JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Tata cara sholat hajat

Posted by arif pada 24 Agustus 2009

SHOLAT HAJAT

Shalat Hajat adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim ia memiliki hajat tertentu dan ia ingin hajat tersebut dikabulkan oleh AllahS WT. Shalat dilakukan minimal 2 raka’at dan maksimal 12 raka’at dengan salam setiap 2 rakaat. Shalat ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat (lihat pada shalat sunnat).

1. Niat shalat hajat:

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Doa Shalat Hajat

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ

لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.. Segala puji hanya bagi Allah swt atas limpahan nikmat-nikmat dan segala tambahannya. Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu sebanding dengan kemulyaan dan keagungan kekuasaannMu.

Lalu beristigfar

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

Lalu membaca sholawat nabi

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِا

أَسْأَلُكَ مُوْجِباَتِ رَحْمَتِكَ

لْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ

وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ

 

لاَ تَدَعْ لِيْ ذَنْباً إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمّاً إِلاَّ فَرَّجْتَهُ

وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضاً إِلاَّ قَضَيْتَهَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

3. Keutamaan Shalat Hajat

Sabda Rasulullah: “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad) Diriwayatkan dari Abu Sirah an-Nakh’iy, dia berkata, “Seorang laki-laki menempuh perjalanan dari Yaman. Di tengah perjalan keledainya mati, lalu dia mengambil wudhu kemudian shalat dua rakaat, setelah itu berdoa. Dia mengucapkan, “Ya Allah, sesungguhnya saya datang dari negeri yang sangat jauh guna berjuang di jalan-Mu dan mencari ridha-Mu. Saya bersaksi bahwasanya Engkau menghidupkan makhluk yang mati dan membangkitkan manusia dari kuburnya, janganlah Engkau jadikan saya berhutang budi terhadap seseorang pada hari ini. Pada hari ini saya memohon kepada Engkau supaya membangkitkan keledaiku yang telah mati ini.” Maka, keledai itu bangun seketika, lalu mengibaskan kedua telinganya.”(HR Baihaqi)

About these ads

136 Tanggapan to “Tata cara sholat hajat”

  1. Rizal berkata

    Tolong Mas …
    tulis kan semua bacaan sholat hajat beserta dzikirnya…:)
    tlong ea maz

  2. Selamet Hariadi berkata

    maaf bila boleh tau rujukannya mana ya?

  3. Anonymous berkata

    kalau saya ingin kembali dengan mantan pacar saya… apakah bisa dengan cara sholat hajat… tlg masukannya… mksh

  4. anggi regar berkata

    aku paham

  5. JUN berkata

    Doa disaat sujud setelah salam

    للَّهُمَّ صَلِّ عَلَ حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ dibaca 10x

    سُبْحَانَاللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَا اِلٰهَ اِلَّا اللهَ وَاللهُ اَكْبَرُ dibaca 10 x

    رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ dibaca 10 x

    lalu berdoa sesuai dengan hajatnya

    makasih atas kunjungannya semoga bermanfaat

    TOLONG DI LATIN KAN DUNK, AKU GAK BISA BACA TULISAN ARAB, MAKASIH

  6. Siti maemunah berkata

    Bgaimna crany jka hjatny mnginginkn jdoh orng yg sholeh sdngkan sya hnya seorang wnita biasa yg bdoh yg tak mngrti tntng agama,,,apakh sya hrus mlkukn shlt hjat/istikharah

    • رمضان berkata

      boleh-boleh saja melakukan sholat hajat untuk meminta jodoh lelaki sholeh.
      sebab sholat hajat ialah sholat sunnah yang dilakukan oleh orang muslim apabila dia mempunyai hajat atau kebutuhan baik itu masalah duniawi maupun ukhrowi.
      jadi sah-sah saja, apabila hajat jenengan ingin mendapatkan jodoh orang sholeh.

  7. anna nakamura berkata

    Assalamu alaikum wr.wb. mau tanya mana yg lbh dulu dilakukan, shalat tahajud dulu?atau hajat? Slma ini sy mulai dgn tahajud br hajat, mohon pencerahaanya. Trima kasih. Wassalamu alaikum

    • muhammad iqra berkata

      setau yang sy baca itu sudah di jelaskan sholat hajat itu bisa dilakukan kapan saja selain pada waktu yang dilarang yaitu seperti setelah sholat ashar dan setelah sholat subuh atau bisa dikatakan setelah akan terbenamnya matahari dan setelah akan munculnya matahari,,,,
      kesimpulannya sholat hajat itu bisa mendahului shlat tahajud bisa juga di dahului, asalkan bukan pada saat selesai sholat subuh, atau ashar.

  8. sholat hajat klo bacaan nya sesuai fardu ..
    cm niat nya aja yang bd gmn ya
    bsa ga sholat nya

  9. julizard berkata

    Assalamu alaikum

    Saya ingin sekali belajar untuk bisa melaksanakn sholat hajat..
    tetapi saya masih bingung dengan tata cara dan bacaan dalam sholat nya (bukan doa)
    Seperti yang banyak di share di blog² lain…
    • Niat sholat Hajat di dalam hati: Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala (“aku niat sholat sunah hajat karena Allah”). Lalu Takbiratul Ihram.
    • Membaca doa Iftitah, dilanjutkan dengan surat Al Fatihah kemudian membaca salah satu surat di dalam Al Quran.
    • Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali
    • I’tidal sambil membaca bacaannya
    • Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali
    • Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya
    • Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali
    • Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir, setelah selesai maka membaca salam dua kali. Jika dilaksakan sebanyak empat rakaat dengan satu salam maka setelah dua rakaat langsung berdiri tanpa memakai Tasyahhud awal, kemudian lanjutkan rakaat ketiga dan keempat, lalu Tasyhhud akhir setelah selesai membaca salam dua kali.
    • Setelah selesai sholat Hajat bacalah dzikir yang mudah dan berdoa sampaikan hajat yang kita inginkan kemudian mohon petunjuk kepada Allah

    • Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali : bacaan tasbih itu gimana yah mas??

    kalau tidak merepotkan saya minta tolong sangat supaya ada yang berkenan membuatkan “Tuntunan Sholat Sunnah hajat lengkap” dari bacaan nya semua nya…
    saya sudah seacrh.. tapi saya cuma bisa mendapat kan yang begini :(

  10. mia berkata

    doa surat pendek utk rakaat 1 dan 2 slt hajat apa ya?thx

  11. ruliyansa berkata

    saya laki2 22 thn mau nglaksanain shalat hajat tapi
    Mau bangun malam kok takut,,,,karna kata orang dikala kita shalat hajat ada penampakan gitu katanya…..apa betul ya

  12. ahmad berkata

    kalaw do’a d saat sujud sbelom salam gimana. ? Yg awalny baca rabbana 5x. .

  13. ahmad berkata

    mau tany kalaw doa yg dbaca pd saat sujud stlah shlat hjat gmana y. . ?

    • arif berkata

      Doa disaat sujud setelah salam

      للَّهُمَّ صَلِّ عَلَ حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ dibaca 10x

      سُبْحَانَاللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَا اِلٰهَ اِلَّا اللهَ وَاللهُ اَكْبَرُ dibaca 10 x

      رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ dibaca 10 x

      lalu berdoa sesuai dengan hajatnya

      makasih atas kunjungannya semoga bermanfaat

      • Nuur Indramaulana Ungu berkata

        Saya Pengen Menghafalnya Lafasx, tapi sayang sayang saya tidak bisa membacanya karna kecil sekali tulisannya dan tidak jelas tanda bacanya.

  14. Ros berkata

    Sebenarnya shalat tata cara shalat hajat berbeda beda.apakah doa dilakukan ketika sujud?

    • arif berkata

      للَّهُمَّ صَلِّ عَلَ حَبِيْبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ dibaca 10x

      سُبْحَانَاللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَا اِلٰهَ اِلَّا اللهَ وَاللهُ اَكْبَرُ dibaca 10 x

      رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ dibaca 10 x

      lalu berdoa sesuai dengan hajatnya

      makasih atas kunjungannya semoga bermanfaat

  15. intan berkata

    shalat hajat 4 rakat yang tidak memakai salam, maksudnya gimana? toloong jawab

    • arif berkata

      walaikumsalam..

      saya tidak paham dengan maksud intan coba dibaca lagi artikelnya.. ^_^

      • Anonymous berkata

        mungkin yg dmaksud ga pake tasyahud awal,jd sholat hajat 4 rokaat boleh 2rokaat slm 2rokaat saam ato boleh langsung 4 rokaat langsung slm,ga pake tasyahud awal ….:)

  16. Hadri berkata

    Makasih,.. infonya… tolong di halalkan ya…
    smoga d blas oleh Allah SWT.. setimpal.. Amin

  17. Agus tri berkata

    Alhamdulillah terima kasih infonya dan smoga Allah membalas kebaikan anda dan apa yang anda hajatkan dikabulkan Allah SWT,,, aamiin

  18. abu nasri berkata

    Terima kasih dgn adanya tulisan tuntunan ini smoga jadi manfaat

  19. irmala berkata

    subhanallah,,,, syukron…
    jazakallahu khoir,,,,,

  20. Vien berkata

    maaf mas sy ingin tanya, sy sebetulnya tdk ingin sholat karna hanya ada keinginan atau kesusahan, ters trg sholat sy bisa di bilang jarang, skrg sy sedang ada masalah, dan ingin memulai sholat, tp di sisi lain sy jg tidak mau bila sesudah masalah sy selesai sy lupa sholat lg, itu gmn mas? keinginan sy buat ttp sholat walaupun keinginan atau masalah sy selesai, tp kadang keinginan sama kenyataan suka berbeda, gmn kl nanti sesudah masalah at keinginan sy beres sy lupa sholat…. apakah sy harus tunggu sampai semua masalah sy selesai? jadi ya sy sholat bukan karna ada maksud apapun? maaf mas repotin, cmn baik nya bagai mana ya? terimakasih sebelumnnya. trs kl ga merepotkan bs tolong cara sholat hajat dan istikharah yg lengkap mas, karna sy masih pusing kpn untuk baca doa sholat hajat.. maklum pengetahuan sy minim mas

  21. Masyonow berkata

    Assalamualaikum… Niat solat hajatnya ada yang pake tulisan arabic gak akh? hehehe…

  22. Anonymous berkata

    asalam’mualaikum.sy telah melakukan solat hajat tp tidak pakai witir bagaimana.
    sy melakukan solat hajat untuk mantan sy.yg meninggalkan sy

  23. Anonymous berkata

    asalam’mualaikum wr wb.sy melakukan sholat hajat tidak pakai witir bagaimana?.
    sy solat hajat untuk mantan istri sy supaya ingat sama sy

  24. Khresno berkata

    Sholat hajat meminta sesuatu, tapi -menurut saya- kita juga perlu memahami dengan bijak isi doanya. Doa sesudah sholat hajat ini begitu indah. Penyerahan diri kepada Allah agar Allah memberikan sesuatu yg bermanfaat. Tidak mendapat sesuatu walau sudah menunaikan sholat hajat, hendaknya dipandang bahwa Alllah telah mengabulkan doa kita. Dia akan menggantikan permohonan kita dengan sesuatu yang lebih baik, atau menunda sampai saat yang tepat. Hanya Allah yg Maha Mengetahui. Mohon maaf bila ada salah.

  25. nola nafratylova berkata

    Asalamualaikaum warohmatulahhiwabarokatu

    Pak saya ingin betanya, saya seorang mahasiswi n saya mencintai lelaki dr agama lain! N sekarang kmi telah berpisah karna keluarga! Saya sangat sangat mencintainya,,, n setiap malam saya melakukan sholat hajat agar Allah mengembalikan n bisa meridhoi cinta ini!!! Yg saya ingin tanyakan apakah boleh sayah sholat hajat untuk meminta agar Allah meridhoi cinta kami??? Mohon di balas k email saya n terimakasih sebelumnya

  26. nola nafratylova berkata

    Asalamualaikaum warohmatulahhiwabarokatu

    Pak saya ingin betanya, saya seorang mahasiswi n saya mencintai lelaki dr agama lain! N sekarang kmi telah berpisah karna keluarga! Saya sangat sangat mencintainya,,, n setiap malam saya melakukan sholat hajat agar Allah mengembalikan n bisa meridhoi cinta ini!!! Yg saya ingin tanyakan apakah boleh sayah sholat hajat untuk meminta agar Allah meridhoi cinta kami???

  27. Fariz berkata

    assalamualaikum,,
    pak saya mau tanya mengenai lagu yang di web saat kita buka halaman ini..judul lagunya dan penyanyinya siapa ya? lagunya sangat menyentuh dan nikmat sekali..

    wassalam
    Fariz

  28. laily berkata

    Assalamu’alaikum….

    Saya ingin bertanya apakah Surat yg dibaca (Surat Al-Kaafirun) setelah Al Fatihah harus sebanyak 10x?

    thanks

    Wasslamu’alaikum….

  29. ayu berkata

    ass mu tanya, kalau qt pngen sklah jga mslah pcar di gampangkan oleh Allah dan juga di berikn smua yg terbaik mnurut-NYA untuk qt ,
    apa bisa terkbul dengn shlat hjat ini mski shlat jga wudhunya blum tentu bner ?

    mhon di bls lwat email . mksih :))

  30. Wati berkata

    terimakasih panduan shalatnya

  31. Celsi berkata

    shalat hajat itu emang 12 rakaat ya? soalnya slama ini saya tau nya 17 rakaat… atau itu maksudnya udah termasuk shalat witir? witirnya berapa rakaat? thx…

  32. tari berkata

    Askm..
    Mo tya, A’p shalat hajat untk mgembalikan kekash bisa Di kblkn. dia barusan py istri. tp cow q msh ada janji ma q.dia menkh krn terpaksa. dia dimintai tgugjwb kty dia mengmli cew itu. dia sendr tdk yakn itu anky. soaly istriy. Jandha brnk 1.kami sampai skrg msh slg mencintai. dia meminta q agr mgmbly dr istry.makasih mhn blsn lwt email mksh. Wslm

  33. mawar_belair berkata

    apakah sholat hajad bisa di lakukan untuk membuat kembali seorang mantan pacar?mungkinkah ALLOH mengabulkan permintaan kita?karna aku punya janji dengannya dan aku iklas untuk mnjadi istri keduanya karna sang mantan dah mempunyai istri.maaf terlalu banyak pertanyaannya.dan di tunggu jawabannya.mohon di blas ke alamat email saya.

  34. mawar_belair berkata

    apakah sholat

  35. yulia berkata

    assalam’mualaikum,mas apa dengan solat hajat klokita minta tuhan memberikan keturunan pada kita akan di kabulkan?

    • hansdibrata berkata

      yakinlah bahwa allah maha mengetahui atas segala sesuatu yang tidak kita ketahui, bersabarlah dan terus berdo’a…semoga do’a mu terkabul..amin,..!

  36. cipto berkata

    mas saya lagi ada masalah dengan orang tua cewe padahal aku pengin nglamar dia tapi malah ibunya ga setuju dan mau menjodohkan dia dengan orang lain sampai tertekan dan mutusin aku. pa dengan shlat hajat aku bisa memhon agar dibukakan hati ibunya gar ngasih doa restu ??? dan di mudahkan jodoh bersama cewe itu. makasih sebelumnya

  37. ismail yahya berkata

    alhamdulillah dengan shalat pasti untuk kedepan yg cerah akan di dapatkan.

  38. lestari berkata

    ass.kum
    akhi…..sya mau tanya???
    apakah shlat hajat itu bisa digunakan untuk memilih suatu pilihan yang baik
    seperti halnya sholat istikhoroh???????
    sukron katsiro
    wass.kum

  39. supri berkata

    assalamu’alaikum.
    saya mau nanya ….
    sholat hajat ntu yang baik dilakukan siang atau malam Y?

  40. supri berkata

    assalamualaiku. saya mau nanya klo sholat hajat untuk minta mantan pacar saya kembali sah gx ya? karna saya masih punya janji ke dia yang belum terpenuhi, karna klo saya gx balikan lagi janji saya itu gx bakal terwujud

    • Nia Chan berkata

      setahu saya, shalat hajat hanya diperbolehkan untuk hal2 yang sesuai syariat.. adapun terkait janji yang sudah diucapkan, tetap harus dipenuhi selama janji itu tidak menyalahi hukum Allah.. kl janji itu menyalahi, ada jalan untuk menggantinya.. tapi saya lupa,, search saja, insya Allah banyak artikel tentang ini.. Wallahu a’lam

  41. supri berkata

    assalamualaiku. saya mau nanya klo sholat hajat untuk minta mantan pacar saya kembali sah gx ya?

  42. fandi berkata

    pak saya msh bleum ngerti nih yang Shalat ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat.

  43. tuan pincukan berkata

    Assalammulaikum wr,wb

    mas aq mw tanya apakah perbedaan sholat hajat dan sholat tahajud…??
    karna aq pernah dengar-dengar kalo sholat hajat dilakukan pada malam hari tapi sebelum tidur sedangkan sholat tahajud dilakukan pada malam hari tapi minimal qt harus tdr dahulu dasn setelah bangun kita baru melakukan sholat tahadjud apakah yang pernah saya dengar itu benar atau tidak…??
    karena baru” ini aku jg tanya keorang laen jawabanya berbeda dari yang diatas apakah anda tau jawabanya yang benar kalau ada kalau hadist nya aku juga minta tolong dikasi tau …..

    makasi…..
    Waalaikum Salam wr,wb

  44. yudhi tsuhack berkata

    brow met knal yah, apa boleh aq ikut gabung nd join diwebsite km

  45. Aulia Putri berkata

    terimakasih banyak, sholat hajat bisa dilaksanakan kapan saja kan?
    boleh berbarengan dengan sholat istikharah atau taubat ?

  46. nurul wahidah berkata

    assalamualaikum.. awak..saya kurang jelas tentang cara solatnya.. tasbih “laila ha ila anta subha nakainni kuntuminazzolimin” di baca ketika dalam sujd terakhir atau dibaca ketika mau melakukan sujud yang terakhir???

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      maaf mas mas nurul saya kurang paham doa nabi yunus itu dibaca didalam sholat tasbih…
      maaf mas karena saya belum pernah dengar…

      makasih atas kunjungannya…

  47. nuri lestari berkata

    terima kasih, untuk bantuannya,,

  48. hendri berkata

    terima kasih bnyak mas….

  49. najkhan berkata

    apa ada surat surat tertentu yang dibaca dalam sholat hajat?trimakasih

    • arif berkata

      saya belum pernah dengar mas…
      menurut saya surat dalam alquran semua sama…
      baik itu surat pendek dan panjang…

      maaf atas minimnya ilmu saya mas…
      makasih atas kunjungannya…

  50. bahtiar berkata

    jazakaallah khairon katsiro

  51. terimakasih atas ilmunya semoga bermanfaat dan berguna bagi semua yg mampir di situs ini.semoga segala doa terkabul.amin

  52. wandy berkata

    wah saya terbantu mas makasih ya atas infonya..
    moga alloh swt membalas semua kebaikan mas

  53. aji berkata

    Assalamualaikum…

    Terimakasih sangat manfaat mas Arif.
    tp ada yg saran setelah salat hajat lalu shalat tahajud lalu baca yasiin 41x..?
    lalu ucapkan niat hajat / keinginan kita..
    gimana yah..?

    Wassalamu’alaikum…

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      jika saran itu tidak menyimpang dari syariat ya tidak apa apa…
      toh yang kamu baca alquran juga…
      siapa orang yang baca satu huruf alquran akan mendatangkan 10 kebaikan..

      • ari berkata

        Alhamdulillah kalau begitu…
        saya hanya takut itu menyimpang dari syariat mas..maklum minim pengetahuan.
        saya sering juga perpikir..bahkan setelah sholat apapun..ketika kemudian kita berdoa dgn sangat khusu dan mantap terhadap permohonan..ditandai jg dgn begtu trenyuh nya saat kita mengucap permohonan ampunan serta hal positif lain yg diinginkan itu…Allah akan mendengar dan mungkin saja mengabulkan walaupun tnp sholat hajat… tp apalagi kalau sholat hajat dilakukan akan lbh didengar..
        maaf kpd smua jika opini hati saya salah..
        trims mas Arif sering2 menengok blog nya..follower mas Arif banyak ko mas..
        Wassalam

  54. ABID berkata

    terimakasih atas infonya..

  55. febrian berkata

    terima kasih mas informasinya

  56. sucu berkata

    terimakasih……

  57. ayat berkata

    assalamualaikum..
    aku mau tanya.aku mncintai seorang cewe yang rajin beribadah.dia juga selalu mngajari aku
    tentang agama.aku dah jujur tentang perasaan aku.tpi dia menolak aku.
    apakah dengan aku melakukan sholat hajat,dia bisa mencintai aku.
    seperti yang aku harap kan.dan dosa kah jika aku melakukan nya.?
    wassalamualaikum..

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      mmm masalah cinta ya…
      engkau sebebnarnya bermaksud baik untuk mengkitbah ya…
      pasrahkan niatmu pada allah…
      kamu sudah berikhtiar kan?..
      jika keputusannya tidak seperti yang kita harapkan…
      insaallah itu adalah keputusan yang terbaik….

  58. prayitno berkata

    ass, om sholat hajat rekaat pertama wajib baca surat ayat kursi klu membaca surat yang lain seperti surat pendek giman om?,terus omm semisal lom hafal ayat kursi sholatnya sambil membaca gimana hukumnya om..makasih om

    • arif berkata

      walaikumsalam….
      sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti untuk bacaan surat hajad…
      jika tidak hafal…
      bisa menggunakan surat al kafirun dan al ikhlash..
      makasih atas kunjungannya…

  59. Anonymous berkata

    assalamualaikum..mas arif do’anya pake bahasa arab aja lebih enak dibacanya.tmksh

  60. denyzafa berkata

    Mas maaf ada yg keliru dgn artinya deh.. Birri itu artinya kebaikan bukan dosa, terus yg wassalaamata min kulli itsmin blm ada artinya.. :)

  61. Deny berkata

    Langsung aja mas, yg bener itu muujibaari atau muujibaati? Apa artinya sama yah? Thanks.

  62. Mbahcyber berkata

    Jk gk bc shlawat atw istipfar tp lgsg brdoa gmn mas?Dkabul gak ya ma Allah?

    • Anonymous berkata

      gn gan,tata caranya emg harus begitu,jika anda ingin dikabulkan oleh ALLAH maka hendaklah mengikuti tata caranya,insyaallah ALLAH akan mengabulkan permintaan anda,emg apa sih sshnya istgfar 100x n sholawat 100x

  63. Wandri berkata

    Ass. Ust,trmksh ya krn sya bsa mendptkan pnjelasan tentang sholat hajat dsini. Oy ust klu doa khusus untuk menghadapi tes cpns ad g’ya?klu ada tlg djelaskan ya! Trmks Wss.

    • arif berkata

      walaikumsalam…
      maaf saya bukan ustadz…
      panggil saja arif…

      Do’a Dimudahkan Segala Urusan

      Allaahumma innii as-aluka tamaaman ni’mati fil asy-yaa’I kullihaa wasy syukra laka ‘alayhaa hattaa tardhaa wa ba’dar ridhaa, wal khiyarata fii jamii’I maa yakuunu fiihil khiyaratu wa bijamii’I masyuuril umuuri kullihaa laa bima’suurihaa yaa kariimu…

      Artinya : Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu kesempurnaan ni’mat pada segala perkara dan mensyukuri-Mu atasnya, sehingga Engkau ridha dan sesudah ridha itu lalu aku mohonkan pula kepada-Mu untuk memilih segala apa yang boleh dipilih dan dengan segala kemudahannya, bukan yang sulit lagi sukar dikerjakannya. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia…

      maksih udah berkunjung

  64. muhammad tedi berkata

    mksh sngat bermanfaat. smg Allah mengabulkan niat kita

    • muhammad tedi berkata

      mas, bgmn menyelasikan menyelesaikan masalah dengan isteri yang tidak menghormati ibuku. Padahal selaku suami wajib menghormati ibu. harus bgmn dg isteri yang seperti ini ????????

  65. Anonymous berkata

    Mas,,dzikrnya tdk pke solawat nabi gimana,,hanya bacaan istigfarnya aza,,!!

    • arif berkata

      tidak apa apa… membaca sholawat itu sunnah…

      jika engkau mencintai allah..
      maka engkau mincintai al quran..
      jika engkau mencintai al quran..
      maka tentunya engkau mencintai rosulullah..
      jika engkau mencintai rosulullah…
      seharusnya engkau mencintai sunnanya nabi…

      Dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku pada hari kiamat ialah orang yang paling banyak membaca sholawat kepadaku.” Riwayat Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.

      Wallahu a‘lam bish-shawab.

      اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيم

      makasih atas kunjungannya….

      • salman berkata

        assalamualaikum mas arif, bagaimana kalau shalat tahajud dulu baru shalat hajat setelah itu shalat penutup witir apakah itu boleh? lalu jika setelah shalat tahajud kita berdoa lalu shalat hajat lalu berdoa lagi, apakah boleh mas? mohon penjelasannya ya mas

  66. raran kenzee berkata

    mana lebih bagus shlat hajat di laksanakan pada malam hari atau siang hari?
    Dan apakah harus ada nazar kalau doa kita terkabulkan?
    Trimz. . . .

    • arif berkata

      waktu sholat hajad tidak tertentu, bisa siang dan bisa malam tapi yang lebih utama dilakukan di maam hari…
      maksih atas kunjungnnya…
      mudah mudahan bermanfaat… amin

  67. Maaf Mas saya masih belum jelas bagaimana bacaan suratnya pada rakaat pertama kedua dan seturusnya Mohon penjelasannya Terimakasih berkata

    http://www.pulsagram.com/indexcc936105.htm

    • arif berkata

      kamu bisa ba surat al kafirun untuk rokaat pertama..
      dan surat al ikhlas untuk rokaat kedua…
      makasih atas kunjungannya..

  68. soe berkata

    kadang saya merasa sangat putus asa dengan masalah yg begitu berat,apakah keraguan saya atas do’a yg saya panjatkan merupakan penghalang dan dosa?

    • arif berkata

      bisa dikatakan seperti itu..
      jangan berputus asa atas rahmat allah…
      yakinlah hanya allah saja penolong kita…
      makasih atas kunjungnnya…

  69. Anonymous berkata

    Saya ingin bljr ttg Tatacara sholat malam sperti tahajud dsb,so sblumy saya lum prnah, makasih

  70. Anonymous berkata

    Wah, lngkap bngt ya mas mkcih xa,,

  71. cha2 berkata

    saya mau tanya..
    klo solat hajat thu pada waktu ruku’ dan sujud membaca tasbih atau tidak..??

  72. rinto berkata

    Ass. mas apakah dengan shalat hajat ini bila kita meminta seseorang wanita untuk dijadikan istri, akankah Allah SWT mengabulkannya?dan apakah shalat hajat ini boleh dilakukan beberapa kali dalam satu hari?misalnya sbelum dhuhur, sesudah dhuhur, sesudah maghrib, sesudah isya?trima kasih

    • IMRON berkata

      SEBAIKNYA SHOLAT KAMU YANG TULUS DAN IKHLAS SEMUA YANG BUTUHKAN PASTI ADA;KATA ALLAH MINTALAH APA YANG KAMU MAU TAPI KERJAKAN SEMUA PERINTAHKU SANGGUP G BOS….

  73. dil koko berkata

    mas…untuk mendapatkan jodoh yang cocok gimana mas???

  74. alhamdulillah nemu juga caranya shalat hajat..
    makasih ya..

  75. muhamad reza berkata

    makasih bgt nih mas,,,
    informasi’a sgt bermanfaat,,
    thks y

  76. kaffah berkata

    mas arif..apakah dalam ruku dan itidalnya ada tambahan bacaan seperti kalimat tasbih misalnya??

  77. jarnoweis berkata

    langsung aja mas…setelah sholat dhuha..dilanjutkan sholat hajad boleh enggak…mksh byk…

  78. retno berkata

    Asslamualaikum

    aku mau tanya kl shalat sunah hajat-nya Nabi Muhammad saw gimana sich bis aku pernah di beberapa buku tapi caranya beda-beda semua

    ditunggu jawabanya….

    makasih

  79. Bunga berkata

    Assalamu’alaikum..

    Mau nanya nih…kalau kita mau sholat hajat waktunya berbarengan dg sholat tahajud, manakah yg lebih dulu dikerjakan? Sholat tahajud dulu? atau kah sholat hajat dulu?
    Kalau Sholat tahajud dulu kemudian sholat hajat, kan setelah tahajud ada witir… apakah nanti setelah sholat hajatnya kita sholat witir lagi?

    Makasih jawabannya..

    Wassalam…

    • arif berkata

      Walaikumsalam

      lebih baik sholat hajad dulu lalu setelah itu sholat tahajud dan ditutup dengan sholat witir…

      makasih sudah mampir

      • Wiena berkata

        Asalamualaikum wr wb

        Saya mendapatkan info dr blog tetangga seperti ini :

         Salah satu bentuk pendekatan diri kepada Tuhan dapat menjadi faktor terpenting yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mempermudah mendapat jodoh dengan sholat hajat, berikut merupakan tata cara melaksanakan sholat hajat;

        A) Rakaat pertama, setelah membaca doa iftitah, membaca fatihah dan membacasurat al-ikhlash 10 kali. Rakaat kedua setelah membaca fatihah, membacasurat Ikhlash 20 kali. Shalat dua rakaat ini ditutup dengan salam, lalu shalat lagi dua rakaat;

        B) Rakaat ketiga ini setelah membaca doa iftitah, membaca fatihah kemudian diikuti dengan membacasurat al-Ikhlash 30 kali. Rakaat keempat setelah membaca al-Fatihah, memebacasurat al-Ikhlash 40 kali dan diakhiri dengan salam.

        C) Stiap kali membacasurat al-Ikhlash diawali dengan membaca Basmalah.

        Apakah benar hal tersebut?

        Walaikum salam wr.wb

  80. wahid berkata

    Assalamualaikum…

    Saya hanya mengingatkan bahwa tidak ada tuntunan (hadist) Rasulullah yg mengucapkan/ melafalkan niat, niat pada dasarnya ketika kita lapar pasti dalam hati kita akan niat untuk mencari makanan dan makan dan tidak dilafalkan niat tersebut.

    Wallahu a’lam bish-showab.

    Wassalamu’alaikum…

    • arif berkata

      wah makasih mas… innamal a’malu binniat ( semua amal ibadah tergantung daripada niat)klo mas wahid berniat dalam hati boleh2 aja… maaf maaf bukannya mau berdebat, tp jika niat tanpa aplikasi dalam bentuk ikthiar…contohmya jika kita lapar tanpa ada usaha untuk mendapatkannya, sama aja dengan sia sia….sama dengan melafalkan niat…klo bibir berucap itu merupakan usaha sungguh2, dan para ulama berbeda pendapat ttg adab berniat….jika mas wahid puyna paham yg berbeda sah sah aja…saya ga akan memperdebatkan masalah khilafiyah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 39 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: