JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Hindarilah Sifat Sombong

Posted by arif pada 10 Januari 2011

Bissmillahi rohmanir rohiim

Sombong adalah sifat takabur. Islam membenci sekali sifat sombong ini karena termasuk penyakit hati yang susah dihilangkan…

akibat sifat sombong,  iblis di laknat Allah SWT meninggalkan syurga…

akibat sifat sombong,  rezeki menjauh dari genggaman kita…

Sifat sombong itu menyangkut dari tingkah laku dan sifat, dimana tingkah laku dan sifat  itu sendiri kemudian menimbulkan perasaan bahwa dirinya yang  paling hebat dari pada yang lainnya…

Orang sombong selalu saja meremehkann orang lain dan sebagai akibat paling buruk sifat sombong itu bisa membuat kekufuran, kenapa bisa kufur mungkin itu pertanyaan kita karena dengan kesombongan itu dia merasa kenikmatan dan jerih payahnya itu didapat dari usaha kita sendiri, tentu ini pemikiran yang salah, ingatlah Allah yang mengatur semua ini.

Allah SWT berfirman dalam AL Quran

Sesungguhnya kami telah menciptakan kamu (adam) lalu kami bentuk tubuhmu, kemudian kami katakan kepada para malaikat “bersujudlah kamu pada adam” maka mereka pun bersujud kecuali iblis yang tidak termasuk bersujud (QS. al  A’raf 11)

Allah bertanya pada iblis ” apa yang membuat engkau tidak bersujud kepada adam?”

iblis menjawab ” aku lebih mulia dari adam. engkau ciptakan aku dari api sedangkan adam dari tanah, ” jawab iblis

lihatlah kesombongan iblis di atas, jawaban dari pertanyaan Allah SWT yang membuat Allah murka dan mengutuk iblis selama lamanya keluar dari surga

 

CIRI CIRI ORANG SOMBONG

  • Suka akan pujian

Dari kata katanya dia merasa dirinya orang yang paling hebat sehingga timbul sifat  ke Aku-annya dan merasa tanpa ada dia semua tidak akan bisa, tanpa jasa dia di pasti begini dan begini, dan sifat gila akan kehormatan selalu menjadi orang terhormat di mata teman temannya, astaugfirullah nudzubillah sering kali kita tergelincir pada kesombongan tersebut

  • Selalu menonjolkan diri

Dalam setiap pembicaraan selalu membawa harta sebagai topik utamanya atau jabatan serta ilmunya untuk merendahkan orang lain.

  • Egois dan memaksakan kehendak dirinya

Sifat percaya diri yang berlebihan dikarenakan ia merasa yakin sebagai orang yang paling hebat dan orang lain tidak berarti baginya, misalkan  jika didalam musyawarah ia berpendapat dan pendapatnya ditolak maka timbullah sifat sakit hati dan dengki.

  • Merasa takut diremehkan

Jika ada orang yang meremehkan dirinya ia menjadi sangat tersinggung. hatinya benci dan dendam.

  • Sukar sekali diberi nasehat dan merasa benar

Jika di kasih kebenaran dan nasehat  dia sering menyanggah, menggubris dan berusaha mempertahankankan pendapatnya sehingga timbul pembenaran untuk dirinya.

Ingatlah, orang baik itu sebenarnya bukan atas pandangan dan penilaian manusia karena penilaian manusia itu hanya bersifat sementara dan bersifat duniawi jangan mengira jika kita pandai mulia disisi Allah, jangan merasa puas apa yang kita lakukan sesunggunya orang baik itu ditentukan oleh iman dan akhlak.

Sesunggunhyan orang yang tawadhu dihatinya dalam setiap pergaulannya dia tahu diri dimana dia berada, pantaskah dia berada disana, dan bersama siapa dia bergaul.

Menurut ulama salaf untuk menghilangkan kesombongan itu sendiri seharusnya dengan riyadah (latihan sungguh sungguh) agar tidak terbiasa dengan kesombongan tsb.

  • Suka memalingkan muka

Allah berfirman

Dan janganlah kamu memalingkan muka dari manusia (karena kesombongan) dan jangan kamu berjalan dimuka bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang angkuh dan membanggakan diri (QS. Lukman 18)

Rosulullah Bersabda

“Allah tidak melihat dengan pandangan rahmat terhadap orang yang menurunkan kain lebih dari mata kaki karena sombong”

“Ada tiga golongan manusia yang akan masuk neraka yaitu pengusa yang dzolim, orang yang kaya enggan membayar zakat dan orang miskin yang sombong”

“Tidak ada masuk syurga orang yang didalam hatinya terdapat kesombongan walau seberat biji sahwi”



AKIBAT DARI SIFAT SOMBONG

  • Dijauhi oleh teman teman yang selama ini mengenalnya akibat kesombongannya tersebut.
  • Menyuburkan orang tersebut untuk melakukan perbuatan yang merendahkan (mengejek) orang lain.
  • Kesombongan juga menghapus hak orang lain sebab orang yang sombong cendrung berbuat sewenang wenang.
  • Kesombongan menghambatnya Rezeki dari Allah Swt.

Rosulullah orang yang paling tawadhu saja sering sekali berdoa ” Aku berlindung kepadaMU dari datangnya kesombongan yang tiba tiba”


Nabi bersabda

Sesunggunya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersifat tawadhu (merendahkan diri) hinga salah satu sesorang tidak melanggar hak seorang lainnya dan salah seorang dari kalian tidak akan menyombongkan diri terhadap orang lain” ( HR. abu dawud)

Mudah Mudahan artikel ini bermanfaat sebagai Muhasabah diri sendiri termasuk saya pribadi agar kita sebagai muslim bersikap rendah hati (tawadhu) kepada siapapun dengan tidak membangakan sesuatu baik itu dari segi dunia (harta), ilmu serta ibadah kita. Ingatlah penilaian manusia hanya bersifat sementara. Sungguh Allah Maha mengetahui dibalik hati kita semua..

Wa’allahu A’lam Bi-showab

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Tunjukilah kami jalan yang lurus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: