JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Begitu dekatnya Alloh SWT pada kita

Posted by arif pada 25 Desember 2010

Bismillahi Rohmaanir Rohiim

Apakah setiap doa akan dikabulkan oleh Allah? Pertanyaan tersebut akan terjawab bila seseorang telah memahami apa yang disebut hakikat doa. Maka, jangan berhenti dari kesungguhan doa, juga jangan berpaling dari-Nya hanya karena Allah tidak segera mengabulkan. Pun jangan menghardik apalagi protes. Karena firman-Nya menyatakan: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (Al Mu’min: 60)

Oleh karena itu yakin dan husnuzhon (sangka baik) lah kepada Allah, bahwa Dia tidak mungkin mengingkari janji-Nya. Kemudian amati dan patuhi dengan seksama segala petunjuk-Nya, terutama syarat-masyrut adab berdoa. Kemudian, renungkan firman Allah berikut: “Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al Baqarah: 186)

Sesungguhnya Allah itu dekat dengan setiap hamba-Nya. Bahkan kedekatan-Nya diurai dalam firman-Nya: “Kami (Allah) lebih dekat kepadanya dari urat nadi.” (Qaaf: 16). Maka jangan pernah mengatakan: “Allah tidak mengabulkan doa kami.”

Yang kerap masih menjadi masalah adalah pemahaman tentang Allah dekat dengan hamba-hambaNya, dan Allah juga mengabulkan setiap pinta dan doa. Maka untuk memahami hal itu perlu ada kajian ilmu tauhid yang dapat memberikan pengetahuan tentang Allah dan keberadaan-Nya.

Setiap doa yang dikabulkan harus dipahami sebagai janji-Nya, yang dipenuhi sesuai dengan kehendak-Nya. Karena ada kalanya sebuah doa dikabulkan di dunia, dan ada pula di akhirat. Bila yang dimohon adalah sesuatu yang sesuai dengan kehendak Allah, maka akan diberikan segera. Tetapi bila permohonannya tidak sesuai dengan kehendak-Nya, maka sebagai gantinya Allah akan memberikan sesuatu yang sesuai dengan kehedakNya. Yang pasti, Allah tidak pernah mengingkari janji-janjiNya.

Ketika Allah memperkenankan sebuah permohonan, tentu Ia memperkenankan sesuai dengan yang Dia anggap tepat buat hambaNya. Bukan karena sesuai dengan nafsu hamba. Dan setiap gejolak jiwa yang dirasakan seorang hamba, adalah rahmat. Karena terkadang seseorang benci terhadap sesuatu yang tak seirama dengan nafsunya, padahal hal itu baik untuknya. Begitu pula sebaliknya. Terkadang seseorang mencintai sesuatu yang belum tentu baik untuknya, atau bahkan jahat serta dapat merusak lahir batinnya.

Dalam Al Quran Allah menyatakan: “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(Al Baqarah: 216).

Maka itu, pasrahkan diri dalam pilihan-Nya, sesuai dengan kehendak-Nya. Agar meraih yang terbaik yang diridai Allah. “Tuhanmulah yang menjadikan segala yang dikehendaki-Nya dan Ia memilihnya sendiri, tiada hak bagi mereka untuk memilih (sesuatu apapun)”.

Wallahu a‘lam bish-shawab.

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
Tunjukilah kami jalan yang lurus

Love you All Cause of Allah
♥♥ ♥♥
(¯`v´¯)
`•.¸.•´
¸.•´… ¸.•´¨) ¸.•*¨)
(¸.•´ (¸.•´ .•´ ¸¸.•¨¯`•. ♥♥ Al faqir ♥♥

2 Tanggapan to “Begitu dekatnya Alloh SWT pada kita”

  1. sandi said

    saya sangat berterima kasih kpd penulis yang memberikan pencerahan hidup mudah-mudahan Allah Membalasnya

    • arif said

      amin ya robbal alami…
      terimakasih mas sandi atas kerawuhannya di blog yang sederhana ini….
      mudah mudahan menjadi sebab allah semakin dekat lagi dengan mas sandi…
      amin ya robbal alamin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: