JEMBER BERDZIKIR DAN BERSHOLAWAT

Bermentallah Aku Hanyalah….. Jangan Bermental Aku Adalah…..

Tata cara sholat jenazah

Posted by arif pada 15 April 2009

CARA SHOLAT JENAZAH

Shalat jenazah merupakan salah satu praktik ibadah shalat yang dilakukan umat Muslim jika ada Muslim lainnya yang meninggal dunia.

Hukum melakukan shalat jenazah ini adalah fardhu kifayah. Adapun syarat-syarat shalat jenazah adalah sebagai berikut:

Shalat jenazah sama halnya dengan shalat yang lain, yaitu harus menutup aurat, suci dari hadats besar dan kecil, suci badan, pakaian dan tempatnya serta menghadap kiblat.

Mayit sudah dimandikan dan dikafani.

Letak mayit sebelah kiblat orang yang menyalatinya, kecuali kalau shalat dilakukan di atas kubur atau shalat gaib.

A. Rukun dan Cara Mengerjakan Shalat Jenazah

Shalat jenazah tidak disertai dengan rukuk dan sujud tidak dengan adzan dan iqmat. Setelah berdiri sebagaimana mestinya, maka:

1. Niat melakukan shalat mayit dengan 4 kali takbir.

Niatnya: (untuk mayit laki-laki)

Ushallii alaa hadzal mayyiti arba’a takbiiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’alaa.

Artinya: 

Aku niat shalat atas mayit ini empat takbir fardhu kifayah karena Allah.

Niat (untuk mayit perempuan)

Ushallii alaa haadzihil mayyiti arba’a takbiiraatin fardhal kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa.

2. Takbir Pertama
Setelah takbiratul ihram, yakni setelah mengucapkan “Allahu akbar” sambil meletakan tangan kanan di atas tangan kiri di atas perut (sidakep), kemudian membaca Al-Fatihah, setelah membaca Al-Fatihah lalu takbir “Allahu akbar”

3. Setelah takbir kedua, lalu membaca shalawat:

Allahumma shalli ‘alaa Muhammad

Artinya:

“Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad”

Lebih sempurna lagi jika membaca shalawat sebagai berikut:

Allahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin. Kamaa shallaita ‘alaa Ibrahim wa ‘allaa aali Ibrahim. Wa baarik ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalii Muhammad. Kamaa baarakta ‘alaa Ibrahim wa ‘alaa aali Ibrahim fil-‘aalamiina innaka hamiidummajid.

Artinya:

“Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad dan atas keluarganya, sebagaimana Tuhan pernah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad dan para keluarganya, sebagaimana Tuhan pernah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan para keluarganya. DI seluruh ala mini Tuhanlah yang terpuji Yang Maha Mulia.”

4. Setelah takbir yang ketiga, kemudian membaca doa:

Allahummaghfir lahuu warhamhu wa’aafihii wa’fu’anhu.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat dab sejahtera, maafkanlah dia.”

Lebih sempurna lagi jika membaca doa:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ

مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ

 وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ

 وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ

 وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّار

Allahummaghfir lahu (lahaa) warhamhu (haa) wa’aafihii (haa) wa’fu ‘anhu (haa) wa akrim nuzulahu (haa) wawassa’madkhalahu (haa) waghsilhu (haa) bil-maa’I watstsalji wal-baradi wanaqqihi (haa) minal-khathaayaa kamaa yu-naqqatats-tsaubul-abyadhu minad-danasi waabdilhu (haa) daaran khairan min daarihi (haa) wa ahlan khairan min ahlihi (haa) wa zaujan khairan min zaujihi (haa) wa adkhilhul jannata wa a’iduhu min ‘adabil qabri wa ‘adabin nar

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dia, dan kasihanilah dia, sejahterakan ia dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskanlah tempat tinggalnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan gantikanlah baginya ahli keluarga yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu, dan peliharalah ia dari siksa kubur dan azab api neraka.”

(HR. Muslim)

Keterangan:

Jika mayit perempuan kata lahu menjadi lahaa.

Jika mayit anak-anak doanya adalah:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًَا لِاَبَوَيْهِ وَسَلَفًا وَذُخْرًا

وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيْعًا وَ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا

وَاَفْرِغِ الصَّبْرَعَلىٰ قُلُوْبِهِمَا وَلاَ تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ

وَلاَ تَحْرِ مْهُمَا اَجْرَهُ

Allahummaj’alhu faratan li abawaihi wa salafan wa dzukhro

wa’idhotaw  wa’tibaaraw wa syafii’an wa tsaqqil bihii mawaa ziinahuma

wa-afri-ghish-shabra ‘alaa quluu bihimaa wa laa taf-tin-humaa ba’dahu

wa laa tahrim humaa ajrahu

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah ia sebagai simpanan pendahuluan bagi ayah bundanya dan sebagai titipan, kebajikan yang didahulukan, dan menjadi pengajaran ibarat serta syafa’at bagi orangtuanya. Dan beratkanlah timbangan ibu-bapaknya karenanya, serta berilah kesabaran dalam hati kedua ibu bapaknya. Dan janganlah menjadikan fitnah bagi ayah  bundanya sepeninggalnya, dan janganlah Tuhan menghalangi pahala kepada dua orang tuanya.”

5. Selesai takbir keempat, lalu membaca:

اَللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْناَ أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَناَ وَلَهُ

Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfir lanaa wa lahu.

Artinya:

“Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau member kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

6. Kemudian setelah salam membaca:

As-sallamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Artinya:

“Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian.”

B. Keutamaan dilakukannya Shalat Jenazah

Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa menghadiri jenazah sampai jenazah itu disalati, maka ia mendapatkan satu qirath. Dan barang siapa menghadirinya sampai jenazah itu dikuburkan, maka ia mendapatkan dua qirath. Ada yang bertanya: Apakah dua qirath itu? Rasulullah saw. bersabda: Sama dengan dua gunung yang besar.” (HR Abu Hurairah)

Bahwa Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa menyalati jenazah, maka ia mendapatkan satu qirath. Jika ia menghadiri penguburannya, maka ia mendapatkan dua qirath. Satu qirath sama dengan gunung Uhud.” (HR Tsauban)

NB: untuk menambah pemahaman tentang sholat jenazah saya link kan dengan video di youtube cara sholat jenazah untuk laki laki dan untuk perempuan agar suara tidak bercampur silahkan di “PAUSE” live musik di sidebar sebelah kanan anda.

mudah mudahan bermanfaat

About these ads

288 Tanggapan to “Tata cara sholat jenazah”

  1. Anonim said

    nice post gan

    izin copas ke laptop

  2. , AJIIIIIIIB ……………. :)

  3. coach アウトレット バック セール http://www.haobct175.com/paul-smithポールスミス-alwu-13.html/

  4. devid said

    mudah-mudahan besok bisa pratek solatnya amin

  5. Anonymous said

    Alhamdulillah, sangat bermanfaat. and mohon izin copy

  6. terimakasih, wordpress ini sangat bagus dan membantu saya :)

  7. Muh Nursaid said

    Syukron, moga barokah!

  8. makasih atas tata cara sholat jenazah nya .
    saya sangat beruntung sekali bisa menemukan situs web ini, soalnya besok saya mau ujian peraktek .
    do’in besok semoga besok bisa lancar membacanya . amiiiin :)

  9. Muh. Nur said

    اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِي
    B’tambah lgi ilmunya…
    Makasih…

  10. burhan said

    terima kasih pembagian ilmunya, kalau niat sholat mayit jamak bagaimana ?

  11. debby amelia said

    ijin screenshoot ݪª ..
    thanks sebelumnya ..

  12. Anonymous said

    mana perbedaan niat untuk jenazah perempuan dan laki-laki

  13. artha kapora said

    makasih yaa atas infonya.. :)

  14. Muharrrom said

    izin copas :)

  15. denny cules said

    thanks ?

  16. wah pas juga dengan yg mw sy baca
    salam kenal ^_^
    share ilmunya yah ..

    oiya

    Maap mengganggu ..
    saya lagi ada tugas mengumpulkan survei ..
    mohon waktunya hanya 10 detik buat menjawab survei sederhana ini ..

    makasih atas perhatian dan kesempatannya sebelumnya ..
    salam hangat dynal ..

    klik link di bawah untuk membantu kerja saya ..jangan lupa input nama ama emailnya

    http://www.idsurvei.com/survei/Maysu

  17. budhy92 said

    mantap infonya :D

  18. Anonymous said

    alhamdulillah tambah lagi terimakasih.irfan citayem

  19. Matur nuwun, setiap kali mau shalat jenazah selalu saja saya buka internet, Syukron

  20. Trmksh,
    membantu sekali,
    Salam….

  21. Ami said

    syukron, semoga ustadz byk rezkinya.

  22. Anonymous said

    sukron kasiron alaika…….

  23. Anonymous said

    matur nuwun

  24. rusli said

    trims, mudah2an q semua mendapat ridho-Nya, amin.

  25. Anonymous said

    makasi atas infonya, tapi ada 1 yg saya bingungkan,
    1 : jika qt tak bisa hapal do’a keseluruh ada 3 x lafadz yg harus di ulang.. yg mana yg harus diulang..
    2 : tidak perlu diulang, cukup 1 x baca saja..
    trima kasih atas penjelasan..
    salam

  26. arnol lebahtilam (arno anak leboyo tikung lamongan) said

    alhammdulilah terima kasih semoga bermanfa’at buat semuanya amin….

  27. etyr567 said

    markotoppp

  28. muhammad hairan said

    Subhanallah… Org yg mulia disisi ALLAH SWT adalh org yg bermanraat bgi org byk….

  29. Nadya said

    Thanks! Berarti banget untuk nilai semester aku! Makasih yaa :))

  30. makasiih akhr.y tugasQ ada jj….

  31. Fikri said

    Thx gan
    visit my blog

  32. Anonymous said

    alhm dulillh smoga sy jg bsok prktek luluz

  33. ferdy hernady said

    allhamdulilah dapet juga. Semoga ujian besok lulus amin

  34. rahil said

    makasih

  35. terima kasih banyak, ini sangat membantu saya. soalnya saya ada tugas hapalan..

  36. Wawone said

    Izin kopas ya ustadz…..

  37. Uztad saya inggin menanyakan bagaimana lafal niat shalat jenazah untuk jenazah laki-laki / Perempuan yang lebih dari satu orang , dan niat shalat jenazah Campuran. Tolong bantuan nya Uztad, Terima kasih Uztad

  38. Dianie Dayantie said

    Uztad saya mau bertanya bagaimana lafal niat shalat jenazah untuk jenazah laki-laki / perempuan lebih dari dua orang dan niat shalat jenazah Campuran Uztad. Tolong bantuan nya. Terima Kasih Uztad

  39. Anonymous said

    Pak Uztad kalau niat shalat jenazah untuk laki-laki & perempuan lebih dari dua orang, dan niat shalat jenazah Campuran bagaimana lafal bacaan nya. tolong dibantu Uztad.

  40. Anonymous said

    pak ustad doain ane y
    moga2 besok ujian saya lancar saya membacanya
    AMIN ya robbal alamin

  41. Anonymous said

    Assamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh pak ustad
    Mohon izin di copas utk disebar lebih luas lagi pak Ustad dan bukan untuk komersial

  42. alveni said

    mudh mudh ujian peraktek ku benar dn aku dpt lulus amin……

  43. amd48 said

    lbih baik gak prlu memakai lagu latar,karena ane yang mau liat video ini,gak bsa,krena ktutup lagu ltar

  44. Syafrizal said

    Alhamdulillah..
    syukron,semoga bekal yang baik buat besok ujian praktek shalat enazah..

  45. arip said

    terima kasih

  46. Riska said

    alhamdulillah akhir saya dapat yang lebih lengkap
    semoga besok ujiannya lancar ………

  47. Rika said

    alhamdulillah.. terimakasih ya pak untuk ilmunya.. besok saya ada ujian prktek shalat jemazah.. doakan ya pak semoga lancarr.. amiin :)

  48. dhiar said

    alhamdullilah
    makasih atas semuanya..
    besok saya ada ujian praktik…
    smoga saya lulus ujian praktik.. aminn ^^

  49. Anonymous said

    @retno
    pak doain ea pak .aku besok ada praktek shlat jenaza.semaga aja aku bisa melaksanakan praktek ini pak.AMIIN

  50. Anonymous said

    Thanks ?
    Berguna bgd untuk saya yg ank psantren dlux karna 3 tahun skolh d.Smk jd lupa tntang agama 20%x ?
    Trimakasih banyak . . . .

  51. anisa intan said

    terimakasih atas ilmunya .
    semoga saya bisa praktik dengan lancar amin ya ALLAH.

  52. bintang eka putra said

    kebetulan besok praktek sholat mayat

  53. subhan said

    alhamdulillah :p sangat bermanfaat

  54. yusuf arda said

    makasih ya sudah mau berbagi…

  55. Anonymous said

    thx berat

  56. ridwan said

    alhaam dllilah
    makasih ya.
    manfaat bgt nie

  57. jul said

    terima kasih pak uztads..
    ijin kkopi ya, sangat brmnfaat bwt bahan ujian prktek.

  58. makasi iya ka udah bantu aku, juga udah ngeshare tata cara shalat jenazah beserta do’a nya.

  59. JF said

    thanks for share.
    butuh banget nih buat ujian praktek.
    nyari yang pas,,akhirnya ktemu juga..

  60. syukriy said

    Alhamdulillah…
    Terima kasih.

  61. Anonymous said

    Alhamdulillah….
    Izin copy paste ustadz….

  62. idan said

    terima kasih buat panduannya,,, ini sangat bermanfaat bagi saya (^_^)

  63. rizki said

    makasih…….
    yah om karena udhbantu saya bljr shlat jenazah…….
    nih buat tugas praktek agam????

    makasih banyak…………

  64. egy prayoga said

    assalam mu a’laikum….wrwb.

    mau nanya nie pak ustad judul lagu nya apaan ya
    hehehe..
    lagunya sangat dalem banget….
    tolong kasih tau yap pak…

    wasalam….

  65. assalamualaikum ustd,
    bisa dituliskan do’a untuk shalat jenazah anak-anak versi bahasa arabnya?
    oia, kalau anak-anak yang usianya 0-1 tahun hukum menyolatkannya gimana?
    syukron, harap penerangannya..

  66. nurdin said

    assalamu’alaikum,tlg bhs indonesianya niat shalat jenazah perempuan,apakah memakai kata perempuan juga,soalnyasaya senang dengan niat bhs indonesia.

    • arif said

      Walaikumsalam Wr wb

      Alloh maha tahu kalaupun niatnya hanya ” niat saya sholat jenazah karena Alloh” itu sudah cukup,,,,

      makasih atas kunjungannya….

  67. arif said

    mau nanyak caranya bikin jenazah gimana

  68. latu said

    askum, ijin copy pak ustad

  69. bambang hasbullah said

    assalamu’alaikum…
    ma’f saya copy…
    soalnya untuk tgass praktek saya..
    terimakasih telah mmberi saya materi ini
    wasslm

  70. asnawi said

    makasih banyak ya..ini bs brguna bngrt wat aku,,minta izin copi paste nya ya..???

  71. Anonymous said

    makasih bnyak ya,,bs jd ilmu bagi aku,,minta izin aku kopi ya..

  72. Anonymous said

    makasih yah, bermanfaat sekali postingngannya….:-)

  73. Firdi said

    Sangat bermanfaat

  74. Anonymous said

    Alhamdulillah jadi tau

  75. niezha said

    makasih infonya brguna bgt

  76. fandhy said

    assalamu’alaikum

    saya mau tanya. .
    Saya pernah mendngar bhwa imam shalat jenazah berada di bagian tertentu di belakang jenazah pada waktu mengerjakan shalat. .
    Bisakah anda memberi tahu?

  77. Kolaborasi batik pkl said

    Syukron…sangat menuntun.

  78. adjie said

    terima kasih untuk infonya…
    saya minta izin untuk mengcopy ilmunya ya…
    semoga bermanfaat…

  79. Syukron Materi Nya

  80. sutono said

    trima kasih ini benarr banyak mannfaatnya untuk kaum awam karna rata-rata ditempat kami berada kalau ada shlolat jenasah paling cuma 2 orang yg menyollati makasih banyak semoga manfaat

  81. assalamualaikum,,
    saya minta izin untuk kopi materi ini yah..

    n_n

  82. inn said

    pak izinkan ane ngopy maternya ya…

  83. Anonymous said

    pak izinkan ane ngopy maternya ya…

  84. ardian said

    asalamu’alaikum
    Paman ulun umpat copy jua sagan amalan mensholad kan orng… makasih

  85. iskandar & maya said

    mudah2an bermanfaat…..

  86. Rian Permana Putra said

    mmhh,,,,

  87. bucek said

    pada waktu tasyahud awal saat kapan jari tunjuk kita menunjuk kedepan…..?

  88. makasih ya mas atas ilmu yang sudah anda sampaikan ini sangat berharga untuk saya
    saya minta ijin ya mas untuk mengopi ilmu di atas…………

  89. Abd. Kadir A said

    Saya ijin copy paste bahan belajar dan pembelajaran. Semoga sangat bermanfaat.
    Terima kasih

  90. vpm reload said

    terimakasih atas postingannya…

  91. makasih yah mas/mba buat ilmunya………….
    Boleh tak Copy – Paste kan…..?????

  92. [...] artikel di atas saya copy dari http://berdzikir.wordpress.com/2009/04/15/tata-cara-sholat-jenazah/ tanpa meminta ijin terlebih dahulu! LikeBe the first to like this [...]

  93. akbar said

    ass…apakah ada dalil pembacaan niat dalam shalat di lapazkan.

    • arif said

      ass dalam bhs inggris itu pantat…
      harus lengkap ya…

      walaikumsalam warohmatullohi wabarokatuh….

      Dalam syafiiyah membedakan antara al niyah dan al azm’

      Al niyah dikhususkan pada gerakan hati yg berbarengan dengan gerakan hatinnya. dalam sholat bisikan hati itu dilakukan saat takbiratul ikhram dan gemertak hati yang tidak langsung diwujudkan dalam perbuatan misal dilaksanakan satu jam atau dua jam lagi disebut dengan al azm’

      dalil yang menerangkan lafadz niat
      “Dari anas ra berkata saya mendengar rosululloh saw mengucapkan labbaika aku sengaja mengerjakan umroh dan haji”

      dari dalil tersebut nabi pernah mengajarkan untuk melafadzkan niat saat haii dan umroh serta bisa dianalogikan dengan ibadah yang lainnya

      Terima kasih atas kunjungannya…

  94. acik said

    wa a’iduhu min ‘adabil qabri wa ‘adabin nar…….(maaf sebelumya) mungkin ada kesalahan pada kata “adabil”……..mungkin adzabil yah……..kan artinya azab…….!

  95. Wahyu said

    Terima kasih teman, mohon doanya atas meninggalnya eyang saya, dan saya terbantu sekali atas tata cara sholat jenazahnya. Saya mulai sadar betapa sholat itu penting untuk kita seorang muslim. Pak tua maafkanlah saya karena belum bisa menjadi orang yg membanggakan bagi keluarga. Ya Allah terimalah semua amal ibadah dan ampunilah eyang saya dari semua dosa-dosa yg disengaja maupun tanpa disengaja, semoga Engkau menerimanya..

  96. RANDY said

    terima kasih bgt info ini sangat membantu untuk anak2 kita yg sedang giat belajar…
    semoga Allah memberikan segala kebaikan untuk yg membuat blog ini…. amiennnnn

  97. yudis said

    assalamuallaikum
    trimakasih untuk blog ini …………

  98. eva said

    assalamualaikum, ijin copy artikel buat hapalan praktek sholat jenazah besok di sekolah. trims

  99. dady said

    alhamdulilh ahirnya sya tau tatacra menylatkan jenazah…. mksih

  100. baswaradani said

    atas segala apa yang penulis coretkan…terima kasih aku ucapkan….semoga bermanfaat bagi kita semua

  101. Inal said

    Maksih banget yah untuk info nya,alnya kalow gak da ni nal gak mungkn bsa ngrti apa apa.
    Mudaha bermanfaat buat nal yng lgi balajar ilmu agama, hingga akhir hayat dah yah.
    Amin

  102. lalu saidi said

    saya mengucapkan terima kasih banyak karna artikel ini telah banyak membantu saya dalam belajar shalat jenazah dan shalat2 yg lain semoga allah s w t memberikan ganjaran pahala bagi anda para penerbit dan semua yg terlibat di dalamnya skali lagi terima kasih

  103. azhari said

    alhamdulillah,,
    semoga bermanfa’at artikel ini..
    dan sebelumnya terima kasih banyak,, karena artikel ini, dapat membantu saya dalam ujian praktek saya besok… :)

  104. Thevy said

    Allahamdullah,,,,,,

    thank tas pnjlsan ny,,,,,,

    iam understood now…..

  105. makasie bnget yea…

  106. ricky alfiandri said

    terima kasih…, semoga ujian praktek uas nanti saya bisa praktek dgn benar!…. semoga nilai agama saya bagus…, doain yah!

  107. Zainul Muttaqin said

    Syukron kasir…mas ,,mudah2han ilmunya manfa’at fiddunya wal akhiroh….!!!

  108. fikry said

    susah jga y :)

  109. Alhamdullilah,, terimakasih banyak.. Karena telah membantu saya menemukan tata cara menyolatkan jenazah… Praktek ini juga akan saya laksanakan lusa nanti, saat Ujian Praktek Agama.. Mohon Doa nya !! :-)

  110. areph muchlisien said

    terima kasih ya mas, atas informasinya.Maaf saya copy, soalnya buwat ujian praktek saya.
    mudah2an nie menjadi amal bwt penulis.

  111. mahtum said

    tankyu atas infonya nich,mau tak kasih ama anak2 biar pada bisa praktek

  112. Hamba Allah said

    alhamdulillah sangat bermanfaat bacaan ini… terima kasih.

  113. Melia said

    Ass.
    Terimakasih banyak atas adanya Tatacara Shalat Jenasah di jaringan internet ini , karena berkat adanya ini, saya bisa mempelajarinya untuk ujian praktek bulan Maret 2011 nanti , Doakan saya yah semoga saya bisa LULUS UJIAN PRAKTEK nanti, AMIIN, sebelumnya saya mengucapkan Terima Kasih Sebesar – besarnya, semoga yang membuat penjelasan ini mendapatkan Pahala Sebesar – besarnya dari ALLOH SWT , AMIIN,
    Wassalam.

  114. Spawn said

    makasih ya buat ilmunya ,doain besok lulus praktek!

  115. sudarmin said

    assalamualaikum warrahmatulla
    salam kenal saya pak darmin saya bersyukur bisa mengenal situs ini dan mendapatkan banyak info tentang bayak hal terutama masalah islam secara umum dan saya sangat tertarik dengan lagu latar apasih judul nya dan di mana saya bisa ambil mp3 nya apa bisa di download dari situs ini trims salam dari sumbawa besar

  116. Cip said

    Thx info’y tak catet dlu.

  117. khansa said

    syukron. artikelnya bermanfaat bgt buat ujian. jazk

  118. Anonymous said

    Mksih ya. .
    Ats imfrmsi’y. .
    Do’a kn sya ya
    biar lu2s ujian
    prakter bsok. .

    • Melia said

      AMIIN, iyah saya doakan, biar kamu lulus ujian prakteknya, dan jangan lupa doakan saya juga yah biar lulus ujian, prakteknya nanti tanggal 9 maretan AMIIN, MAKASIH, BANYAK

  119. ditaputri said

    terimakasih mas. smg tulisannya brmanfaat bg kita semua. amin

  120. Sobirin said

    subhanallah, jadi terbantu nih.
    ada praktek sholat jenazah di skul.
    syukran

  121. uut twista said

    Terima Kasih :))

  122. makasii , . saya gunakan utk ujian praktek :)

  123. adam said

    terima kasih

  124. Aan said

    Trimakasih banget ya mas ,atas artikelnya, coz nanti ada ujian praktik. Asalamualaikum…

  125. aditia warman said

    ya ahki… izin copy… syukron…barakallahufik…

  126. assalamualaikum
    trima kasih pa. Atas informasinya sya bsa ingt kembali alna sok saya ujian praktek skolah.. Hemm do’an sya ya pak smoga saya lulus dngan memuaskan..
    Assalamualaikum

  127. weli hendri said

    Terima kasih..semoga ini bermanfaat bagi kita semua…

  128. juju said

    terima kasih

  129. arie said

    terimakasih mas, saya jadi ingat kembali doa nya..,,
    soal nya saya sudah lupa stelah tamat MDA hehehehehe..
    mantap…….

  130. yurizal said

    ass………..
    terimakasih mas
    saya minta izin untuk share
    salam

    yurizal

  131. Yusuf ahmad said

    Makasih Nie Bwt Info’y….

    Tpi Arab’y koq d takbir k’empat dang….

    Takbir pertama ma kedua g da….?

  132. lola said

    makash ya ts informasinya……….
    mudah2an aq bs lulus ujian praktek

  133. ZANDRA DWANITA WIDODO said

    izin share mas..untuk ujian praktek..mohon doanya semoga lancar dan dapat nilai baik.amin.trimakasih :)

  134. rifi said

    sukron mas

  135. arie said

    mas boleh di copy eah buat ngapalin . . . . / makasih

  136. dwi said

    Assalamualaikum…..
    Trimakasih banyak Om….Nenek saya baru saja meninggal td sore….saya belajar menyolatkanya….trimaskih sekali lagi OM….

    salammm
    drp

  137. zikri cinere broo said

    tengkyu nih gan !!!
    ane copaste bwat tugas ane…..

  138. rony said

    suwun makasih satu lagi ilmu ( pengetahuan ) yg saya dapet, moga ALLAH melimpahkan rahmat dan nikmatnya, serta memberi ampunan untuk kita semua, amin…amin…yarobbal alamin

  139. rheian said

    Ass..
    mnta izin copy ya mas..

  140. silo said

    izin Share ya mas

  141. wasdinata said

    trima ksih artikelnya. mohon izin di copy, sekiranya dilengkapi dengan tata cara penyelenggaraan jenazah akan lebih baik.

  142. Anonymous said

    aslkm,kadang ada yang berdoa setelah salam,nah gemana doanya ya..

    • arif said

      walaikumsalam…
      intinya doa yang dikhususkan untuk mayit….
      klo doa persisnya saya masih belum paham :maaf
      makasih atas kunjungannya….

  143. komarudin said

    terima kasih yah pak atas inponya saya besok mau praktik tuh untung ada semoga saja yang membacanya dan yang menulisnya di beri pahala oleh allah subhanu wataala amieeen

  144. erma lina said

    Terima kasih..
    Jazakallah ilmunya…
    saya izin copy paste untuk memberi materi fiqh dalam pesanteren kilat disekolah.

  145. wisnu said

    assalaamu alaikum wr wb.
    maaf saya mau beri tanggapan.
    saya pernah mendengar dari ustad saya kalau akiran “hu” itu digunakan untuk si mayat wanita maupun laki-laki.
    akiran “ha” itu untuk merujuk mayat binatang.
    ustad saya juga bilang sebab turunya hadis yag berakiran “hu” itu untuk menyolati wanita penyapu masjid rosul.
    lanjut ustad saya: bahasa hadits itu kita harus merujuk pada bahasa suku qurais. jadi bukan bahasa arab biasa.
    maaf saya masih taraf belajar, mohon tanggapan dan diluruskan

    • zeins said

      maf pak..
      setahu saya dalam kaidah nahwu (grammernya bhsa arab) untuk kata ganti(dhomir ghoib muzakkar mufrad)__”hu”__ itu untuk laki”, jama’anya atau kalau banyak itu __”hum”__,,,
      sedangkan __”ha”__ itu untuk prempuan, jama’anya atau kalau prempuannya banyak itu __”hunna”__

      jadi saya bertanya”, bpak mengambil dasar __”hu”__ itu untuk laki” dan prempuan sedangkan __”ha”__ itu untuk binatang dari mana..??

      kalau itu dari hadits tlong sebutkan hadits’a,,
      apakah hadits itu shohih ap tdk,, jikalau tidak shohih maka tidak bisa menjadi landasan dalil dalam ibadah,,

      itu yg saya tahu pak,,
      mhon maaf,, kalau ada yg salah tlong di perbaiki…

      • wisnu said

        nah, hadits itu yg saya belum tahu maklum saya awam. tapi kalau mas tanya ustad mas insyaAllah beliau akan menjelaskan. setahu saya saat itu rosul tidak dikasih tahu para sahabat kalau si wanita penyapu masjid meninggal, beliau menegur sahabat kenapa beliau tidak dikasih tahu…. insyaAllah kalau mas bertanya dengan awalan cerita itu insyaAllah ustad mas akan tahu.
        oh iya, untuk jenazah pria atau wanita, satu atau banayak sama di ganti “hu”

        dan “ha” untuk mayat binatang.
        jadi yang kita bahas adalah “jenazah”, bukan kata ganti orang yang hidup.
        oh iya, kalau sempat nanti saya tanyakan ustad saya. mudah-mudahan informasi saya ada mannfaat

        • arif said

          mas zein benar mas wisnu…
          makasih udah menambah wawasan saya mas zein…
          buat mas wisnu tidak apa bertanya sesuatu yang belum anda tahu….

          • azrin said

            ya saya juga mndapat plajaran ithu bgitu kalau anak2 doa na lain bkan pk ha at hu mlain kn yg kt d bca d atas ithu mnrut saya

  146. werdhi said

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    postingan yang sangat bagus, semoga bermanfaat bagi banyak orang…..

    izin buat save mas…

    terimakasih…..

  147. asep rahmat hidayat said

    assalamualaikum wrwb mohon izin artikelnya mau sy copy untuk hapalan bagi saya dan sekeluarga…. wassalam

  148. terimah kasih banyak insya allah apa yang sy dapat daris sini akan sy amalkan………….

  149. terimah kasih banyak semoga insya allah sy akan menagamalkan nya kepada orang lain

  150. tutur said

    mohon ijin untuk meng copy… syukron.

  151. Anonymous said

    mohon izinnya saya copy :untuk di kumpulkan kepada guru saya ..krna saya tidak tau caranya mw cari dimna ://?

  152. Bdr said

    mohon izi saya copy untuk dipelajari dan dipraktikan, semoga menjadi ladang amal untuk penulis. Amin

  153. Fachri said

    duch dah copas di word baru bilang nich….maaf & makashe ya…

  154. susmayani said

    makasih infonya,mudah mudahan bermanfaat dlm ibadah saya

  155. Anonymous said

    makasih

  156. Pin0 yudhi winara said

    Thanks banget ya…

    Nilai praktik dapet 9.0

    • arif said

      Alhamdulillah…
      selamat ya…
      tapi ingat ya…
      klo bisa diamalkan ya…
      jangan sekedar memperoleh nilai saja :)

  157. dita said

    trims,,berguna banget bwt praktek sekolah

  158. aris said

    thank’s

  159. Muhamad Rizki said

    Maksh.. Pas bget.. Pas k2 sepupu w meninggal..

  160. ilham apriansyah said

    makasih…berguna banged bwd besok praktek sholat jenazah…..huhu…

  161. ita syafira said

    mkasih bgt informasiny…
    brguna bgt bwat ujian praktek
    haha

  162. santi said

    ass..
    makasih infonya buat ujian praktek..
    berguna banget

  163. AaL'z said

    Trima kasih bnget atas info tata cara sholat jenazah.a..
    mudah2an bsok saya bsa mlaksanakan.a di ujian praktek..

  164. eja_coolz said

    mas assalamualaikum
    saya ikutan ngopy paste ya.

  165. Katya Leonians Stansfield said

    thx, uat ujian praxtek saia,,

  166. donny cipta said

    wahh ,
    sangat berguna buat ujian praktek sayaa .
    ijin copy ya . hhe

    makasi bang :)

  167. ryry12 said

    thnaks for infonya

    see my blog too..http://ryry12.wordpress.com

  168. Anonymous said

    Mksih bgt y taz infonya, jdne q ga susah2 nyari tuntunan,y cz mau what ujian praktek.

  169. janjan said

    makasih atas data nya moga bermanfaa’t bagi kita semua

  170. Anonymous said

    maa’f yah data nya di copy !!!!!! trs makasih jg atas data nya mudah2 bermanfat bagi kita semua

  171. Ridho Siregar said

    Waahh… kok banyak yg mo copy karena praktek sekolah, kayak saya….

    Makasih yo mas….

  172. Anonymous said

    ass.copyy ya wat praktek agama besok ehhe tq wass.

  173. mardia said

    hmmm maaaf ya di copy. untuk praktek ujian di sekolh. sbelumnya trimakasih

  174. resty said

    kalau jenazahnya anak-anak.gimana tata cara sholat jenazahnya??

  175. wie said

    mav di copy
    bwt ujian praktek di cqul

  176. Anonymous said

    maV di copy ..
    bwt Ujian prakteq di cqul

  177. Haerul said

    Makasih atas info’a semua sangat berarti bgt buatku……

  178. Dede said

    Apik2. .
    Yo ngene ki lho seng ngarai woNg gk ngrti maleh ngerti. .
    Kalu bs yg lengkap ya. .

  179. teresha said

    maaf, kok niatnya ada arba’a takbiratin? bukannya itu artinya 4 raka’at? terimakasih….

  180. teresha said

    kok niatnya ada arba’a takbiratin? bukannya itu artinya ada 4 raka’at? terima kasih

  181. catur anthony said

    terima kasih

  182. abdel muammar rafi muzakki said

    makasihya cara cara sholat jenazhnya

  183. Anonymous said

    Trima kasih

  184. Anonymous said

    apik cah situs e,,hhehehhe

  185. Amiin Farhan said

    Bisakah kita bersaudara krn ALLOH………

  186. Anonymous said

    maaf ea saya copy bacaan’na buat hafalan pelajaran di sekolah……………..

  187. tommy said

    makasi atas informasi@…
    semogah menjadi amal bagi buat panulis…
    semogah ilmu yang diberikan olrh penulis dapat berguna bagi saya amin…

  188. asep deddy said

    Alhamdulillah, terima kasih artikel nya yah , mohon maaf saya copy ke file saya untuk dipelajari dan dihafalkan, semoga menjadi amal baik untuk penulis dan pemilik blog nya ,
    wassalam

    asep deddy

  189. heran said

    Saya heran, kalau sholat jenazah/ghaib sebagai makmum, antara takbir ke-3 dan ke-4 kok perasaan lamaaaaaa banget. padahal kalau lihat artikel ini, bacaannya sama dengan hafalan saya. tapi kok kayaknya imamnya lamaaaa banget baca doa setelah takbir ke-3. saya sampai ngulang 3 kali doa seperti yang ada di artikel ini, tapi imamnya belum juga takbir ke-4. apa aja bacaan mereka yaaa?

  190. dewi ratna sari said

    Assalamualikum,,,,,,,,,
    Syukron,,,Artikelnya ya,,,
    Mav,,,dikopi…
    soalnya butuh banget buat makalah saya..
    skali lagi syukron,,,,

  191. TQ bgt bank….! Kbtln qt pux tgs shalat jenazah…. Tp apa udah gtu ya bank?? Latinx gk slh khan? Cx aku mw hafal neh? Tp sx lg tx ats informsix.

  192. nakadjo said

    bagus…tapi tolong dong kalau nulis arab yang dilatinkan supaya dikoreksi dulu sebelum dimuat, oke? maju terus pantang mundur. trims

  193. Sevni Juwita Sari said

    Jelasin tata cara shalat jenazah dong !!!

    • junaidi said

      tata cara shalat jenazah :

      -di awalin dgn niat(ussalli’alla haaadzal mayiti arba ‘a takbiraatin fardhal kifaayati ,a’muumam-imamamlillahi ta’aala)
      laki:haadzal
      perempuan:haadzihil
      -shalat mayat dengan 4 kli takbir
      -setelah takbiratul ihram,yakni setelah mengucapkan allahhuakbar,sambil meletakan tangan kanan di ats tangankiri di atas perut.kemudian membaca alfatihah,setelah membaca alfatihah’lalu takbir ”allahhuakbar”
      -setelah takbir kedua lalu membaca shalawat(allahhuma shalli muhamad)
      -setelah takbir ke tiga kemudian membaca (allahumaghfir lahuu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu)
      selesai takbir ke empat kemuduian membaca(allahuma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tafrinnaa ba’dahu wagfir lanaa walahu)
      -selesai takbir kempat kemudian membaca (assalamualaikum wr.wb.)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: