.wb
        ustadz arifin kalau shalat tahajjud bisa d laksanakan cukup 1 kali aja tepat pada tengah malam

  41. Ahmad husairi berkata

    Mudh2 dgn shlat tahajud permintaan anda akn segera dkabulkn..amin y robbal alamin..

  42. taufik berkata

    ​‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Pak ustad..
    Bacaan tiap rakaat dlm shalat tahajuud apa aja ya..
    Sy sering skali bangun malam n ingin skali melakukan shalat malam,cm krn msh krg paham tentang ilmunya kadang membuat sy ragu uutk melakukannya
    Mhn bantuan n petunjuk ustad
    Teriima kasih

    • arif berkata

      وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهْ
      Afwan saya bukan ustadz panggil arif aja…

      untuk rokaat pertama kamu bisa baca al kafirun
      untuk rokaat kedua kmau bisa baca al ikhlas

      trima kasih atas kunjungannya

  43. taufik berkata

    ​‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Pak ustad..
    Bacaan tiap rakaat dlm shalat tahajuud apa aja ya..
    Teriima kasih

  44. dedimuhammad berkata

    assalamualaikum wr. wb
    Mas arif sya maw bertnya?
    Jika ingin melaksanakan shalat taubat,
    Bagaimana cara melaksanakan shalat taubat itu,
    ϑαП bagaimana niatnya.

    ϑαП apabila taubatan nasuha sudah Đî lakukan tpi mlakukan kslahan lagi apa اَللّهُ swt mengampuni org tsb.
    Mohon bantuanya mas,saya harapkan balasanya mas.
    terima kasih

    • arif berkata

      Walaikumsalam Wr Wb
      Sebaiknya sebelum melakukan sholat taubat terlebih dahulu mandi (niatnya seperti mandi besar) lalu memakai pakaian yang bersih dan suci, sholat taubat dapat dilakukan 2,4 dan 6 rokaat dengan dua rokaat satu salam

      niatnya

      اُصَلىِّ سُنَّةً رَكْتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالىٰ

      ushalli sunntan rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala

      Cara 1
      Rokaat pertama : membaca Al Fatehah diteruskan Al Ayat kursi
      Rokaat kedua : membaca Al fatehah diteruskan Amanar -rosul

      Cara 2
      Rokaat pertama : membaca Al Fatehah diteruskan Al Kafirun
      Rokaat kedua : membaca Al fatehah diteruskan Al ikhlas

      Perbanyak beristigfar kepada Allah Azza Wa Jall

      Apabila melakukan lagi kesalahan maka Allah tetap maha pengampun…
      Hakekatnya manusia tempat salah dan dosa dan Allah Azza Wa Jall yang mengampuni dosa dosa manusia tersebut…

      Jangan pernah putus asa saudaraku sesungguhnya Allah maha pengampun
      Nabi bersabda”
      Iblis berkata kepada Robbnya, “Dengan keagungan dan kebesaranMu, aku tidak akan berhenti menyesatkan bani Adam selama mereka masih bernyawa.” Lalu Allah berfirman: “Dengan keagungan dan kebesaranKu, Aku tidak akan berhenti mengampuni mereka selama mereka beristighfar”. (HR. Ahmad)

  45. dahri doank berkata

    assalam mualaikum pak ustad………sy mau tanya nih,,,,gimana kalo kita gak tidur alias begadang gitu trus kita langsung aja kerjakan sholat tahajud, apakah allah swt akan menerima sholat kita itu ? dalam artian sah apa tidak shalat yang kita kerjakan itu tanpa harus terbangun dari tidur ? terima kasih pak ustad jawabannya sangat saya harapkan mengingat saya suka melaksanakan shalat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu…semoga allah,swt merahmati kita semua.amin

    • Anonymous berkata

      waalaikum salam ,,

      sedikit memberi jawan, staw saya kalau tidak tidur gk apa, dlam al qur’an tidak ada perintah untuk tidur sebelum sholat tahajud,,
      sebelum sholat tahajud harus tidur itu di maksudkan agar dlam melaksanakan sholat dapt husuk..

  46. satria berkata

    assalamu alaikum Wr.Wb
    Aq mau tanya nih apa betul yg dikatakan sebagian org, klw apabila kita menjalankan sholat tahajud tdk boleh ada seorangpun melihat kita katax nnt sholatx tdk sah.Perlu penjelasanx. terimakasih wasalam

    • arif berkata

      Walaikumsalam Wr Wb
      Sholat sunnah tahajjud sebaiknya dilakukan dirumah karena ada keterangan bahwa nabi bersabda bahwa sholat sunnat yang paling afdal itu dilakukan dirumah…
      kalau masalah dilihat orang lantas sholat tahajjudnya tidak sah, saya tidak pernah mendengar keterangan tersebut

      Waallahu a’lam bi showab

  47. Suratman berkata

    Kami bertrimakasi dapat petunjuk semua jang kami inginkan

  48. Roy berkata

    Alhamdllah, sngt mmbantu bnget bg saya untk dpat dkatkan dri pda allah swt.

  49. hendry berkata

    saya mau nanya perbedaan sholat tahajud sama sholat duha

    kalo sholat tahajut kalo menurut saya sholat minta ampunan allah SWT dan minta di lancarkan usahanya

    kalo sholat duha itu gimana ?

    saya mengerjakan ke 2 nya

    terima kasih

  50. Marni berkata

    Terimakasih pak,saya kepengen sekali shalat tahajud tapi terkadang perasaan malas itu datang,jadi lanjut tidur lagi.tpi dengan adanya info tentang shalat tahajud Insya Alllah q lakukan,dan coba lawan rasa ngantuk itu

  51. Nany berkata

    Subbhanallah….. Makasih atas informasinya, bermanfaat bgd

  52. dinda berkata

    terima kasih atas informasi yang di beri
    mudah-mudahan bermanfaat,
    dan saya bisa menjalani nya dengan lanjar,benar
    dan selalu melaksanakan solat tersebut,
    amin,amin

  53. Yogi Prakasa berkata

    terima kasih atas informasinya .
    InsyaAllah bermanfaat bagi saya.

  54. Wiindyy Astuti berkata

    Terima kasih atas infonya…insya allah bermanfaat

  55. Wiindyy Astuti berkata

    Terimakasih atas infonya….insya allah bermanfaat

  56. iin paramitha berkata

    pak ustad saya mau minta izin bwt meng copy tulisannya bwt saya pelajari, dan saya praktekkan, videonya juga bagus loh pak ustad karena saya jadi tau manfaat shoalat malam,terima kasih atas tambahan ilmunya pak ustad bwt sya yang miskin ilmu dan banyak dosa
    semoga pahala dari tulisan pak ustad membawa berkah bwt pak ustad…

    ini membawa pak ustad

  57. iin paramitha berkata

    pak ustad saya copy ya tulisannya bwt belajar, videonya sangat bermanfaat bwt saya karena saya jadi mengerti manfaat shoalat malam, saya banyak belajar dari sini semoga pak ustad mendapat rahmat dan pahala atas tulisannya
    amien
    terima kasih…

  58. Eva Govinda berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Terima ksh bnyk atas penjelasanny. Dng ini saya bnyk sekali terbantu, semoga allah swt memberikan pahala yang bnyk untuk org yg membuat tulisan tsb. Amiiinn…
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  59. Bery berkata

    Sya sangat setju dg adx blog seprti ini, bs memudhkan sya jg org lain utk blajar lbh kaik lagi..
    Trim..

  60. hendry berkata

    saya mau nanya kalo cara zikir menggunakan tangan gimana dan apa saja yg perlu di baca

    terima kasih

    • arif berkata

      Dengan ruas ruas tangan mungkin maksud kamu….

      Subnallah 33x
      Alhamdulillah 33x
      Allahu akbar 33x

      ditutup dengan
      La ilaaha i’lla’llaahu wahdahu la syariikalah..
      lahul mulku wa lahul hamdu…
      wa huwa ‘alaa kulli syai-ing qodir

      dan juga perbanyak istigfar….

      mudah mudahan bermanfaat…..

      Mari belajar bahasa arab bersama sama gabung disini yuk…. :)
      http://www.facebook.com/pages/Motivasi-Islam/264298840306099
      semoga bermanfaat

      • hendry berkata

        ohh iya sekalian cara istghfar gimanaya

        soalnya saya bingung banyak doa2 istighfar

        apa dengan membaca subhannallah 33x
        alhamdullilah33x
        allahuakbar33x

        bahwa minimal dari zikir sesudah sholat tersebut adalah istighfar. Rasulullah saw bersabda: “Demi Allah swt! Aku memohon ampunan Allah swt dan bertobat kepadaNya lebih dari 70 kali sehari.”(HR.Bukhari). Sebagian ulama berkata bahwa istighfar dapat membuka pintu rezeki dan banyak manfaat lain. Mengenai membaca al-Qur’an akan di bahas pada catatan tersendiri.

  61. Fitria berkata

    Zem0ga dng sholat tahajud, hati kita semakin tenang.

  62. Anonymous berkata

    Maaf arti dr bacaan sholat tahajjudnya mungkin ada yg kurang, semoga dapat lebih mendatangkan kekhusyuan beribadah. Amiin yaa Rabb

  63. marvel bayu patra ( @marvel_lousz ) berkata

    Makasii banget ya informasiinya.
    Sangat membantu saya yang sangat mudah.

    Saya menyesal sewaktu kecil tidak menuntaskan ngaji saya.. ;’((
    Mksi banget smoga kita sesama kaum muslim & muslima d dengarkan doanya oleh allah…

    Yg mau berbagi info follow twitter saya @marvel_lousz ato add pin saya. pin:30929A9B
    Mksi

  64. Reza berkata

    Amin ,.. Semoga anda mendapat kebaikan dari postingan anda,

  65. supriyadi berkata

    amin…. masih ada orang yang ingin memberi pencerahan.

    • arif berkata

      hanya berpesan
      hidup hanya sekali

      sementara didunia
      kekal di akherat

      Al quran menjelaskan dalam surat Al Asr
      –Demi masa
      –Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
      –kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran

      Semoga blog ini bermanfaat…
      amin..

  66. wahidah berkata

    Syukur Alhamdulillah…Makasih bny tuntunannya mengenai tata cara sholat
    semoga kita semua benar” Ingin Selamat Lakukan Ajaran Muhammad..SAW

  67. Agus setyawan berkata

    Alhamdulillah ?ak bisa mengerti keutamaan shalat tahajut

  68. doni iskandar berkata

    Assalamau’laikum wr. wb.
    mas saya mau tanya’ni, apakah sohlat tahajus harus ditutup dengan sholat witir, dan apa hukum’nya apabila kita tidak melakukan sholat witir….?

    • arif berkata

      Walaikumsalam Wr Wb..

      Setau saya sholat tahajjud dan witir itu sunnah…

      apabila dikerjakan maka dapat pahala…
      kalaupun tidak dikerjakan maka tidak apa apa/dosa

      terima kasih atas kunjungannya…

  69. kartika berkata

    setiap kita mau berdzikir setiap saat.apakah harus berwudhu terlebih dulu..trimakasih sebelumnya

    • arif berkata

      Berdzikir adalah mengingat alloh…

      misal disaat kita melakukan kesalahan, spontanitas kita mengucapkan istigfar maka itu juga termasuk zikir

      tidak harus berwudlu dulu baru istigfar…

      klo dzikir dalam bentuk amaliah alangkah baiknya berwudlu terlebih dahulu…

  70. Nasihan berkata

    alhamdulillah, jazakallah :)

  71. habibah az-zahra Nella berkata

    Assalamualaikum….
    Sebelum Qta melakukan Shalat tahajud , apakah dianjurkan untuk Membaca Surat yang dianjurkan Rassulullah S.A.W, Atau niat Saja sudah cukup..terima kasih

    • arif berkata

      Walaikumsalam…

      niat saja cukup….
      sesungguhnya semua amal perbuatan itu tergantung pada niat dan harapan memperoleh pahala dari Allah sesuai dengan apa yang diniatkannya

  72. Helmy berkata

    Terimakasih atas tambahan ilmunya

  73. Teguh_22 berkata

    ;-)

  74. Anonymous berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb,

  75. WIRASETIAWAN berkata

    TERIMA KASIH ATAS INFONYA..! SEMOGA SAYA DAPAT MELAKSANAKAN SHOLAT MALAM SETIPA MALAM.. AMIN

  76. zamir berkata

    Bang / Mbak, saya suka ma seorang wanita meskipun belum dekat, soalnya dia menjaga toko, aku cuma pernah tanya namanya tp aku ingin dia juga suka ma saya,aku malu kalo terus deket deket dia, apa ada do’a khusus, atau sholat sholat khusus agar dia juga suka ma saya ? soalnya hatiku pas ma dia dan aku ingin dia bisa menjadi istri aku, makasih

    • Aridha berkata

      Maaf sebelumnya. Bkannya saya sok tau. Tapi saya hanya mencoba mmberi sedikit masukan untuk anda. kalo setahu saya shalat atau beribadah itu hanya karna ALLAH, bukan krna yg lain. apalagi klo cuma krna cewek aja. dan bgmana klo anda shalat istikharah saja untuk meminta petunjuk kepada ALLAH tntang cewek yg sukai itu. dan ingat niat anda beribadah hanyalah krna ALLAH. trims.

  77. azzli berkata

    kak mau nanya , emangnya klo shalat tahajjud kita harus tidur dulu sebelumnya , trus bngun bru kita bisa shalat tahajjud? mohon di bles ya kak !

  78. Anonymous berkata

    ass… Mas mau nanya ni kalo kita sholat tahajut, terus kita tdk tahu do’a penutupnya.. apakah bisa kita baca do’a yang kita tahu aja??
    makasih….

  79. dodi rahmadi berkata

    E

  80. dodi rahmadi berkata

    Assalamualaikum,
    Saya mau tanya, kenapa ketika saya melaksanakan shalat tahajud saya merasa deg-degan ketika menghadap Allah SWT?
    Mohon penjelasannya
    Trimakasih

  81. dodi rahmadi berkata

    Assalamualaikum,
    Saya ingin bertanya, kenapa yah ketika saya melakukan shalat tahajud , saya merasakan deg-degan ketika menghadap Allah SWT?
    Mohon penjelasannya,
    Trimakasih

  82. arema berkata

    assalamu’alaikum
    makasi banyak pak, infonya ada pertanyaan dikit ni, doa setelah solat tahajjud itu baca di kertas gitu, boleh? maksudnya setelah solat kita bacanya sambil pegang kertas, apa diperbolehkan?

  83. BUDY SANTOSO berkata

    ASSALAMUALAIKUM….MAS….MOHON DIIKUTKAN DALAM PENGAJIAN

  84. kartika berkata

    In a time of darkness and greed
    It is your light that we need
    You came to teach us how to live
    Muhammad ya Rasul Allah

    You we’re so caring kind
    Your soul was full of light
    You’re the best of man kind
    Muhammad Khaira Khalqillah
    Sallu ‘ala rasulillah habib al mustafa
    Peace be upon the messenger
    The chosen one

    From luxury your turned away
    And all nigh you would pray
    Truthful in every word you say
    Muhammad Ya Rasul Allah

    You face was brighter than the sun
    Your beauty equaled by none
    You’re Allah chosen one
    Muhammad Khaira Khalqillah
    Sallu ‘ala rasulillah habib al mustafa
    Peace be upon the messenger
    The chosen one

    I will try to follow your way
    And do my best to live my life
    As you taught me
    I pray to be close to you
    On that day and see you smile
    When you see me

    Sallu ‘ala rasulillah habib al mustafa
    Peace be upon the messenger
    The chosen one

    Sallu ‘ala rasulillah habib al mustafa
    Peace be upon the messenger
    The chosen one

    Sallu ‘ala.. Rasulillah

    ooo….

    Peace be upon …..

    hooo…

    The Chosen One

  85. udhien berkata

    smoga kta smua brada di jaln yg luruz amin.z

  86. ijin menyimak ilmu nya mas..

  87. vidya berkata

    Assalamualaikum..Wr..Wb..
    pak Arif.. sy mau bertanya,,,
    shalat tahajud boleh di lakukan dengan cara bergelap-gelapan(mematikan lampu) atau dng cara menyalakan lampu ?
    terimakasi.

  88. khalimatussa'dyah berkata

    saya orang yang susah bangun malam mas,mangkanya kadang kalau saya ingin tahajud biasanya saya tidur dulu baru sholat isyak kemudian sholat tahajud,soalna klo lom sholat isya kan rasanya kita masih da tanggungan jd tidurnya kurang nyenyak.tp klo sudah sholat isya kan tidur jd keblabasan ampe shubuh.itu bagaimana mas hukumnya??mohon penjelasany,karna akan sangat bermanfaat untuk saya.

    • arif berkata

      lebih baik mementingkan sholat wajibnya dulu dan klo bisa tepat waktu…
      jangan menunda nunda sholat karena itu merupkan jebakan musuh alloh…

      semoga bermanfaat…

  89. gorcokmen berkata

    Met nah

  90. moch. hasyim berkata

    ijin ngopy mas arif.
    makasih.

  91. Rizal berkata

    Assalamuaikum…Saya minta izin bwat baca artikelnya?? skalian mu tanya juga kalau do’a shalat tahajud itu di baca setelah kita shalat atau sebagai do’a penutup setelah semua unek2, baru do’a tahajudnya??? dan juga shlat tahajud harus shalat witit jga?? jadi kalau sya shalat 2 raka’at + witir jadi 5 raka’at?? mohon di jawab ya.. wassalamm…

    • arif berkata

      walaikumsalam wr wb.

      saya persilahkan anda membaca dan mudah2an ada sedikit manfaatnya…

      setelah sholat tahajjud luapkanlah uneg uneg kamu dengan berdoa padaNYA…

      setelah sholat tahajud ga harus dilanjutkan sholat witir tp disunnah menutup sholat malam tsb dg sholat witir…

      mudah2an bermanfaat…
      makasih atas kunjungannya…..

  92. Arif Gunawan berkata

    Assalam,,,
    apakah sholat sunat tahajjud di kerjakan dgn membaca surat2 pendek setelah kita membaca al fatiha, atau cukup al fatiha sj.
    trimakasih,
    Wassalam….

  93. Nabila Firdausi berkata

    Apakah boleh saya melaksanakan sholat tahajud sebelum tidur selepas tengah malam karena takut bila tertidur saya bangunnya subuh ?

  94. Nabila Firdausi berkata

    bolehkah saya sholat tahajud sebelum tidur? karena saya takut jika tidur dulu saya terbangunnya biasanya saat adzan subuh berkumandang..

  95. Nabila Firdausi berkata

    Bolehkah saya sholat tahajud sebelum tidur? karena bila saya tidur saya biasanya terbangun sebelum subuhnya, jadi saya takut tidak bisa terbangun untuk sholat tahajud…

  96. Nabila Firdausi berkata

    bolehkah sholat tahajud dilaksanakan malam hari namun sebelumnya tidak tidur bagaimana? karena saya mahasiswa yang sering mengerjakan tugas hingga tengah malam dan bila tidur selalu terbangun menjelang subuh.. sementara saya ingin sekali sholat tahajud, apakah dibolehkan?

  97. fadly berkata

    assalamu alaikum… ustad sy cuma mau tanya, sayakan adl manusia yg sgt jauh oleh allah…
    tp wakt terus berjalan alhamdulilah sy sdh tdk melakukan perbuatan yg di larang oleh allah tersebut mulai dr sholat sampai perbuatang yg di lang oleh allah….

    tp semua itu berjalang tdk terlalu lama a/ kekal, sy cuma taat kepada allah cm skitar 3 tahun lamanya semenjak sy kembali kemakassar….

    dan sholat pun sy tdk kerjakan pdhal sy tau bahwa sholat itu wajid.. N sy sdh mengetahuinya.. bahwa apabila tdk mengerjakanx kita sama sj dgn orng kafir….

    jd jika sy igng taubat yg ke dua kalinya apakah allah masi memberikan sy kesempatan yg ke dua kalinya a/ tidak ustad… mohon di balas..

    wassalam…

    • arif berkata

      walaikumsalam wr wb

      alloh maha penerima taubat…
      jangan putus asa utk mendekatkan diri pada alloh…

      sy sendiripun pernah mengalami apa yang anda rasakan…
      dan dr apa apa yang jauh dari perintah alloh swt tsb hidup saya dalam kebingungan dan kegelisahan…

      mudah2an bermanfaat..
      makasih atas kunjungannya….

  98. abdhiy berkata

    mantapp… mudah2 bermanpaat…

  99. nanangbolbol@yahoo.co.id berkata

    apakah boleh saat tdk bsa bngun qt memakai alarm. agar bisa bangun untuk melak sanakan sholat jahajud tersebut?

  100. joni berkata

    ya Allah :(

  101. joni berkata

    ya allah ampuni aku :(, semoga apa yang ku ingn bsa tercpai.amin2 y robbal alamin

  102. Y Allah, semoga dengan ini sya bisa mendapatkan jawaban atas semua masalah, dan apa yang saya inginkan bisa tercapai . . . .
    amiiiieeeennnn . . . .

  103. Anonymous berkata

    Alhamdulillah smoga ini mnjadi ptunjuk untuk jalanku menuju kebesaran-Nya amin

  104. Gusti Bayu Bomber berkata

    Assalamualaikum

    Terima kasih ya Saya jadi bisa solat tahajud dengna telaten

    Terima Kasih

  105. Alan Cou berkata

    bangunlah di antara dpertiga malam dan dirikanlah shalat tahujjd, n mhon ampunlah kpd allah berdoalah kpdnya .

  106. Anonymous berkata

    Alhamdulillah… Terima kasih.

  107. terimakasih ats petunjuknya,……

  108. devi auliaty berkata

    Ass…………………………………….. sobatku seluruh umat islam di dunia.

  109. Anonymous berkata

    terima kasih atas tuntunannya ea mas arif,,,,,,sngat bermanfaat bnget,,,,,,oy mo tnya nie

    Sah ato tdak sholat tahajud bila dlaksanakan tanpa tidur dulu,,,,wlw sy tau syarat sholat thajud kudu tdur dulu,,,,,trims

    • devi berkata

      yang jadi perbedaan adalah keutamaannya, bukan keharusannya tidur lebih dulu atau tidak,
      ”Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.” (QS Al Muzammil : 1 -3).

      Dari Aisyah, katanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kamu mengantuk ketika shalat, maka tidurlah terlebih dahulu sampai hilang rasa kantukmu. Karena bila kamu mengantuk dalam shalat, mungkin suatu ketika kamu bermaksud memohon ampunan kepada ALLAH, tetapi ternyata kamu justru memaki-maki diri kamu sendiri (karena salah baca doa).” [Muslim - Kitab Shalat Musafir dan Qashar]

      intinamah klo gk tidur dulu kemungkinan kamu mengantuk terus bacaanya jadi kacau,,tpi klo gk ngantuk sih gk papa selama niat kuat,sholat khusu.

      GK JADI MASALAH MAU TIDUR DULU ATAU TIDAK (wallohu’alam),Tapi yg paling utama itu tidur dulu,biar gk ngantuk kita.tpi klo kuat mah lanjut aja jangan tidur,,kagok…dipaksain tidur dulu takutnya kebablasan nanti,!!pengalaman memalukan.Thq

  110. doel kemin berkata

    di bulan puasa, tarawih pasti ditutup dgn witir. kmudian klo malamx, bolehkh qta tahajud tanpa prlu witir lagi ? atau ada cara yg lain supaya qta tetap bisa sholat tahajud? trims.

  111. berubah jd baik berkata

    sholat tahjud klo cuma 2rkaat boleh apa g mas,trus apa hrs ada sholat yg dilakukan setelah tahajud, wajib atau sunah…

  112. ari berkata

    saya mw betanya.,saya termasuk orang yang sangat sulit untuk tertidur.,apakah boleh saya melaksanakan solat malan tanpa tidur telebih dahulu.,??

  113. dhita berkata

    Ass… Mau tanya mas, klo mengerjakan sholat tahajud 4,6,8, dst itu bgmn yang benar?? apakah sama seperti sholat wajib, ato bgmn?? selama ini sya hanya melakukan 2 rakaat aja, karna takut salah.. pengen memperbaiki lagi. DItunggu infonya.. Syukron

  114. Gunawan berkata

    Assalamu’alaikum…
    Pak Arif saya mau nanya,,,apakah mengerjakan sholat Tahajjud 2 rakaat dngan 11 rakaat pahalanya sama…mohon jawabannya ea..mksh atas infonya..

  115. cynthia ariesta berkata

    assalamualaikum mas arif,, trimakasi y infonya sangat bermanfaat buat saya,,
    mohon doanya juga yh insyaallah skripsi saya bisa kelar tepat waktu,, amin ya rab,,
    trimakasi :)

  116. nida berkata

    subhanallah,, tulisan luar biasa ini pasti mendapat pahala yang banyak dariNYA…..makasih ya banyak..

  117. sherlylaftshezasllu berkata

    mksehh>
    brmnfaat sklee dkwah ne bwt akww,

  118. yosep husada berkata

    ass.. :)

    kk mau tanya klw solat tahajud itu cuman malem doank yah d laksanakan nya???

  119. guntoro akhi berkata

    bagus bgt

  120. guntoro akhi berkata

    wahhh,,bermanfaat sekali ini…lanjutkan dakwah kita :)

  121. [...] http://berdzikir.wordpress.com/2009/08/22/tata-cara-sholat-tahajjud/   Leave a comment [...]

  122. lie permana berkata

    Ass…..mas.arif ane mau tanya klo shalat sunnah thajud boleh ga di kerjakan tampa tdr dulu,sebab klo tmen saya (pernah di pondok) shalat sunnah thajud boleh saja di kerjakan tampa tdr dulu. makasih………

    • KinDaiChi gRup berkata

      Shalat Malam (Qiyamullail) mempunyai dua cara, tidur dulu dan tidak.
      Rasul saw mengerjakan keduanya, sebagaimana diriwayatkan pada Shahih Bukhari, demikian pula shahih Muslim dan lainnya bahwa Rasul saw melakukan shalat malam sebelum tidurnya dan adapula riwayat lain juga pada Shahih Bukhari (hadits no.1091, 1095 dan banyak lagi), juga pada Shahih Muslim dan lainnya bahwa Rasul saw melakukannya dan memerintahkannya dengan tidur terlebih dahulu, demikian dilakukan para sahabat, Tabi’in dan selanjutnya hingga kini, itulah yg dinamakan Qiyamullail, ada yg mengerjakannya dengan tidur dulu, atau sebelum tidur, namun yg paling afdhal adalah yg tidur dahulu, karena lebih banyak hadits yg meriwayatkannya.

  123. Lenny berkata

    Ass. .
    Ka, klo uddh shalat tahajud harus d lanjutin ke shalat witir? ?

  124. http://Www.google.com

  125. Tukang kebun berkata

    Assalamualaikum wr. wb

  126. rezky amiruddin berkata

    apakah sholat tahajjud boleh dilakukan kalau belum tidur…???

    • KinDaiChi gRup berkata

      Shalat Malam (Qiyamullail) mempunyai dua cara, tidur dulu dan tidak.
      Rasul saw mengerjakan keduanya, sebagaimana diriwayatkan pada Shahih Bukhari, demikian pula shahih Muslim dan lainnya bahwa Rasul saw melakukan shalat malam sebelum tidurnya dan adapula riwayat lain juga pada Shahih Bukhari (hadits no.1091, 1095 dan banyak lagi), juga pada Shahih Muslim dan lainnya bahwa Rasul saw melakukannya dan memerintahkannya dengan tidur terlebih dahulu, demikian dilakukan para sahabat, Tabi’in dan selanjutnya hingga kini, itulah yg dinamakan Qiyamullail, ada yg mengerjakannya dengan tidur dulu, atau sebelum tidur, namun yg paling afdhal adalah yg tidur dahulu, karena lebih banyak hadits yg meriwayatkannya.

  127. ihsam berkata

    yang saya ingin tanyakan hanya 1 / apakah tahajud boleh dilakukan secara berjamaah / dan apakah ada hadist yang membenarkan memperbolehkan sholat tahajud berjamaah .

  128. sumardza berkata

    makasih atas info nya, semoga bisa bermanfaat buat semua yg membuka blog ini,, sekarang tinggal melaksanakannya jangan di mulut saja

  129. atmi berkata

    trimaksihh..

    ats mua tntunannya.. :)

  130. suntie berkata

    assalamualaiku’….

    mas mo na.nya…..klau misal-kn sesudah shalt tahajud kn, dah baca’an nya….
    qu tdk hafal,,,kdang” qu lngsung lyat bku ptunjuk shalt,,,,
    kira” leh ga??????????

    mohon kasih penjelasan’ny mas

    sebelum’nya terima kasih :)

  131. Anonymous berkata

    SEANDAINYA KITA PUNYA NIAT GIMNA KK/BPK ,,,??
    AQ AD SUATU NIAT ,,,,,

  132. sulistiyani berkata

    ass.wr.wb terimakasih mas arif semoga dakwah anda menjadi berkah bagi kita semua amin

  133. inana masruroh berkata

    Assalamualaikum…thanks ya mas arif….penjelasan yang pas ttg tahajud, satu pertanyaan saya….. apakah ada keharusan mandi sebelum shalat tahajud atau cukup cuci muka saja terus berwudhu apa boleh?

  134. Rully berkata

    terima kasih atas tuntunannya. insyallah bermanfaat bagi kita semua…

  135. arie berkata

    maaf saya mau nanya…

    itu baca tasbihnya setelah baca bacaan ruku’ baru baca tasbih 3x y???

    terimakasih^^

  136. adi berkata

    mas mau tanya,,

    sholat tahajud tanpa witir boleh gak

  137. pue_cha_sweetz@yahoo.com berkata

    terima kasih telah mensyiarkan tata cara shalat tahajud . :)

  138. hamba aiiah berkata

    cok..,

  139. satrio berkata

    saya bau melaksanakan shalat tahajud jam2.27am tp aku lom tidur,sah ga ya shalatnya? Makasih pak Ustadh

    • ira berkata

      shalat tahajud itu shalat sunat malam setelah kita tidur meskipun hanya 5 menit… semoga dapat membantu…

      • devi berkata

        mau tidur dulu atau gk ,,2-2 nya bisa,,,rosulullah SAW juga 2-2 nya koq.itu menurut ilmu yg saya hafal…thq

        • devi berkata

          .Pernah Abu Bakar berselisih dgn Umar masalah shalat tahajud itu musti tidur dulu atau tidak. Keduanya kemudian menghadap kepada Rasulullah dan menceritakan masalahnya, yaitu bahwa Abu Bakar suka bertahajud tanpa tidur dulu, sedangkan Umar tidur dulu. Rasulullah hanya menjelaskan bahwa Abu Bakar adalah orang yg hati2 (karena gak pengen tahajudnya terlewat), sedangkan Umar yg tidur dulu itu adalah orang yg kuat.

          Intinya mah tidak ada keharusan tidur dulu sebelum shalat tahajud.
          Allahua’lam…
          karena ane sering begadang karena tugas kul, dan ingin sholat tahajud, sedangkan kalo ane paksakan tidur dulu, takutnya kebablasan tau tau bangun udah jm 6 (pengalaman)
          sering tuh. tpi dulu.

  140. vivin berkata

    mas, abis tahajjud apa harus ditidurkan lagi?
    kalau langsung beraktifitas (begadang) hingga shubuh boleh ngga?

  141. randy berkata

    ass. mau nanya’ kalo’ sholat tahajjud suara dibesarin ya…

    dan apakah sholat dhuha juga begitu

    • devi berkata

      besarin aja suaranya klo mau berjamaah,,,tpi klo shalat sendiri mendingan dlm hati aja deh,,kasian anak2 pada bangun nanti.

  142. hasanuddin berkata

    mas arif gimana kalo sholat tahajud tidak di iringin tidur terlebih dulu..apakah sah shalat tahajud nya dan mohon dalil nya…trima kasih..dan mohon dalil nya…

  143. hani berkata

    assalamualaikum,,,
    pak saya mau tanya ,,, seandainya ada orang yg melakukan kesalahan trus orang itu mau bertobat,,,,setelah bertobat dia melakukan kesalahan lagi …trus2an seperti itu,,,tpi setelah berulang2 kali ia melakukan seperi itu ,,,dia sangat menyesali perbuatan yg telah ia lakukan itu,,,,dan dia bener2 ingin bertobat,,apakah dia akan diampuni oleh allah swt????
    mohon dibls di imel saya aja pak ,,,
    terimakasih
    wassalamualaikum .

  144. Agus tanil berkata

    Ass. Cara untk membiasakn shlt tahjd,gmn!

  145. yanti berkata

    ass. sy ingin bertanya lg gak papa ya mas.. mas arif sy ingin skali melaksanakan sholat tahajud dan sholat istikharah, apa boleh dua2nya dilaksanakan dlam wktu yg sama? kalau memang boleh sbaiknya yg trlebih dhulu dilaksanakan sholat tahajud dlu apa sholat istikharoh dulu yah?? sy msh blum mngerti benar bgmna cara menjalankan sholat sunah trsebut, mohon bimbingannya dr mas arif, krna sy ingin tau skali bgmna mlaksanakan sholat sunah trsbut dgn benar, trims.. wass

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      sholat tahajjud dulu lalu sholat istikaharoh dan ditutup dengan sholat penutup yaitu sholat witir….
      terima kasih atas kunjungannya…

  146. kang arif mau tanya ni
    klau kan ada
    Sepertiga malam, kira-kira mulai dari jam 19.00 samapai jam 22.00
    Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00
    Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.

    kalau dilakuan di ketiga-tiganya apakah boleh ?
    Trim’s

  147. keyza berkata

    Terima kasih atas tulisannya yang sangat bermanfaat..

    saya mau nanya kalo sholat hajat dan sholat tahajud dalam waktu yang sama? sholat mana dulu yang didahulukan?
    trus untuk dzikirnya setelah sholat kedunya selesai atau setiap selesai sholat masing2 ??
    makasih..

    • arif berkata

      terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya…
      menurut saya sholat tahajjud lalu disusul dengan sholat hajat dan diakhiri dengan sholat witir (sholat penutup)…

      dzikir setelah sholat…
      perbanyak baca tasbih (subhanallah), tahmid (alhamdulillah), takbir (allahu akbar), istigfar (astaugfirullah), tahlil ( la ila ha illah dan sholawat..

  148. ade purnama sari hrp berkata

    trims ilmunya dan saya akan mengajarkannya kepada anak2 saya

  149. febie berkata

    AsallamuALAIkum.wr.wb.
    pak ust… saya mau tanya….
    kalau sholat saya sering lupa, seperti lupa rakaatnya, sholat 4 rakaAT jADI 3 rakaat, apakah karna lupa saya sering mengulang sholat saya….
    apakah ada pengganti rAKAat yang lupa???
    maaf terlalu panjang….
    terimakasih.

    • arif berkata

      Walaykumsalam wr. wb.

      maaf saya bukan ustadz…. saya hanya menulis saja… panggil saja arif…. saya kira itu lebih baik…

      Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu ragu dalam sholat, ia tidak mengetahui apakah telah sholat tiga atau empat rakaat. Maka hendaknya ia meninggalkan keraguan dan memantapkan apa yang ia yakini, kemudian sujud dua kali sebelum salam. Maka bila telah sholat lima rakaat, genaplah sholatnya. Bila ternyata sholatnya telah cukup, maka kedua sujud itu sebagai penghinaan kepada setan.” Riwayat Muslim.

  150. febie berkata

    terima kasih blogny semoga ini bermanfaat..amin..

  151. addar berkata

    utz, gmn klo qtq tidur di awal malam,truz menunggu hingga tengah malam u shalat tahajjud,apa itu bisa sah shlatnya

    • arif berkata

      saya bukan ustadz…
      panggil saja arif…

      intinya sholat tahajjud adalah sholat sehabis tidur malam…
      dan “tidur” itu adalah salah satu syarat tahajjud…

      terima kasih atas kunjungannnya…

  152. addar berkata

    lagunya benar2 menyejukkan hati

  153. semoga dengan ini shlat tahajjud saya biasa sempurna dan diterima oleh allah swt. amin… terima kasih sekali lagi… ^_^ ….

  154. semoga dengan ini shlat tahajjud saya biasa sempurna dan diterima oleh allah swt. amin… terima kasih sekali lagi…

  155. dhina berkata

    makasih atas informasinya…

  156. wawan berkata

    trima kasich atas artikel.a
    pa arivin
    sangat bermanfaat bermanfaat
    amin

  157. dindda berkata

    assalamualaikum trima kasih ya artikelnyaa.. ..
    sangat bermanfaat buat saya..

  158. dindda berkata

    Asalamualaikum.. ini judul lagunya apa ya?? bgus bget.. lagunya.. nenangin diri ^^

  159. Gitya berkata

    Assalamualaikum.Mas mau nanya.. Sholat sunnah malam itu apa aja yg bsa di laksanakan selain sholat tahajud….

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      selain tahajjud…
      ada sholat witir, sholat hajat, sholat tasbih, sholat taubat bisa juga sholat istikaroh…

      makasih atas kunjungannya….

  160. zazwaj berkata

    asslmlkm ustadz
    ap yg ustadz smpaikn sngtlh brmanpaat bgi sya n orang banyak.

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      maaf saya bukan ustadz….
      saya hanya menulis artikel yang menurut saya bermanfaat bagi saya khususnya….
      syukur syukur jika bermanfaat bagi orang lain….
      makasih atas kunjungannya….

  161. Koboy berkata

    Waah, makasih bngt mas,, pas nih sya lagi nyri cara s0lat tahajjud, sm0ga amalnya d’trima oleh Allah SWT yah mas..

  162. ismet berkata

    insya Allah aq dapat juara pada semester kali ini,,,,,,,,,
    dan semoga saya masuk dilima besar,,,

  163. ansaf berkata

    terima kasih yah atas infonya smoga gue bsok dpt nilai yg tdk mengecewakan ortuku…….http://www.syafrifivers.blogspot.com

  164. herahadi berkata

    kalau witir 1 rakaat setelah tahajud itu wajib atau nggak ya??
    thanks

    • arif berkata

      sholat tahajjud dan witir itu termasuk sholat sunnah jadi klo dilakukan dapat pahala klopun tidak ya tidak apa apa…terima kasih atas kunjungannya….

  165. Asti berkata

    Boleh.nggak klau
    Sholat tahajjud 2 rakaat 1 slam,trus sholat istkhara 2 rakaat 1 salam, kemdian d’akhri witir 1 rakaat 1 salm . ??

    Atau dlam 1 mlam hanya tahajjud witir.
    Besk.y istikhra?

  166. Meilan Firdaus berkata

    Assalamu’alaikum. Mas
    Sewktu saya masih lajang dulu , insya Allah saya rajin sholat fardu maupun sholat tahajud, tetapi setelah saya bersuami saya jarang sekali sholat karena saya tidak mempunyai panutan (suami saya tidak pernah sholat). Mas, yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar keimanan saya kembali seperti semula (masih lajang). Saya juga lagi ada masalah berat nih mas, barang warnet saya dirusak orang tp orang itu g’ mau ngaku kalau dia telah merusaknya. Apakah dengan kita Sholat tahajud bisa membuat hati orang tersebut mengakui perbuatannya. Makasih mas.

    • arif berkata

      walaikumsalam wr wb

      selamat datang ujian…
      seharusnya kita bersyukur kita diuji…
      setidaknya kita tahu kadar keimanan kita pada allah swt…

      jangan pernah berputus asa dengan ujian..
      baik dari keistiqomahan sholat tahajjud..
      baik itu dari suami…
      maupun orang yang mendzolimi kita…

      bertawakkal pada allah..
      berdolah di sholat malammu…

      Agar orang2 yang ada disekitarmu diberi hidayah oleh alloh SWT…

      nabi Muhammad mengajarkan pada kita kaum muslimin agar selalu membalas keburukan dengan kebaikan…

      makasih atas kunjungannya…
      mudah mudahan bermanfaat…

  167. sandy berkata

    mas arif saya mau tanya…mungkin saya memang orang awam…apakah harus setelah setelah solat tahajud melakukan solat witir lagi???

    jujur saja saya masih belum jelas/mengerti tentang solat witir???bila berkenan mohon penjelasannya + surat apa saja yang harus saya bacakan,,,,terimakasih

    • arif berkata

      sholat witir adalah solat penutup…
      disunnakan kita sebagai muslim untuk melaksanakan sholat witir setelah melakukan sholat malam…
      sholat witir hanya bisa dilakukan pada waktu malam hari saja…
      setelah sholat isa’ sampai sebelum subuh…

      makasih atas kunjungannya…

  168. anto berkata

    assalamualaikum…
    mau bertanya mas… kalo misal sbelum tidur kita belum shalat isya, lalu terbangun di malam hari dan kemudian shalat isya yg dilanjutkan dgn shalat tahajjud apakah itu boleh?? ataukah shalat isya harus ditunaikan sebelum tidur baru boleh shalat tahajjud setelah bangun tidur?? adakah dasar hukumnya?? mohon bantuannya.
    maaf jika terlalu panjang.
    maturnuwun

    • arif berkata

      walaikumsalam…

      bedakan antara sholat fardu dan sholat sunnah…
      yang utama fardhunya…
      baru sunnahnya….

      klo misal sholat isa’nya lupa lalu ketiduran…
      lakukan sholat isa’nya dulu…
      lalu dilanjut dengan sholat tahajjudnya…

      tapi inget ya…
      jangan dibuat kebiasaan…
      berharap maslah diatas wujud ketidaksengajaan saja…

      sesungguhnya islam mengajarkan kita disiplin salah satunya dengan sholat lima waktu tepat waktu dan klo bisa berjamaah…

      makasih atas kunjungannya…
      mudah mudahan bermanfaat bagi semua khususnya saya :)

  169. diahrf@yahoo.com berkata

    Apa harus melalui proses tidur sebelum sholat tahajud tsb?

  170. K berkata

    Kak mau tax niH?? KLu selesai sholat tahajud qt lanjut ke sholat subuh.. Apa nga pa2 ya kLu blum waktux sholat subuh.. Abis biasax aku kesiangan kk… Maaf ya kLu ada kata2 aku yg salah.. :)

  171. iyoez berkata

    pa maap saya mau tanya saya setiap melakukan shlat hati saya merasa kalu shlat saya blm bner. saya ingin tau bagai mana cara shlt yg bnr mau dar cara brwdu atou pn dr baca.an”y

    • arif berkata

      sholatlah kamu seperti sholat yang terakhir kali…
      wudu’ harus yang bener juga karena salah satu syarat sahnya dalam melakukan ibadah sholat…

      adapun doa agar terhindar dari gangguan syetan adalah sebagai berikut…
      DO’A SA’AT RAGU DALAM SHALAT DAN
      BACAANNYA
      audzubillah himinasyatonir rojim
      Aku berlindung kepada Allah dari setan yang
      terkutuk
      dilakuakan sebelum berniat sholat…

      makasih atas kunjungannya…

  172. Anonymous berkata

    Terima kasih….

  173. rina berkata

    Assalamualaikum,

    Terima kasih atas informasinya, semoga Allah membalas. Mas sekalian mau nanya, aku menjalankan sholat tahajud seperti dibangunin aja. jadi alhamdulillah… tapi kalau setelah sholat tahajud tidur lagi, sholat shubuhnya suka kelewat tiba2 udah jam 7 ata jam 8 pagi . gmn ya mas? tdk disengaja lho..

    • Anonymous berkata

      low sering gtoe ambil sholat tahajud dr jam 1 ampe menjelang subuh so stelah sholat tahajud tdk lm kmudian bs lngsung sholat subuh so g klewatan lg pas sholat subuh na

    • arif berkata

      walaikumsalam wr wb

      amin ya robbal alamin…
      kalau seperti kejadiannya tanpa kesengajaan…
      ada ulama yang menyarankan di qodo’…
      karena sholat sholat subuh itu hukumnya wajib..
      jadi ya harus dikerjakan…

      berharap ini jangan menjadi kebiasaan…
      dan perlu diingat sholat fardhu diutamakan daripada sholat sunnah…

      makasih ats kunjungannya…

  174. Roshina berkata

    Aslm…

    Terima kasih nih info nya :)
    ‘Saya mau nanya, saya agak bingung soal Shalat Tahajud ini.
    1. Sholat Tahajud itu:
    - (misalkan dkerjakan 2 Rokaat) berarti 2 Rokaat lalu salam.. ?
    - lalu dilanjutkan Witir kah? 1 rokaat.. ?
    - atau 1 rokaat tahajud salam lalu Witir 1 rokaat dan salam?
    - atau 2 untk tahajud dan 1 lgi untk Witir?
    2. Apa bila kta berdoa dgn bhasa sndiri tk apa2 kn?

    Maaf nh sblumny, mohon ptunjuk nya

    • arif berkata

      walaikumsalam..

      begini roshina yang baik hati….
      sholat tahajjud itu bisa dilakukan 2,4,6,8 ataupun 12 rokaat..
      dan tidak ada batasan mengenai sholat tahajjud…

      lalu setelah tahajjud…

      melakukan sholat penutup yaitu witir…
      sholat witir itu bilngannya ganjil…
      bisa 1,3,5, dst..

      mudah mudahan bermanfaat…
      makasih ats kunjungannya…

  175. Anonymous berkata

    saya mao tanya dnk sholat tahajud 2 rakaat
    kn kta pertama baca niat thu tru msk rakaat pertama dan baca alfatiha dan surat pendek dan rakaat 2 sama baca alfatiha dan surat pendek kan dah gt kta salam ap langsung brdiri untk melaksanakan sholat witir?
    Sholat witir bacaany sma kya sholat fardu kn?tlng djawabya mas

  176. Anonymous berkata

    terima kasih infonya ,,
    semoga saya bisa mengamalkannya ,,
    sehingga hidup saya lebih bermanfaat ,,
    amin ,,

  177. muwi berkata

    i like ^_^ ijin copast ya…

  178. Rizky dedi berkata

    semoga dengan ini hidup saya lebih bermanfaat

  179. ANDAK berkata

    takde ke cara solat tahajud dlm bahasa arab?

  180. Kiki berkata

    Ass
    Gimana cara sholat tahajud yang benar?

  181. Ahyadi berkata

    Assalamualaikum wr.wb. . .

    Maz, zaya mau bertanya . . .
    Apakah d.dlam solat tahajud smua bacaan zama saja seperti solat wajib??
    Hnxa niat na saja xg berbeda ??

    Mhon penjelasan . .

    • arif berkata

      walaikumsalam wr wb…
      betul sekali…
      bacaan sholat sunnah tahajjud sama dengan bacaan sholat wajib..
      makasih atas kunjungannya….

  182. dede berkata

    mas..apa boleh kta mmbaca surah itu2 sja..
    misal rakaat prtma al kafirun..kdua al ikhlas….
    nnti d rakaat brikutx sya bca itu lge gkpp k?

  183. rizano zilzian berkata

    saya adalah sorang muslim. saya ini jarang mengerjakan sholat. saya ingin tau bagaimana sholat yang benar dan khusu”. sah tidak bila saya sholat tahajjud tidak tidur dulu. dan hukumnya bagaimana bila sholat tahajjud tidak tidur dulu.

    • Anonymous berkata

      Perlu diketahui, salat tahajud itu artinya salat malam. Tahajud aslinya bahasa Arab “tahajjud”, dari kata dasar “hajada” yang berarti “tidur” dan juga berarti “salat di malam hari”. Orang yang melakukan salat malam disebut “haajid”. Jadi bertahajud artinya melakukan salat sunat di malam hari, setelah tidur. Semua salat sunat yang dikerjakan di malam hari setelah tidur, dengan demikian, disebut salat tahajud atau salat malam (shalatullail)

      Menurut makna “tahajud” yang berarti salat malam setelah bangun dari tidur, memang seakan-akan salat tahajud itu menyaratkan tidur lebih dulu. Kalau belum tidur maka salat itu tidak disebut salat tahajud, namun disebut shalat “qiyamullail” (shalat malam).

  184. Anonymous berkata

    aq mau tanyak mas.
    Tntng sholat tahajut.
    Rokaat Prtama stelah membca surat Al fatihah stelah tu mmbca surat apa?
    Trs rokaat kdua jga mmbca surat apa?
    Ataukah terserah, sprt sholat wajib.

    • arif berkata

      rokaat pertama bisa membaca surat al kafirun..
      rokaat kedua bisa membaca surat al ikhlas…
      terserah pun tidak apa apa…

      makasih ats kunjungannya….

  185. alan berkata

    assamualaikum,,,
    numpang nanya,
    -membaca tasbih 3x wktu ruku’,sujud pertama & sujud kedua itu setelah membaca bacaan shalat biasa atau langsung baca tasbih, gimana kalo tasbih nya gak dibaca ?
    -apa bnr shalat tahajud harus d tutup dg witir,ngerjakan nya apa stelah slesai shalat tahajud trus do’a baru ngerjakan shalat witir atau gimana ?
    terimakasih,
    Wassalamualaikum.

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      setiap gerak sholat mengandung doa…
      misalkan dalam sujud dan ruku bacaaan tasbih tersebut merupakan wujud kebesaran allah…
      semua makluk bersujud dan bertasbih kepada allah…
      jika lupa ya tidak apa apa asal lupanya karena bentuk ketidak sengajaan…

      sholat witir adalah sholat penutup jadi klo km melakukannya itu lebih baik…

      setelah kamu sholat tahajjuud memohonlah pada llah dengan doa…

      setelah itu baru sholat witir..

      makasih ats kunjungannya….

  186. haries berkata

    assalamu alaikum saya mau tanya mas arif: saya sedang di uji sama allah swt,saya baru melangsungkan pernikahan tgl 03 juli…
    saya akui selama saya tidak ada masalah ini,saya jarang melaksanakan perintah allah,pada saat saya membutuhkan pertolongan Yang Maha kuasa,saya selalu menangis dihadapan nya,saya mohon ampun bila saya melalaikan perintahnya,hanya satu yg saya minta hnya kembalikan rumah tangga saya ..
    terimakasih seblum nya

    • arif berkata

      walaikumsalam…

      apa yang mas haries lakukan udah benar…
      dunia adalah tempat prihatin dan ujian…
      sebagai orang beriman sepatutnya harus bersabar disaat diuji…
      mudah2an hubungan rumah tangga mas haries baik baik saja amin…
      ibarat orang yang berlayar di tengah badai besar…
      disana yang dibutuhkan kerjasama dan saling bahu membahu agar kapal tersebut tidak karam…
      jangan cekcok disaat suasana lagi gawat…
      karena itu akan memperkeruh dalam pelayaran hidup…
      makasih atas kunjungannya….

  187. hans berkata

    assalamu’alaikum… sebenarnya shalat tahajud berapa rakaat ? kalau dilakukan dengan 2 rakaat itu tidak masalah ta mas?makasih..

    • arif berkata

      walaikumsalam mas hans batasan untuk sholat tahajjud tidak ada klopun 2 rokaat tidak apa apa tapi banyak ulama yang menerapkan 8 rokaat…
      makasih atas kunjungannya…

  188. Lesmana berkata

    Ustadz…
    Usia sy 20th,dhulu ktika sy SD-SMP sy sgt kntal akn keagamaan sprt sllu dtg ke msjd,pngajian,dan skolah keagamaan.tp smkn usia brtmbh smuanya mkin jauh krna ksbukan n kmalasan.skrg ini sy ign bnr2 taubat kembli ke jln allah swt.kiat khuss apa agr sy bs kmbli mndpt ridho-Nya.bla prlu sy ign via sms atw tlp ne nmr sy 085724366801

    • arif berkata

      maaf saya bukan ustadz…
      jika ingin mendapat ridho dari allah…
      maka kamu harus mematuhi apa yang di perintahkan allah…
      menjahui apa yang dilarang allah juga…
      maaf saya ga bisa sms ato tlp anda…
      hanya ini yang bisa aku kasihkan…
      karena aku bukan orang yang baik seperti yang anda prkirakan…
      ilmu agama saya masih sedikit…

  189. jackie baron berkata

    thanks atas masukan’y…….

  190. Nada berkata

    assalammualaikum

    makasih atas bLok nya…
    smoga dapat saya amaL kan..
    amiiin…

    =)

  191. nimaz berkata

    semoga kita dapat mengamalkannya..
    terima kasih infonya..

  192. anis berkata

    makasih ya..

  193. Anonymous berkata

    Aslmlkm..
    Saia mao tnya..
    Klo biz solt trwehkn slt witir..
    Truz mlemny solt thjudt..truz slt witir..
    Nto gpp ..
    Ap gk usa pke slt witir ?
    Mksh..

  194. ali berkata

    assalamualaikum wr wb..
    saya mau tanya nih,klw ngak salah nabi muhammad biasa y mengerjakan shalat tahajud ya dengan 10 rakaat 2 rakaat 1 kali salam ) dan witir 1 rakaat.yg mw sy tanyakan “apakah tiap 2 rakaat 1 kali salam saya hrus membaca niat kembali ntuk melnjutkan atw langsung smbung sj”?trmksh.wss

  195. anna berkata

    ,,saya mau tanya ni
    ,,tp pertanyaanku agak sedikit menyimpang bukan tentang shalat tahajud
    ,,pertanyaan saya : bagaimana caranya belajar ikhlas (mengikhlaskan seseorang yang kita sayang kepada orang lain)

    • arif berkata

      masalah jodoh itu udah diatur dalam kitab lahul mahfuz semua udah tergaris dlam kitabnya…
      cara mengikhlaskannya…
      tanamkan hatimu dalam keridhoannya…
      dengan cara perbanyak ibadah padanya dengan kesungguhan…
      menangislah kalo kamu ingin menangis padaNYA…
      sesungguh keputusan allah itu yang terbaik bagi kita…
      karena allah lebih tahu dari hambanya…

      maksih atas kunjungnnya ya…

  196. Andi Rubiansyah berkata

    Assalamu’alaikum …

    Smoga ilmu yang disampaikan, menjadi amal shalih yang akan tetap mengalir …

  197. dedy berkata

    mksih atas informasinya mudah2an dgn informasinya membuat sy smakin dkat kpd Alllah…bisa dkirmkan lgunya Sholatun Bissalamil Mubin.mp3 enak baget di dengar..tanks yah….

  198. saya berkata

    assalamualaikum……
    saya mau tanya ,, apakah dalam shalat tahajud ada bacaan di antara 2 rakaat salam ke 2 rakaat salam seperti shalat tarawih ??
    kalau ada gimana bacaannya ??
    makasih atas jawabannya……
    wassalamualaikum……

  199. lina berkata

    mas … gimana sech cara kita berdoa dalam shalat tahajud …

    • Anonymous berkata

      Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati walardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal-haqqu wa liqaa’uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun, waass’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a’lantu antal muqaddimu wa antal mu’akhiru la ilaaha illa anta aula ilaaha gairuka wa laa haula quwwata illa billah.

      • Anonymous berkata

        kalo qta g apal gmn mas ???

        • diahrf@yahoo.com berkata

          mohon diartikan doa di atas mas, maklum saya tidak faham artinya, terimakasih

          • Anonymous berkata

            Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta beserta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahay langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engakaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar, dan surge adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan Nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan ynag terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”

  200. bunga berkata

    saya ingin lebih mendekatkan diri pada Allah ,..gimana caranya ya??

  201. hamba allah berkata

    aww mas arif…makasih ilmunya ya
    saya mau nanya in,..ad yg mengatakan bahwa cobaan terberat adalah cobaan dari anak/istri..kebetulan saya baru dapat cobaan dari salah satu it…dan saya hanya bisa pasrah kepada Allah, SWT..dng cara banyak berdzikir dan berdoa minta kepada Allah, saya jg melakukan dng shalat malam…biar hati bisa tentram……ap allah akan mengabulkan segala doa saya ya mas….kadang saya sampe ngk kuat dan sering menangis disaat saya berdoa….mohon saran dan bantu doakan saya mas arif

    • arif berkata

      walaiku salam
      ud’uni astajib lakum
      (mintalah kepadaKU makas pasti akan aku kabulkan)
      melihat firman allah diatas itu merupakan janji allah bagi kita..
      semua doa pasti pasti dan pasti akan terkabul asalkan kita berdoa dengan cara yang baik sesuai dengan sunnah rosul dan berdo dengan tujuan baik pula…

      makasih atas kunjungannya

      • hamba allah berkata

        selain cara yang sudah saya lakukan ad lagi tdk mas arif jalan yg lebih baik untuk menenangkan diri dan menjadikan doa cepat terkabulya,.karena masalah ini begitu amat berat saya menjalaninya, mohoh saran dan bantuan doanya

        • arif berkata

          maaf baru membalas komentar anda dikarenakan puasa kemaren aku sengaja untuk tidak online..

          saya doakan agar masalahnya anda cepat terselesaikan…

          ingatlah allah tidak akan menguji hambanya sesuai dengan kemampuannya…
          intinya sabar dan tawakal…

          makasih udah meramaikan blog ini…

  202. nanang kobel hsb berkata

    ass… ayat ayat yg di baca pa apa ja tu bg..

    • arif berkata

      hanya sekedar mengingatkan ass ( mungkin maksud dan niat mas nanang adalah ucapan salam yang disingkat)
      tapi alangkah baiknya jika dilengkapai
      ass dalam bhs inggris itu pantat mungkin mas nanang (maaf) tidak tahu…

      mengenai bacaan surat dalam sholat tahajjud bisa menggunakan surat surat pendek…
      misalkan: rokaat pertama surat al kafirun
      rokaat kedua surat al ikhlas

      makasih atas kunjungannya…

      • khaniesa tuzahrah berkata

        abang maksih ya atas ilmu yang abang kasih ini.
        semoga abang mendapatkan balesan’a dari allah swt.
        amin..

        ilmu ini sangat berguna and bermanfaat bagi saya.

        makasih.

  203. ahmad syarif hidayat berkata

    bagus banget ilmunya,,,,
    terimakasih ya!

  204. anna berkata

    Asalamualaikum
    klo miisalnya kita mau melaksanakan sholat tahajud dan sholat hajat mana yng lbh dlu ? dan bagaiman cara melaksanaknnya ? misalnya sholat hajat dl trz dilanjutkan shalat tahajud setelah itu baru sholat witir atau bagaimana ? Mohon penjelasannya . terimakasih

    • arif berkata

      walaikumsalam..
      klo sholat hajat dilanjutkan dengan sholat tahajjud dan ditutup dengan witir tidak apa apa..
      makasih atas kunjungannya..

  205. Lira berkata

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas ilmu yang d berikan. Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya ajukan :
    1. Doa sholat Tahajud sebaiknya d baca waktu kapan ?
    2. Apakah d perbolehkan bila berdoanya sambil melihat buku karena belum hapal bacaan doa sholat Tahajud ?
    3. Apakah doa yang d baca dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan arti dari bacaan sholat Tahajud ?
    Terima kasih banyak atas bantuan dan informasinya.
    Waassalamualaikum Wr. Wb.

    • arif berkata

      walaikumsalam..
      1 hadist riwayat bukhari muslim “keputusan allah maha suci dan maha luhur setiap malam turun ke langit dunia ketika tinggal sepertiga malam yang akhir, lalu mengatakan baranf siapa yang berdoa kepadaku maka akan aku kabulkan, barang siapa yang meminta pasti akan aku beri dan barang siapa yang memohon ampunan maka aku ampuni”
      2 Boleh klo tidak hafal..
      3 doa sholat tahajuud dalam artikel diatas adalah contoh doa rosulullah jadi sunnah rosul tapi jika diselipkan dgn doa sesuai dengan dgn apa yang dipinta kita… tidak apa apa..

      • Lira berkata

        Assalamualaikum Wr. Wb.
        Terima kasih atas jawaban`y. Boleh kan jika saya bertanya lagi???Maaf y bila t”lalu banyak b”tanya.
        1. Bacaan doa Sholat Tahajud sebaiknya d baca setelah setiap kali selesai 2 rakaat salam atau setelah selesai 8 rakaat (sebelum Sholat Witir)?
        2. Ada Teman saya bilang “kalo mo ngerjain Sholat Tahajud harus mandi dulu” apakah hal tersebut benar?karena Sholat Tahajud kan lebih baik d kerjakan pada saat 1/3 malam jika harus mandi dulu saya takut masuk angin.
        3. Apakah ada bacaan doa agar d bukakan hati&pikiran supaya d beri hidayah(doa ini untuk orang lain)?
        Terima kasih banyak bantuan ilmu`y.
        Waassalamualaikum Wr. Wb.

        • arif berkata

          walaikum salam wr wb

          1 sebaiknya dibaca setelah sholat tahajud sebelum witir
          2 kalo harus berarti wajib mandi semestinya dianjurkan mandi mungkin itu yang dimaksud, andaikan tidak mandi lalu sholat tahajud tidak apa apa..
          3 berdoalah seperti bahasamu sesungguhnya allah maha tahu..

          makasih atas kunjungannya…

          • Lira berkata

            Assalamualaikum Wr. Wb.
            Sebelumnya saya minta maaf jika terlalu banyak bertanya. Ada hal yang masih belum saya tahu, jika d izinkan saya ingin tanyakan hal tersebut.
            Jika Sholat Witir sudah d laksanakan pada saat setelah Sholat Tarawih, apakah Sholat witir tetap d kerjakan lagi setelah Sholat Tahajud ?
            Terima kasih banyak atas ilmu`y dan maaf jika saya terlalu banyak bertanya.
            Waassalamualaikum Wr. Wb.

            • arif berkata

              walaikumsalam….

              Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (Hr. Ahmad: 15704, Abu Daud: 1227, Nasa’i: 1661, dan Tirmidzi: 432; dinilai shahih oeh Ibnu Hibban)

              Ali bin Abu Tholib, Usamah, Umar bin al-Khottab, Usman bin Affan, Ibn Umar, Ibn Abbas, dan Ibn Mas’ud, serta beberapa ulama seperti Imam Ishaq berpendapat, orang tersebut hendaknya memulai sholat malamnya dengan satu rakaat guna menggenapkan shalat witir yang telah dilaksanakannya pada awal malam. Kemudian ia sholat malam dua rakaat dua rakaat dan menutupnya dengan witir. Pendapat ini berpegang pada sabda Rasulullah SAW “jadikanlah sholat witir sebagai penutup sholat malam kalian”.

              Ibn Abbas pernah berkata, Jika seseorang telah melaksanakan sholat witir pada awal malamnya, kemudian ia hendak melaksanakan sholat (tahajud) maka hendaknya ia genapkan witirnya (dengan memulai sholatnya satu rakaat). Kemudian ia melaksanakan sholat sunnah sebanyak yang ia kehendaki, untuk kemudian menutupnya dengan witir (Tuhfah al-Ahwadzy II/469). Ibn Umar juga melaksanakan hal sama.

  206. rinia susanti berkata

    assalamu’alaikum,
    apakah niat shalat tahajud dibaca hanya di awal saja,atau tiap2 2 rakaat, kalau di awal saja bagaimana bacaan niatnya, terimakasih

    wassalam,

    • arif berkata

      untuk bacaan niatnya kan udah ada di artikelnya..
      setiap mengawali sholat tahajud diawali dengan niat…
      makasih atas kunjungannya..

  207. Anonymous berkata

    Assalamu alaikum

    saya pernah di zalimi ma seseorang dan itu membuat saya sangat sakit hati sekali, tapi saya tetap saja berusaha baik sama orang tersebut, tapi tidak sesuai dengan kata hati saya…. apakah saya dosa kalau saya sholat tahajjud dan mendoakan orang tersebut biar mendapat balasan yang lebih buruk???

    mohon penjelasannya.
    Makasih..

    Wassalam

    • arif berkata

      walaikum salam…

      Barangsiapa mendo’akan keburukan terhadap orang yang menzaliminya maka dia telah memperoleh kemenangan. (HR. Tirmidzi dan Asysyihaab)

      Ambillah kesempatan berdo’a ketika hati sedang lemah-lembut karena itu adalah rahmat. (HR.Ad-Dailami)

      makasih ats Kunjungannya….

      • diahrf@yahoo.com berkata

        saya mengalami hal serupa dg saudara di atas, yaitu di dzalimi, dg pengertian, ditawarkan ber ta’aruf dan menggagalkan pernikahan dg sepihak. Mendoakannya dg meminta keadilan kepada Alloh karena Alloh maha adil, hakin seadil-adilnya hakim, saya inginkan keadailan atas rasa skit saya, apa boleh saya memohon Alloh membalas sakit hati saya?

  208. anna berkata

    assalamualaikum…
    setelah melaksanakn sholat tahajud jka kita berdoa mmohon sesuatu kepadaNYA…
    apa doa kita akan dikabulkan sesuai dengan ap yag kita harapkn ?
    tp seandainya tidak seperti ap yg kita harapkan , Tuhan mempunyai rencana yg lebih indah kah buat hambanya ? terimakasih

    • arif berkata

      walaikumsalam….
      doa merupakan wujud ketidakmampuan manusia kepada tuhannya…
      doa merupakan wujud ketergantungan pada ilahi robbi..
      Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Murah hati. Allah malu bila ada hambaNya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa. (HR. Al Hakim)
      jika doa tidak terkabul mungkin itu jalan terbaik untuk kita…
      Sungguh allah maha pengatur yang sempurna…
      Tiada seorang berdo’a kepada Allah dengan suatu do’a, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani…

      Ukhti jangan kuatir apa yang dijanjikan allah swt…
      Karena allah menyukai hambanya yang selalu meminta pertolongannya…
      Pasti allah mempunyai rencana yang lebih indah
      ^_^

      • anna berkata

        terimakasih atas balasanya
        sekarang saya bisa lebih tenang dan semakin kuat saya untuk terus berdoa dan memohon pertolongan supaya apa yg saya pinta doanya terkabul…aminn

        saya juga mohon doanya supaya Allah benar-benar mengabulkan doa saya saat ini…

        aminnn yarobalalamin …

  209. zainuddin berkata

    saya ingin tanya tentang bacaan shalat tahajjud,apakah sama dengan yang lain nya…

    • arif berkata

      sama seperti sholat lainnya mengenai bacaan surat bisa menggunakan surat surat pendek…
      trima kasih udah berkunjung :)

  210. dini berkata

    maz aku mau tanya niii ,,,
    klo yg pke witir itu gmana?

  211. ixEL berkata

    Makasih Mass ..
    Tentang tata cara soLat tahajud_y ..

  212. edo berkata

    makasih atas info nya mas,,, saya jadi lebih tau tentang sholat tahajud,,, semoga bermanfaat bagi saya dan orang lain amien,,

  213. ana berkata

    saya mau tanya untuk bacaan surat -suraty dalam solat tahajud apa aja ya? Mohon bimbingany ya. makasih.

    • arif berkata

      makasih udah berkunjung di blog ini mudah2an ada sedikit manfaatnya…

      untuk bacaan surat dalam sholat tahajud yaitu surat surat pendek..

      untuk rokaat pertama bisa mengunakan surat al kafirun
      untuk rokaat kedua bisa mengunakan surat al ikhlas

  214. kintan prastika berkata

    mksh bnget ats artikelnya saya sangat terbantu… semoga allah selalu menyertai dan semoga allah selalu memberikan yang terbaik buat mas…..

  215. welli berkata

    makasi, saya jd tau arti solat tahajud…mudah2an malam ni saya bisa menunaikan solat tahajud amien…

  216. Randy berkata

    Subhanallah….
    Terima kasih banyak atas info yg anda tulis,semoga bermanfaat buat semua orang dan terutama buat saya…amin.

    saya minta izin copy tulisan anda

    semoga amal ibadah qt d terima Allah SWT n qt slalu dlm perlindungan-Nya..amin

    sukses

  217. vita berkata

    Assalammulaikum wrb
    makasih ya atas tulisannya, semoga Allah memberkati dengan pahla atas tulisan yang bemamfaat ini

    • arif berkata

      Walaikumsalam wr wb

      amin ya allah…. :)

      makasih atas kunjungan dan doanya..
      mudah2an bermanfaat bagi kita semua…

  218. agung santosa berkata

    Terima kasih infonya…,sangat bagus sekali dan semuga bermanfaat.

  219. halida berkata

    terimakasih,,,,,
    insyaallah dpt xm semua laksanakan,,,
    amieeeeeeeeeeeen,,,,,,,,

  220. halida berkata

    ass,,,,
    wr,,,,wb,,,,

  221. asgun berkata

    terimakasih…. atas bimbingannya….

  222. Arie pw berkata

    Terimasih ya mas, sangat bermanfaat :)

  223. nanda berkata

    ass wr wb………………makash ea………….

  224. angga berkata

    ass……………… angga…saya mwu bertanya apakah pda saat sholat tahajud di wajib kan membaca ayat pendek.pada rakaat pertama ataw kedua….ataw memang..hanya sekali saja..pada saat rakaat pertama…trim’s mohon agar d balas

  225. tian berkata

    Aslm,

    trims y mas wat info’y :).
    Mas xlo sy blh brtny, apkh slh jka stlh shalat tahajjud membca doa dlm bhsa Indonesia?
    Jwbn’y sy tnggu y mas,

    wslm. . .

  226. liza berkata

    sy shalat tahajud 8 rakaat….tapi 4 rakaat baru salam dan 4 rakaat salam….apa boleh?atau harus dua rakaat salam….dua rakaat salam?makasih….

  227. tanpa nama berkata

    mau tanya, apabila tertidurnya sebelum melaksanakan isya, apa boleh ketika terbangun saya isya dulu lalu tahajud?
    apa tidurnya harus setelah isya?
    mohon balasannya… tks

    • arif berkata

      jika tidurnya bukan di sengaja..
      gpp mas…
      karena sholat itu mengajarkan kita disiplin..
      makasi udah berkunjung

  228. eko berkata

    doakan saya supaya bisa melaksanakan…

  229. fauzan vikers berkata

    terimakasih alhamdulillah

  230. iyuz berkata

    makasih bgt !
    ini sangat berarti !

  231. [...] Tata Cara Sholat Tahajjud Tata Cara Sholat Tahajjud [...]

  232. ega berkata

    assalamu”alaikum pak ustad
    trimaksh sekali untk infrmasi tentang shlt tahajtnya?tp untuk sholatnya apa hanya 2 raka”at aja
    wasalami”alaikum

    • arif berkata

      walaikum salam..
      saya ukan guru ngaji jadi ga pantas dipangil ustadz…:)
      naksimum sholat tahajuud itu 12 rokaat…
      klo 2 rokaat gimana?
      tidak apa apa…

  233. hanafi berkata

    assalamu’alaikum.terimakasih atas informasinya,aku cuma mau tanya, apakah doanya setiap gerakan sama dengan sholat fardhu.terima kasih.

  234. Anonymous berkata

    makasih infonya berguna banget,,..mau tanya biar gak takut kalo mau sholat malam gimana ya soalnya kan sepi tuh aku juga orangnya penakut soalnya katanya kalo sholat tahajud pertama kali pasti ada yang ganggu entah ada bayangan atau apa lah,bener gak sih,,..o ya boleh nanya lagi ga’ cara biar doa dikabulin gimana ya,,..

    • arif berkata

      tidak perlu takut kpd siapapun…
      kecuali allah saja ya…
      kamu takut karena prasangka kamu saja…
      ingatlah prasangka allah itu sesuai dengan prasangka manusia…

  235. nurcahyo berkata

    mkasih informasinya,moga2 saya dapat melaksanakannya.amin

  236. rytha berkata

    saya bisa minta dkrimn doa shlt thjd yang lainya tidak?

  237. rida berkata

    subhanallah…

  238. Anonymous berkata

    Assalmu’alaikum,
    Apakah dalam salat tahajud Surah Al Fatihah dan Surah2 yang lain boleh dibaca dengan suara nyaring(keras) baik berjamaah maupun munfarid?

  239. NANA berkata

    SETAHU SAYA NIAT SHOLAT TIDAK ADA USHOALLII……KARENA ALLAH SWT PASTI MENGETAHUI APA YANG KITA KERJAKAN SAMPAI SEDETIL-DETILNYA. TERIMA KASIH.( MOHON PENJELASANNYA )

    • arif berkata

      ada ulama yang mengatakan seperti itu tapi ada ulama yang memperbolehkan…
      silahkan mbak nana ikut yang mana…
      yang jelas jelas saya hormati..
      makasih udah berkunjung…

  240. Anonymous berkata

    SETAHU SAYA NIAT SHOLAT TIDAK ADA USHOALLII……KARENA ALLAH SWT PASTI MENGETAHUI APA YANG KITA KERJAKAN SAMPAI SEDETIL-DETILNYA. TERIMA KASIH.( MOHON PENJELASANNYA )

    • arif berkata

      niat itu inti dari setiap pekerjaan sebagai mana sabda nabi..
      segala perbuatan itu tergantung dari niat. dan setiap prkara tergantung pada apa yang dinaiatkan( shahih bukhari)
      nabi muhammad saw pernah melafalkan niat..
      misalkan dalam ibdah haji..
      dari sahabat anas Ra berkata, saya mendengar rosulullah saw mengucapkan, labaikka aku sengaja mengerjakan umrah dan haji
      (shahih muslim 2168)

  241. wulan berkata

    assalamualaikum …..
    terima kasih sebelummnya atas info2 yang sudah di bikin benar2 bermanfaat buat orang2 yang membacanya

    saya ada beberapa pertanyaan yang masih bingung semisalkan kita sholat tahajut 4 rokaat apakah pada waktu raokaat ke 2 di tutup dengan salam dulu baru di lanjutkan lg 2 rokaat atau setelah rokat ke dua langsung berdiri dan lanjutt sampe rokaat ke 4 baru di tutup salam
    terima kasih banya atas infonya ^^ semoga allah memberkatin kita semua.

    • arif berkata

      walaikum salam
      setelah rokaat ke 2 ditutup dengan salam lalu dilanjutkan sholat 2 rokaat lalu ditutup dengan salam lagi…

      makasih udah berkunjung

  242. Borneo berkata

    Smga ALLAH melindungi temen2 smua. Amin

  243. bisnis2qta berkata

    kalau kita shlat tahajud 4 rokaat, setelah 2 rokaat duduk dulu atau langsung berdiri?

  244. taufik berkata

    bagus………dengan adanya doa ini sangat berguna kepada mereka yg belum pernah membacanya aplagi bg mereka yg belum pernah melaksanakannya.semoga semakin banyak lagi orang yang mau mengerjakan sholat tahajud.karena dengan sholat tahajud kedekatan qt kepada sang khalik akan lebih mantap akan kebesaran-NYA.

  245. Wahyue berkata

    Assalamu’alaykum pak uztad yg dirahmati Alloh,&Semua Pembaca yg Dicintai Alloh ta’ala..,

    “afwan ya Ustadz,dalam tata cara sholat diatas,ada bacaan Niatnya,..dulu ana jg memakai,akan tetapi setelah tahu,bahwa NIAT ADA DALAM HATI,trus wahyue gk memakainya lagi,ALIAS NIAT YG IKHLAS dlm Hati,(tidak mengucapkan secara lisan…) sekali lg Afwan ya Ustadz,wahyu jg masih belajar,mohon Bimbinganya,.agr Semua Bs menjadi ilmu bermanfaat,.
    “Wallohu’alam bishawab” ..,

    “wassalamu’alaykum,wa rahmatullahi,wa barakaatuuh..

    • arif berkata

      walaikumsalam
      makasih atas sarannya akan tetapi pengucapan lisan merupakan bentuk kesungguh sunguhan yang kelak menjadi saksi di akherat

  246. rudiantho gultom berkata

    assalaamu alaikum , terima kasih buat para penulis insya allah tulisan anda memperjelas pengetahuan kami{saya}yang awam . insya allah kita semua tetap dalam naungan ridho allah swt.amin ya robbal alamin.

  247. djc berkata

    bagus sekali bacaan nya.. posting dan sebarkan informasi lainnya yang ada blog ini ke http://www.ceklagi.com/socialnews

  248. Rinto berkata

    Ass.Wr.Wb. Pak ustad saya memiliki keinginan untuk melangsungkan apa yang diwajibkan oleh Allah yakni menikah. Tetapi untuk menuju kearah sana, saya mengalami beberapa hambatan. Saya terlanjur mencintainya dan takut untuk kehilangannya. Dapatkah dengan tahajud ini meminta kepada Alloh agar dimudahkan. dilancarkan niat saya itu?Sekian terima kasih.Ass.WrWb

  249. faris berkata

    Terima kasih yah udah ngasi info yang benar” bermanfaat …… Amiiiinnn

  250. whe berkata

    ass….
    whe mu tanya pak,,, whe slalu sholat wajib,,,,tapi whe selalu lupa beberapa do’a dalam sholat…. pa sholat whe diterima????? cotohnya bacaan sujud di pakek ruku’….whe berkali2 membacanya tetep aja keliru,,,,pa godaan syetan ya pak????
    wass….

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      bisa dikatakan seperti itu…
      jika kita khuisuk insaallah tidak akan kelupaan…
      makasih udah berkunjung

  251. sahabuddin berkata

    Teima kasih pak ustadz atas info yang sangat penting ini…. semoga barkah.

  252. Cicak Culun berkata

    Assalamualaikum??…. alhamdulilah kebetulan saya seorg Mualaf yg sedang mencari panduan Sholat Tahajud dan alhamdulilah saya dapet di sini… makasih iia….. mohon izin buat ngecopy paste…. hehehehehe….

  253. kaila berkata

    assalamualaikum ustadh….
    saya mau nanya,apakah dalam satu waktu diperbolehkan melaksanakan dua shalat sunnah sekaligus? Misalkan sholah hajat dan shalat tahahud.

    Terimakasih atas jawabannya.
    wassalamualaikum…

  254. Inna berkata

    Asslmu alaikum..maw tanya lg ust. Apa shalat tahajjud bs dlakukan smbl mnunggu shalat subuh?(wktx bdkatan)

  255. Inna berkata

    Assalamu alaikum..
    Sy mw tanya ust..apa bs mlksnakn shalat istikharah stlh shalat tahajjud?
    Makasih

  256. Muharam berkata

    Setelah salat tahajjud zikir apa yg harus di lakukan?

  257. Rose berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Postingannya sip p.ustad. Ijin copy ya. Oiy,sy mw tanya,sholat witir kan sholat penutup. Berarti stelah sholat tahajud harus ditu2p dg witir ya? Trus minimal brapa raka’at ustd? 1 raka’at blh tdk? Makasih.
    Wassalamu’allaikum wr.wb

    • arif berkata

      walikumsalam..
      betul sekali karena begitu penting sholat witir karena termasuk sunnah muakad
      nabi bersabda…
      barang siapa yang senang mengerjkan sholat witir lima rokaat kerjakanlah, barangsiapa yang senang tiga rokaat kerjakanlahdan barangsiapa yang suka satu rokaat maka kerjakanlah ( HR. Abu dawud )

  258. wuwu berkata

    Assalamualaikum…

    Pa Ustad, saya mau tanya…
    Apa kita boleh berdzikir untuk orang lain…??
    Demi kebaikannya….

    Maaf saya sedikit melenceng dari tema tentang sholat tahajud….

    Terima kasih sebelumnya…

  259. reno berkata

    assalamualaikumm….

    ustad aq pgen tw bgt pa c ISLAM itu…?
    pa islam itu ajran yang hrus aq ikuti krn orang tua q agama islam….

    bls lwt email-q ja za ustad trimaksih….
    wassalamualaikum

  260. veronica berkata

    assalamualaikum pak..

    bisa tolong bantu aku buat tobat….bisa ga aku kirim email aja..cz ini pribadi bgt kesalahan besar yg udah aku buat..
    bls

  261. rizki berkata

    ass,,…
    apabila meminum minuman eras,, sholatnya tidak diterima selama 40 hari. jika minum tetapi tidak sampai mabuk apakah sholatnya juga tidak di terima selama 40 hari??

    • arif berkata

      walaikumsalam
      cuma sekedar memberitahukan bahwa pengucapan salam sebaiknya lengkap mungkin rizki bermaksud untuk salam yang disingkat tapi jika dilihat dari arti bhs inggris ass itu berarti pantat…

      Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan al maidah 90

      mengenai minuman sudah jelas bahwa rosulullah bersabda
      Setiap minuman yang memabukkan adalah khamar dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barang siapa minum khamar di dunia lalu ia mati dalam keadaan masih tetap meminumnya (kecanduan) dan tidak bertobat, maka ia tidak akan dapat meminumnya di akhirat (di surga). (Shahih Muslim No.3733)

      makasih atas kunjungannya

  262. nully berkata

    ass…
    saya mau tanya surat pendek apa saja yang dianjurkan untuk dibaca pada waktu sholat tahajjud????
    terima kasih….

  263. nully berkata

    ass…
    saya mau tnya surat pendek apa saja yang harus dibaca pada saat sholat tahajjud???
    terima kasih…

  264. rina mardiana berkata

    Ass…terima kasih banyak infonya. sangat berguna sekali,insyaallh akan saya amalkan, sekarang saya sedang berusaha untuk menjadi hamba Allah yang selalu diridhoi-Nya. Amin…..

  265. stami berkata

    Assalamu Alaikum…
    Ustad mo numpang nanya… saya sholat tahajudx cuma 2 rakaat saja, tidak 11 rakaat.. apa boleh.. btw terima kasih akan adanya artikel ini.. sangat membantu..

    • hendra berkata

      assalamu’alaikum Wr.Wb
      ustad, mo numpang nanya…….
      apakah boleh bila sholat tahajud tanpa di sertai dengan tidur terlebih dahulu…..
      karena saya kerjanya malam sampe pagi, jd gk bisa tidur….?
      terima kasih….
      wassalamu’alaikum Wr.Wb

      • arif berkata

        sholat tahajjud adalah sholat yang dilakukan setelah terbangun dari tidur dimalam hari…jadi mas hendra tidur sebentar dulu walaupun 1 menit saja…..

    • arif berkata

      boleh…
      makasih atas kunjungannya

  266. maliana berkata

    Assalamualaikum…
    Allhamdullilah bs ketemu ama blog ini,makasi pak ustadz..mudah2an dgn shalat tahajjud yg d ajarkan pak ustadz bs menyembuhkan anak saya,minta tolong doanya untuk semuanya,dan dimudahkan dlm pengerjaannya..amin

  267. nining nuraini berkata

    assalamu alaikum….saya sangat senang mambaca artikel ini semoga berguna bagi semuat umat muslim,saya mo tanya pak apakah benar melaksanakan sholat tajud harus tidur dulu,karna saya kalu tidur suka larut malem kadang abis sholat subuh baru tidur,mohon jawabanya karna ini sangat penting bagi saya makasih sebelumnya

    • arif berkata

      walaikumsalam
      bener mbak nining, walaupun hanya tidur semenitpun tidak apa apa…
      makasih atas kunjungannya…
      mudah2an bermanfaat…. amin

  268. liza berkata

    Ass terimaksih infonya mudah – mudahan bermanfaat buat kita semua AMIEN…..

  269. ivan berkata

    makasihh om ,,
    brarti slma ni aq sring salah
    klo solat mlm,,,
    mksh yy om

  270. Yudhi berkata

    Assalammualaikum, makasih banyak ya pak atas infonya, tp saya masih ada sedikit pertanyaan.
    untuk sholat tahajjud apakah bisa dilakukan secara berjamaah atau hanya seorang diri?
    Terima kasih.
    Wassalam.

  271. banuakasyah berkata

    alhamdulillah pak ini sangat bermanfaat bwt saya..
    saya mau nanya kalo stelah solat tahajud ga baca doanya krna gabisa
    jadi langsung dzikir dan sholawat sebisa saya aja yg dibaca itu gmana trim’s

    • arif berkata

      klo pun tidak bisa.. tidak apa apa…
      allah memberikan kemudahan pada hambanya untuk beribadah…
      pakai bahas indonesia dulu, mungkin kelak bapak bisa…insaallah karena terbiasa menjadi bisa.. belajar akan bisa pak….
      karena doa setelah tahajjud itu di sunnah…

  272. irya berkata

    subhanallah… ini benar2 bermanfaat bgi yg baca…

  273. gophel berkata

    om,,,emang kalo sholat dhuha n sholat tahajud harus di tu”p pake witir ya om…..

  274. PUJI SANTOSO berkata

    ASSALAMUALLAIKUM…
    TEMAN-TEMAN SAYA DULU ADALAH ORANG YG LUPA ALLAH..SAYA LUPA AKAN KEWAJIBAN SHOLAT BAGAIMANA CARA AGAR SHOLAT ITU TIDAK LUPA]
    /.TOLONG BANTUANNYA???

    • arif berkata

      walaikumsalam
      semua usaha apapun tergantung dari niat, jadi mantapkan niat mas puji…
      makasih atas kunjungannya…

  275. agung tri nugroho berkata

    makacih atas artikelnya,,,,good luck, , , n doa”n aq smua bear bisa kmbali k”jalan alloh…n doa”n bear cpat dpt pkerjaan…….makacih. . .

  276. hanum giventi berkata

    makacih atas artikelnya,,,,good luck, , , n doa”n aq smua bear bisa kmbali k”jalan alloh…n doa”n bear cpat dpt pkerjaan

  277. lewonk berkata

    makasih infonya sob

  278. M. AMIN JUNAIDI berkata

    spektakulerrrrrrrrrrrrrrr……………
    sungguh engkau termasuk orang-orang yang berjuang untuk agama Allah SWT.
    artikel ini sangat berarti untukku dan pastinya untuk semua yang butuh bimbingan untuk menambah ketakwaan iman.
    semoga Allah membalas dengan balasan syurga………….

  279. Anonymous berkata

    Mas aq pengen.tau tata cara sholat tahajud..

    • arif berkata

      Pada dasarnya, gerakan atau tata cara sholat tahajud pun tidak berbeda dengan sholat-sholat sunnah yang lain: berwudhu, niat melakukan sholat sunnah tahajud, kemudian melakukan gerakan sholat seperti biasa mulai dari takbir hingga salam. Biasanya selalu dilakukan dengan 2 rokaat-2 rokaat (setiap 2 rokaat salam). Pada rokaat pertama setelah takbir membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjjutkan dengan surah lainnya. Pada rokaat kedua pun sama, membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surah lainnya (yang kita hafal).

  280. Anonymous berkata

    Mas aq pengen.tau tata cara sholat witir..

  281. dhiyaa kasih berkata

    assalamu’alaikum… mana yang lebih baik shalat tahajud dengan 2 rakaat tapi dilakukannya tiap hari ataukah 11rakaat tapi dilakukannya tidak tiap malam bahkan jarang?? makasih..

    • Arif berkata

      Walaikumsalam

      Menurut saya sedikit asalkan istiqomah itu lebih baik dari pada 11 rokaat jarang dilakukan bukan berarti 11 rokaat itu tidak baik, semuanya baik asalkan dikerjakan sungguh sungguh..

      Terima kasih udah mampir

  282. Gatot berkata

    Terima kasih… Karena tata cara shalat tahajjud bisa aku peroleh disini. Semoga bisa menjadi rujukan bagi hamba hamba yang ingin memperoleh jawaban dari pertanyaan yang ingin diketahuinya.
    Waassalam

  283. Anonymous berkata

    sebenarnya dzikir-dzikir yg sering di baca pada sholat tahajjud apa aja sih dan berapa kali.

    • Arif berkata

      Subhanallah
      Alhamdulillah
      Allahu Akbar
      Laa ilahaillah
      istigfar
      sholawat

      Jumlah bacaan terserah dan semampunya….
      ada 33x 21x 11x atau lebih misalnya 100x

      Tanpa di hitung pun tidak apa apa
      Sesungguhnya Allah Maha Tahu

  284. bebby berkata

    you are so wonderful man that i ever know………….

  285. haris berkata

    terima kasih infonya..sangat bermanfaat sekali bagi saya..

  286. sifaldi berkata

    alhamdulillah…

  287. Anonymous berkata

    allah huakbar

  288. Emha Hidayat berkata

    Insya Allah bermanfaat bagi kita pelajaran ini.

  289. heny tresna ayu berkata

    ust.menyimpang sdikit nih. kalo sedekah itu lebih baik berupa uang atau makanan? lebih baik kebanyak orang (dengan nilai lebih sedikit), atau ke sedikit orang (dengan nilai lbh banyak)?
    Terima kasih

    • arif berkata

      Sedekah dengan makanan itu bagus….
      Sedekah dengan Uang juga bagus…

      Terkadang kebutuhan orang bukan pada makanan aja…mungkin orang tersebut ada tanggungan utang yang harus dibayar… tapi yang namanya sedekah itu bagus…tergantung dari yang mau bersedekah dan kondisi yang orang tersebut…

      Klo sedikit orang tapi banyak atau banyak orang tapi sedikit… lihat kondisi lingkungannya klo misalkan bayak yang kurang mampu ya…menurut saya sedikit tp banyak orang itu baik… perlu diketahui bahwa saudara terdekat yang kurang mampu itu didahulukan..anak yatim piatu yang berada di lingkungan mbak heny…

      makasih dah mampir di blog ini…
      mudah2an bermanfaat…amin

  290. suwadi berkata

    assalamualaikumm..
    tolong saya dikirimi via email doa sholat tahajjud yang huruf arab

    wassalamualaikum
    suwadi

    • arif berkata

      اَللَّھُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَیِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِیْھِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّھُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِیُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللَّھُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَیْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَیْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَیْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلَھِيْ لاَ إِلَھَ إِلاَّ أَنْتَ

      • Anonymous berkata

        Mas..itu di baca setelah selesai sholat tahajjud setiap 2 rakaat ya ?
        Mohon kirimkan artinya juga Mas…biar afdol..
        Wassalam,
        Cahyanto

      • zaenal mustofa berkata

        Assalamau’laikum wr. wb.
        Mas Arifin maaf saya tanya :
        Kalau sholat Qiamullail afdholnya dimana di rumah atau di masjid, terima kasih

        • arif berkata

          walaikumsalam…. wr… wb….

          untuk sholat fardu lebih afdol dimasjid dan untuk sholat sunnah lebih baik dikerjakan dirumah karena nabi pernah bersabda…

          Dari Zaid bin Tsabit r.a, bahwa Nabi SAW bersabda: “Shalatlah wahai manusia di rumah kalian, karena sesungguhnya shalat yang paling afdol adalah shalatnya seorang lelaki di rumahnya kecuali shalat fardu”. Muttafaq ’alaih.

  291. Nazaki berkata

    mohon izin, saya mau copas, makasih…

  292. muhamad al-hayati berkata

    …..klo bisa krimin do’a atau zkir supaya dihindarkan dari perbuatan maksiat, n tata cara nya n waktu zkir y….

    • arif berkata

      Rabbis sijni ahabbu ilayya mimma yad’unani ilaihi wa illa tasrif ‘anni kaidahunna asabu ilaihinna wa akum minal jahilina.

      Artinya: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu-daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

      mengenai waktu yang pas untuk bermunajad kepada allah swt adalah dimana banyak orang terlelap dari tidurnya….

      • irya berkata

        mas kalo kita baca dzikir ini untk suami agr di hindarkan dri prbuatan maksiat bisa,atw ada dzikir lain?

        • arif berkata

          sesuatu tergantung dengan niatnya…insallah bu irya… tujuan ibu baik dan sangat mulia…
          berdzikir adalah mengingat allah… dzikirlah dengan sifat pengasih dan penyayangnya…

  293. muhamad al-hayati berkata

    …saya pengen bgt bisa shalat thjud kaya dulu lagi,v skrang susah bgt,dah dniatin juga trs dah pke alarm biar bgn v ttp msh mls jg…gmn cranya,coz sy ngrsa skrang lbh dkt m hal2 maksiat,,,,,,,khasiat utma shalt thjd p sh

  294. Wirta berkata

    Selama ini saya menjalankan sholat Tahajjud dengan cara yg sama persis dengan sholat Tarawih, yaitu 11 Rakaat, terdiri dari 2 X 4 Rakaat (tanpa Tasyahud awal) plus Witir 3 Rakaat (tanpa Tasyahud awal). Apakah cara ini benar kiranya?

  295. Radika Ardianto berkata

    Subhanallah… Terimakasih banyak atas tuntunannya. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amin…

  296. Infonx lengkp dan memuaskan

    • arif berkata

      makasih mas/mbak mudah2an bermanfaat…amin

      • lisda femilia berkata

        assalamualaikum wr. wb
        terima kasih pak , ini sangat membantu saya, saya masih duduk di bangku smp, dan ini pertama kalinya saya shalat tahajud. semoga saya bisa melaksanakan shalat tahajud dengan rajin. pak saya mau tanya kalau setelah shalat tahajud kan membaca doa shalat tahajud , tapi pak saya belum hafal. jadi apa boleh saya membacanya karena saya belum hafal ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: