JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Kunci permasalah

Posted by arif pada 16 Januari 2010

Kunci permasalah

Dalam menempuh hidup, pastiah kita banyak dihadapkan dengan suatu masalah, baik itu kecil maupun besar.

Pernahkan kita berpikir bagaimana masalah itu bisa datang?

Kalau kita gali dan teliti, sesungguhnya ujian dan cobaan itu di berasal dari allah, tujuannya untuk menguji sebatas mana ketakwaan kita pada allah swt

INGAT!!! ALLAH MENGUJI KITA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN KITA, ARTINYA : SEHARUSNYA KITA MAMPU MENYELESAIKANNYA

Teringat kata kata seseorang bernama HOCK AMBARA kata orang tukang aransemen lagu gituu..

Ingatlah jika engkau dihadapkan oleh suatu masalah KUNCINYA ADALAH

HATI, AKAL dan NAFSU (JANGAN DIRUBAH SUSUNANNYA)

H > A> N = 0 susunan yg menghasilkan kedamaian(KEIKHLASAN) klo dalam dunia matematika aggap aja ni ketetapan…hiks (inget msh sma)

H = hati

A = akal

N = nafsu

Pada hakekatnya manusia itu punya kelebihan dari mahluk allah lainnya.

APA SIH KELEBIHAN KITA?

1. kita pnya akal untuk berpikir

2. kita punya nafsu memenuhi hasrat hidup

3. kita punya hati yg selalu berkata jujur

Kenapa hati yang pertama mugkin itu yg menjadi pertanyaan anda?

mari kita gali…

contoh kecil aja ya….

seorang pemimpin perusahaan memarahi karyawannya padahal si karyawan tidak merasa melakukan kesalahan misalkan nih ya…

bagaimana sikap kita jika kita yg menjadi karyawannya..

klo melihat rumus diatas:

Hati>akal>nafsu = 0

Hati berkata : wah si bos mgkin lagi capek

Akal : klo aku membela diriku pasti tambah runyam

nafsu: biarin ajalah toh marahnya g trus trusan

hsilnya 0 (kedamaiaa dan keiklasan)

Kita rubah susunanya

hati: wah si bos lagi capek/marah – marah

nafsu: tapi aku juga capek, enak aja marah2

akal: berusaha untuk menaggapi kesalahan si bos

hasil= untuk km sp1

nafsu : bukan saya pak yg melakukan kesalahan

akal: buktinya apa pak klo saya melakukan kesalahan.

hati: ENAK AJA MARAH2 si hati berbisik “awas lho pulang gue santet”

hasilnya = mengasilkan suatu yg buruk

Akal= bukan saya pak yg mlakukan

hati = enak aja main tuduh….huft dasar bos stress

nafsu= apa yg dari hati dikeluarkan…Bapak nih gimana? sy juga capek

hsilnya= ‘pecat’ paling gak dapat sp2 akibat menggurui si bos

Berhubung dengan adanya pertanyaan hati yg seperti apa yg menjadi tolak ukur untuk menyelesaikan suatu masalah?

Disini saya mau mejelskan dulu arti dari sebuah Hati, arti hati berasal dari kata kalbu, dilihat dari bahasa arab berakar dari kata kerja yaitu qalaba yg artinya membolak balikkan yaitu kadang hati kita baik kdang juga hati kita buruk istilah gaulnya sih bad mood

Pernahkah kita, disaat hati kita bisa memberi dan menerima…??

Pernahkan kita, disaat hati kita tidak bisa memberi dan menerima..??

Hati yang berubah ubah ini didasari dari hadis nabi, kadang hati lamma malakiyah(bisikan malaikat) mengajak kebaikan atau keikhlsan dan lamma syaithaniyah(bisikan setan) dalam arti bisikan nafsu mengajak ke jurang kehancuran

Hati yang bagaimana yang menjadi tolak ukur untuk menyelesaikan masalah?

jawab : Hati yang mengajak kita menuju jalan kebaikan dan keikhlasan

bukan hati yang menjerumuskan kita kejurang kehancuran yg

terkontaminasi oleh hawa nafsu

Pertanyaan2

Bagaimana mensinkronasikan antara hati,akal,nafsu dalam kehidupan sehari hari?

Kalau boleh saya menggunkan rumus matematika untuk menjawab pertanyaan diatas,

A + B = 0

dimana

A = lamma malakiyah

B = lamma syaithaniyah

Untuk menjawab pertanyaan diatas, A (lamma malakiyahnya) harus lebih mendominsi kehidupan kita, lalu bagaimana caranya..

jika A yang kita cari maka jawabannya adalah

A = – B

jadi kita harus mengurangi B (lamma syaithaniyah)

caranya : dalam islam kita diajarkan berdzikir, sholat, puasa dimana tujuannya untuk mengurangi lamma syithaniyah

Demikian penjelasan dari saya, untuk menanggapi pertanyaan hati yng menjadi tolak ukur dalam menyelesaikan masalah

2 Tanggapan to “Kunci permasalah”

  1. Maulana Yusuf Bachtiar said

    Subhanalloh….
    Rumus H>A>N=0 cocok tuh buat ane…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: